Akurat dan Terpercaya

Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Kelas 2 SD

Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Kelas 2 SD

Hai adik-adik kelas 2 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Kelas 2 SD.

Anak-anak di dalam dongeng juga terdapat informasi loh. Setelah mendapatkan informasi dalam cerita dongeng, kamu bisa loh menceritakan kembali dongeng tersebut.

Hari ini kita akan mempelajari Dongeng binatang yang diceritakan kembali secara tertulis dan Gerak dasar tari kijang. Yuk kita simak video berikut.

Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Kelas 2 SD

Setelah menyaksikan videonya, kerjakan latihan berikut untuk mengetahui pemahamanmu!

Anak-anak, pada video tadi terdapat dongeng binatang Ikan dan Burung. Ada beberapa peristiwa penting dan pesan/nasihat pada dongeng binatang tersebut.

Yuk, sekarang anak-anak kerjakan latihan ya! Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Tulis di buku latihanmu ya.

Pembahasan:
Di sebuah hutan hiduplah dua binatang yang bersahabat. Mereka adalah Burung dan Ikan.
Mereka mulai menjadi sahabat melalui suatu kejadian.
Suatu hari, ikan menginginkan biji-bijian yang ada di atas pohon. Ikan meloncat-loncat untuk menggapai biji-bijian itu. Tetapi ia tidak berhasil.
Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu dan melihat seekor burung. Ikan ingin memiliki sayap seperti burung.
Sementara Burung beristirahat di dahan pohon. Ia melihat cacing di dasar sungai. Burung berusaha menyelam untuk menangkap cacing-cacing yang ada di dasar sungai.
Tetapi Burung tidak berhasil. Ia hanya bisa memandangi cacing dari atas pohon. Burung ingin manjadi seperti ikan yang memiliki sirip dan ekor sehingga ia bisa meraih cacing-cacing itu.
Ikan dan Burung mengetahui kesulitan masing-masing. Mereka saling berkenalan kemudian saling membantu. Burung membantu Ikan mengambilkan biji-bijian di atas pohon. Dan Ikan pun membantu Burung mengambilkan cacing di dasar sungai.
Akhirnya Ikan dan Burung menjadi sahabat dan selalu saling membantu.

Demikian pembahasan Osnipa mengenai Tuliskan isi cerita Ikan dan Burung dengan bahasamu sendiri! Kelas 2 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *