Menu
Akurat dan Terpercaya

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, jika hak dan kewajiban dapat kita laksanakan dengan seimbang, termasuk terhadap lingkungan, maka kehidupan kita pun akan berjalan dengan baik. Kita akan dapat memenuhi berbagai kebutuhan dan kita juga akan terhindar dari bencana alam.

Makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan memiliki banyak manfaat bagi manusia. Oleh karena itu, kelestariannya menjadi tanggung jawab kita bersama.

Salah satu hewan yang populasinya mulai berkurang adalah elang jawa. Banyak orang mengatakan lambang negara kita Garuda Pancasila, terinspirasi dari burung yang satu ini. Kita baca bersama yuk!

Konservasi Elang di Halimun Salak

Burung elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan acuan lukisan Burung Garuda. Namun, kini jenis burung itu nyaris punah. Penyebab utama berkurangnya populasi burung elang jawa adalah kerusakan habitat tempat hidupnya. Kerusakan tersebut disebabkan karena adanya bencana alam maupun alih fungsi hutan menjadi ladang atau perkebunan. Ada pula perilaku manusia yang menyebabkan populasi burung ini semakin menyusut tajam yaitu perburuan. Burung elang hasil perburuan diperjualbelikan dan dijadikan koleksi pribadi.

Oleh karena itu, Indonesia berupaya melakukan usaha pelestarian. Salah satunya di Taman Nasional Gunung Salak. Namun, usaha itu juga tidak mudah dilakukan. Penyebabnya yaitu minimnya perhatian dan dukungan pembiayaan. Untuk penandaan burung, misalnya Indonesia masih memakai metode lama yaitu dengan memasang semacam bendera kuning di sayap. Sebagai bandingan di Thailand pemantauan burung sudah berbasis satelit. Sebaliknya, dalam hal pengamatan burung Indonesia masih mengandalkan pengamatan mata.

Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa

Kita memiliki kewajiban menjaga kelestarian makhluk hidup di sekitar kita, misalnya elang jawa seperti yang tadi kita baca. Apa yang dapat kamu lakukan untuk ikut melestarikan burung elang jawa? Tuliskan dalam tabel berikut!

Pembahasan:

NoUsahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa
1.Menyadarkan masyarakat untuk tidak berburu elang jawa.
2.Menjaga habitat elang jawa agar tidak semakin berkurang.
3.Mencegah transaksi jual beli elang Jawa.
4.Tidak memelihara elang jawa untuk koleksi pribadi.
5.Melaporkan kepada pihak yang berwajib jika melihat ada yang menjual belikan elang jawa.
6.Membantu pemerintah dalam melestarikan elang Jawa.
7.Turut mengawasi keberadaan elang jawa di sekitar kita.
8.Menumbuhkan kesadaran kepada teman-teman untuk menjaga elang jawa.
9.Melaporkan kepada pemerintah jika ada perluasan lahan yang mengganggu habitat elang jawa.
10.Menjaga lingkungan agar tetap asri.

Demikian pembahasan mengenai Usahaku untuk Ikut Melestarikan Elang Jawa. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *