Akurat dan Terpercaya
Indeks

Tuliskan isi teks proklamasi pada buku tulismu!

Tuliskan isi teks proklamasi pada buku tulismu!

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Tuliskan isi teks proklamasi pada buku tulismu!

Ananda, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah suatu proses yang sangat panjang. Kronologinya dimulai dari kekalahan Jepang terhadap sekutu pada Perang Dunia II, hingga Soekarno dan Moh Hatta dapat memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik tahu bagaimana sejarah kemerdekaan Indonesia.

Detik-detik proklamasi kemerdekaan

Peristiwa sekitar proklamasi yang tidak mungkin dilupakan adalah ketika detik-detik proklamasi kemerdekaan. Naskah proklamasi selesai disusun pada pukul 4 pagi menjelang subuh. Pada pukul 5 pagi, para pemimpin bangsa dan tokoh muda mulai keluar dari kediaman Laksamana Maeda.

Proklamasi kemerdekaan disepakati akan dibacakan pada pukul 10.00 WIB di kediaman Soekarno, tepatnya di Jalan Pegangsaan Timur No.56 Jakarta. Saat itu, Hatta berpesan pada semua pekerja pers yang hadir untuk memperbanyak naskah proklamasi dan menyebarkannya ke segala penjuru dunia.

Bendera merah putih hasil jahitan Fatmawati pun disiapkan dan rakyat mulai berkumpul di aula. Tepat pukul 10.00 WIB Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia, membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia mulai berkumandang di seluruh rakyat Indonesia.

Tugas Ananda sekarang adalah :

1. Tuliskan isi teks proklamasi pada buku tulismu!

Pembahasan:
PROKLAMASI
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05,
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

2. Lafalkan bunyi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan suara mantap dan jelas!

Pembahasan:
Berikut cara membaca teks proklamasi.
PROKLAMASI
Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan d.l.l., diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.
Jakarta, hari 17 bulan 8 tahun 05,
Atas nama bangsa Indonesia
Soekarno/Hatta

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Tuliskan isi teks proklamasi pada buku tulismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.