Akurat dan Terpercaya
Indeks

Tuliskan Perjuangan-Perjuangan Apa Saja yang Dilakukan oleh Raja Purnawarman! Kelas 4 SD

Tuliskan Perjuangan-Perjuangan Apa Saja yang Dilakukan oleh Raja Purnawarman! Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Tuliskan Perjuangan-Perjuangan Apa Saja yang Dilakukan oleh Raja Purnawarman! Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Anak hebat, kemerdekaan bangsa Indonesia tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi Indonesia Merdeka. Pahlawan tidak hanya mereka yang berperang di medan tempur, tapi kita juga bisa menjadi pahlawan untuk diri sendiri dan orang di sekeliling kita. Contohnya ketika kita menolong orang yang membutuhkan, menjenguk teman yang sakit, dan perjuangan kita untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Sebelum Indonesia ada, dahulu ada zaman kerajaan seperti kerajaan Hindu, Budha, dan Islam. Kali ini kita akan mempelajari sikap kepahlawanan Raja Purnawarman dari salah satu kerajaan hindu di Indonesia yaitu Kerajaan Tarumanegara.

Ananda bisa menyimaknya pada link video berikut! Bisa juga membuka buku tema 5 halaman 2-3!

Anak hebat, menarik sekali ya! Selanjutnya, setelah memperhatikan tayangan tersebut silahkan jawab pertanyaan di bawah ini!

1. Tuliskan perjuangan-perjuangan apa saja yang dilakukan oleh Raja Purnawarman!

Pembahasan:
(1) Perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman adalah dia membuat saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa Barat.
(2) Beliau selalu berjuang untuk rakyatnya.
(3) Raja Purnawarman juga berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegara untuk memerangi bajak laut.

2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman!

Pembahasan:
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Purnawarman adalah berani dan pantang menyerah memberantas kejahatan untuk keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

3. Apa yang dirasakan rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yang dilakukan oleh Raja Purnawarman?

Pembahasan:
Dampak perjuangan yang dilakukan oleh Purnawarman bagi rakyat Tarumanegara adalah karena ladang milik mereka mendapatkan air dari aliran sungai sehingga menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, keadaan menjadi aman karena para perompak telah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara kemudian hidup aman dan sejahtera.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat Kerajaan Tarumanegara jika rajanya tidak memiliki sikap kepahlawanan?

Pembahasan:
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak akan aman dan sejahtera karena tidak ada yang memperbaiki saluran air dan memberantas perompak. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Tuliskan Perjuangan-Perjuangan Apa Saja yang Dilakukan oleh Raja Purnawarman! Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.