Unsur-Unsur Budaya dan Penjelasan

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan mambahas mengenai Unsur-Unsur Budaya dan Penjelasan. Semoga bermanfaat.

Unsur-Unsur Budaya

1. Religi atau Kepercayaan

Di Indonesia diakui ada enam agama resmi yaitu Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Protestan, dan Konghucu. Semuanya dapat mengembangkan sikap toleransi dan kerukunan.

2. Mata Pencaharian

Keragaman alam Indonesia menyebabkan mata pencaharian masyarakatnya juga beragam. Sebagaian penduduk Indonesia menjadi petani karena tanahnya subur. Orang yang tinggal di tepi sungai atau pantai mengandalkan perikanan sebagai mata pencahariannya. Adapula yang menjadi pedagang, peternak, pekerja jasa, atau mata pencaharian lainnya.

3. Teknologi dan Peralatan

Teknologi berkaitan dengan kepandaian dan keterampilan orang dalam membuat atau melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi bermula dari bentuk sederhana dan berkembang sesuai dengan kemajuan jaman.

4. Kesenian

Hampir semua suku bangsa di Indonesia memiliki kesenian yang menjadi ciri khasnya. Kesenian dapat dikelompokkan menjadi dua macam:

  1. Kesenian yang dapat dinikmati oleh mata misalkan seni patung, seni ukir, seni lukis, seni rias, seni tari, seni perdalangan atau wayang, dan seni olahraga.
  2. Kesenian yang dapat dinikmati oleh telinga misalkan seni musik dan seni sastra.

5. Pengetahuan

Berbagai suku bangsa di Indonesia telah memiliki pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu telah mereka terapkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan hidup. Pengetahuan itu antara lain: alam sekitar, flora dan fauna, bahan-bahan mentah, benda-benda di lingkungan alam, manusia, sikap dan kelakuan manusia, serta pengetahuan tentang ruang dan waktu.

6. Sistem Kemasyarakatan

Sistem kemasyarakatan adalah pola hidup yang menjadi kebiasaan dan dianut serta telah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. Contohnya sistem perkawinan, sistem kekerabatan, dan sistem berperilaku dalam masyarakat.

7. Bahasa

Setiap suku bangsa mempunyai alat komunikasi sendiri-sendiri yang terkadang hanya dimengerti dan dipakai oleh suku itu sendiri yang dinamakan dialek.

1. Sebutkan unsur-unsur budaya yang ada di Indonesia!

Pembahasan:
Unsur-unsur budaya di Indonesia yaitu:
(1) Religi atau Kepercayaan
(2) Mata Pencaharian
(3) Teknologi dan Peralatan
(4) Kesenian
(5) Pengetahuan
(6) Sistem Kemasyarakatan
(7) Bahasa

2. Jelaskan unsur-unsur budaya tersebut!

Pembahasan:
(1) Religi atau Kepercayaan. Di Indonesia diakui ada enam agama resmi yaitu Hindu, Buddha, Islam, Katolik, Protestan, dan Konghucu.
(2) Mata Pencaharian. Keragaman alam Indonesia menyebabkan mata pencaharian masyarakatnya juga beragam. Sebagaian penduduk Indonesia menjadi petani karena tanahnya subur. Orang yang tinggal di tepi sungai atau pantai mengandalkan perikanan sebagai mata pencahariannya. Adapula yang menjadi pedagang, peternak, pekerja jasa, atau mata pencaharian lainnya.
(3) Teknologi dan Peralatan. Teknologi berkaitan dengan kepandaian dan keterampilan orang dalam membuat atau melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
(4) Kesenian. Hampir semua suku bangsa di Indonesia memiliki kesenian yang menjadi ciri khasnya.
(5) Pengetahuan. Berbagai suku bangsa di Indonesia telah memiliki pengetahuan yang tinggi. Pengetahuan itu telah mereka terapkan untuk mengatasi kesulitan-kesulitan hidup. Pengetahuan itu antara lain: alam sekitar, flora dan fauna, bahan-bahan mentah, benda-benda di lingkungan alam, manusia, sikap dan kelakuan manusia, serta pengetahuan tentang ruang dan waktu.
(6) Sistem Kemasyarakatan. Sistem kemasyarakatan adalah pola hidup yang menjadi kebiasaan dan dianut serta telah menjadi kebiasaan suatu masyarakat. Contohnya sistem perkawinan, sistem kekerabatan, dan sistem berperilaku dalam masyarakat.
(7) Bahasa. Setiap suku bangsa mempunyai alat komunikasi sendiri-sendiri yang terkadang hanya dimengerti dan dipakai oleh suku itu sendiri yang dinamakan dialek.

Demikian penjelasan mengenai Unsur-Unsur Budaya dan Penjelasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *