Menu
Akurat dan Terpercaya

Unsur-Unsur Cerita Tupai dan Ikan Gabus Kelas 4 SD

  • Share
Unsur-Unsur Cerita Tupai dan Ikan Gabus Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Unsur-Unsur dalam Cerita. Pembahasan akan fokus kepada Unsur-Unsur Cerita Tupai dan Ikan Gabus, bagaimana pendapatkmu tentang cerita tersebut? Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Unsur-Unsur dalam Cerita

Anak-anak hebat, mendengarkan dongeng sangat menyenangkan. Indonesia kaya akan dongeng. Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?

Setiap cerita fiksi memiliki unsur-unsur di dalamnya. Kali ini kita akan mempelajari unsur-unsur yang terdapat dalam cerita. Kita simak tayangan berikut ini yuk!

Cerita Tupai dan Ikan Gabus

Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama. Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.

Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu. Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.

Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.

Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.

Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.

Unsur-Unsur Cerita Tupai dan Ikan Gabus

Nah Anak-anak hebat, berdasarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus yang terdapat pada video tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut!

Nah Anak-anak hebat, berdasarkan cerita Tupai dan Ikan Gabus yang terdapat pada video tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut!

Pembahasan:
Judul : Tupai dan Ikan Gabus
Tokoh : Tupai, Ikan Gabus, Ikan Yu
Sifat Tokoh :
– Tupai sifatnya suka menolong dan tanpa pamrih
– Ikan Gabus sifatnya tidak peduli dengan orang lain

– Ikan Yu sifatnya sangat ganas
Tempat : Tepi pantai di Kalimantan Barat
Awal cerita : Ikan Gabus sakit dan tidak mau makan. Kemudian Tupai menolongnya untuk mencarikan makanan yang ia inginkan yaitu hati Ikan Yu.
Akhir cerita : Tupai berhasil mendapatkan hati Ikan Yu dan Ikan Gabus bisa kembali sehat setelah memakannya.
Pesan Moral : Kita harus menolong orang yang sedang mengalami kesulitan

Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?

Pembahasan:
Cerita tersebut sangat menarik karena menunjukkan persahabatan antara Tupai dan Ikan Gabus yang sangat erat.

Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Pembahasan:
Kita harus menolong orang yang memerlukan pertolongan.

Demikian pembahasan mengenai Unsur-Unsur Cerita Tupai dan Ikan Gabus Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *