Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Tuliskan Pola Lantai yang Dikembangkan Pada Gambar Kelas 5 SD

Tuliskan Pola Lantai yang Dikembangkan Pada Gambar Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi pola lantai tari daerah. Pembahasan akan fokus kepada Tuliskan Pola Lantai yang Dikembangkan Pada Gambar Kelas 5 SD.

Anak-anak beberapa alat musik tradisional seperti gamelan yang digunakan untuk mengiringi tari daerah dibuat dari campuran tembaga dan timah yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Akibat pemanasan tinggi bahan tersebut mencair sehingga mudah dibentuk. Proses ini disebut peleburan. Paduan suara yang dihasilkan alat-alat musik tersebut terdengar harmonis untuk mengiringi tari-tarian daerah yang ditampilkan dengan beberapa pola lantai.

Mengembangkan pola lantai daerah

Ayo Ingat kembali pola lantai yang telah kita pelajari pada pelajaran sebelumnya! Pola lantai tari daerah memiliki dua pola utama, yaitu pola lantai lurus (pola horizontal, vertikal, diagonal dan zig-zag) dan pola lantai lengkung (garis lengkung ke depan, garis lengkung ke belakang, pola lantai bentuk lingkaran dan angka 8) Setiap pola lantai dapat dikembangkan menjadi beberapa pola lantai lainnya. Contohnya tari saman yang memiliki pola lurus ke samping dan zig-zag. Pola tersebut dapat berubah menyesuaikan Irama musik atau gerakan yang berbeda dari sebelumnya. Perhatikan gambar pola lantai berikut!

Ayo kerjakan tugas berikut!

1. Perhatikan gambar berikut!

Tuliskan pola lantai yang dikembangkan pada gambar!

Pembahasan:
Hitungan 1-2 membentuk pola lantai diagonal
Hitungan 3-4 membentuk pola lantai zig-zag sempurna
Hitungan 5-6 membentuk pola lantai bentuk lingkaran

2. Mengapa dalam suatu Pementasan tari daerah diperlukan pengembangan pola lantai? Jelaskan!

Pembahasan:

Demikian pembahasan mengenai Tuliskan Pola Lantai yang Dikembangkan Pada Gambar Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.