Akurat dan Terpercaya
Indeks
Guru  

Tugas 3 (MKDK4005) Profesi Keguruan dan Pembahasan

Tugas 3 (MKDK4005) Profesi Keguruan dan Pembahasan

Hai pengunjung Osnipa, berikut Osnipa akan membahas soal yang dikirimkan melalui kolom komentar. Kali ini kita akan membahas Tugas 3 (MKDK4005) Profesi Keguruan dan Pembahasan. Pembahasan yang Osnipa berikan ini silakan dijadikan referensi dalam menjawab soal. Utamakan jawaban dari hasil pemikiran sendiri. Semoga bermanfaat.

Tugas 3 (MKDK4005) Profesi Keguruan dan Pembahasan

1. Diberikan suatu kasus dalam pembelajaran berikut. Pak Edwin adalah seorang guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas dengan siswa yang mayoritas memiliki gaya belajar auditori, sehingga kemampuan literasi siswa kurang baik. Hal ini tentu saja berimbas pada hasil ujian siswa yang kurang memuaskan. Berdasarkan kondisi tersebut, Pak Edwin memutuskan untuk focus dalam melatih kemampuan siswa melalui rekaman suara serta video pembelajaran Berikan analisis kalian terkait tugas guru sebagai pendidik terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan Pak Edwin!

Pembahasan:
Salah satu tugas guru sebagai pendidik adalah mengenal peserta didiknya yang meliputi kebutuhan, kemampuan, cara belajar, dan gaya belajar peserta didiknya. Pak Edwin sudah menunjukkan perannya sebagai pendidik. Dimana dia telah mengenal gaya belajar peserta didiknya yang auditori, sehingga dia lebih fokus dalam melatih kemampuan siswa melalui rekaman suara dan video pembelajaran. Dengan menggunakan rekaman suara dan video pembelajaran, diharapkan kemampuan siswa akan meningkatkan pemahamannya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, Pak Edwin juga sudah memiliki pengetahuan mengenai media dan metode pembelajaran. Sehingga dia mampu menentukan media pembelajaran yang cocok untuk siswa yang auditori. Ini juga menunjukkan bahwa Pak Edwin sudah melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan baik.

2. Diberikan suatu kasus dalam pembelajaran berikut. Bu Nety adalah seorang guru sejarah yang memiliki seorang siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual, sedangkan teman lainnya memiliki kecenderungan gaya belajar audio-visual. Dengan proses pembelajaran yang dilakukan, siswa tersebut memiliki kesulitan dalam mengingat fakta penting sejarah, sehingga nilainya tidak memuaskan. Berdasarkan kondisi tersebut, berikan analisis kalian mengenai tugas guru sebagai pendidik dan berikanlah rekomendasi yang tepat untuk peningkatan pembelajaran di kelas Bu Nety!

Pembahasan:
Dalam tugasnya sebagai pendidik, Bu Nety harus memahami kebutuhan, kemampuan, cera belajar, dan gaya belajar peserta didiknya. Untuk siswa dengan kecenderungan gaya belajar visual siswa harus lebih banyak diberikan kesempatan untuk membaca materi. Untuk meningkatkan pembelajaran di kelas, sebaiknya Bu Nety menerapkan pembelajaran diferensiasi. Siswa yang memiliki kecenderungan visual diberikan kesempatan belajar sesuai dengan gaya belajarnya yaitu membaca materi secara langsung. Sedangkan siswa yang kecenderungan gaya belajar audio-visual, diberikan kesempatan belajar dengan memanfaatkan video.

3. Diberikan suatu kasus dalam pembelajaran berikut. Anda adalah seorang guru yang tinggal di daerah dengan mayoritas orang tua siswa bekerja sebagai panambang lepas. Karena penghasilan yang kecil, banyak siswa yang memutuskan untuk membantu orang tuanya menjadi penambang lepas, dan akhirnya membuat pendidikan mereka terbengkalai. Berdasarkan kondisi tersebut, berikan analisis kalian mengenai tugas guru sebagai pembimbing dan berikanlah rekomendasi yang tepat untuk membantu siswa di daerah tersebut!

Pembahasan:
Dalam perannya sebagai pembimbing, guru bertugas memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mengatasi masalah yang dihadapinya. Termasuk permasalahan yang terjadi di luar kelas seperti pada kasus banyak siswa yang memutuskan untuk membantu orangtuanya menjadi penambang lepas, sehingga pendidikan mereka terbengkalai. Guru dapat melakukan kunjungan rumah siswa (home visit) dan berbicara dan memberikan pemahaman orangtua siswa mengenai pentingnya pendidikan.

4. Rani adalah seorang siswi berumur 8 tahun masih mengalami kesulitan dalam membaca, padahal Rani telah duduk di bangku kelas 2 SD. Dalam kesehariannya, Rani lebih senang menggambar, namun tidak memiliki minat dalam membaca. Untuk meningkatkan potensi bahasa Rani, buatlah sebuah rencana kegiatan/pembelajaran yang dapat diterapkan!

Pembahasan:
Rencana kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan potensi Bahasa Rani:
a) Rani diminta untuk mengamati sebuah gambar cerita.
b) Rani diajak melakukan tanya jawab mengenai isi gambar cerita.
c) Rani diminta untuk membuat sebuah gambar cerita.
d) Rani diminta untuk menceritakan gambar yang dibuat.
e) Rani diminta untuk menuliskan cerita tersebut di buku.
f) Rani diminta untuk membacakan cerita yang dibuatnya.

5. Seorang guru yang telah bekerja selama 10 tahun mengikuti sebuah seminar mengenai pembelajaran abad 21 berbasis IT, di mana pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dirasa lebih efisien dan modern. Dari seminar tersebut, beliau sangat tertarik untuk mengembangkan pembelajarannya di kelas menjadi berbasis IT. Buatlah rencana pengembangan kemampuan professional guru tersebut agar Ia dapat menerapkan pembelajaran berbasis IT dengan sukses!

Pembahasan:
Rencana pengembangan kemampuan professional guru agar dapat menerapkan pembelajaran berbasisi IT dengan sukses:
a) Membuat program pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi dalam menerapkan IT dalam pembelajaran.
b) Mencari informasi mengenai pelatihan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
c) Mengikuti pelatihan pemanfaatan IT dalam pembelajaran.
d) Merancang pembelajaran berbasis IT yang akan diterapkan di kelas.

Demikian pembahasan mengenai Tugas 3 (MKDK4005) Profesi Keguruan dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.