GuruTips

Tips Mengajari Siswa Kelas Rendah Lancar Membaca

Salah satu tantangan terberat guru kelas rendah (kelas 1 dan kelas 2) adalah mengajari siswa membaca. Apalagi dengan jumlah siswa yang banyak, maka tidak semua siswa bisa lancar membaca walaupun sudah kelas 2. Berikut ini, tips yang bisa digunakan agar siswa kelas rendah bisa lancar membaca.

1. Hias Ruang Kelas dengan Kata, Suku Kata, dan Huruf

Langkah pertama yang bisa guru lakukan agar siswa kelas rendah lancar membaca adalah dengan menghias ruang kelas dengan kata ataupun huruf. Usahakan kata yang dipilih adalah kata-kata yang dekat dengan siswa ataupun sering digunakan oleh siswa. Kita bisa membuat kata-kata seperti : GURU, MAMA, AKU, DI, BOLA, dan lain-lain.

Untuk huruf, kita bisa menghias dengan menggunakan huruf-huruf yang biasa digunakan saat membaca permulaan seperti: A, I, U, E, dan E.

Selain huruf, pasang juga suku kata seperti : BA, BI, BU, BE, dan BO

Intinya hias kelas dengan kata, suku kata, dan huruf sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Semakin sering siswa melihat kata, suku kata, dan huruf tersebut maka siswa akan semakin hafal.

2. Ajarkan Membaca Kata Melalui Suku Kata

Metode mengajarkan kata melalui suku kata lebih efektif ketimbang mengajarkan kata melalui huruf. Misalkan kita ingin mengajarkan kata MAMA, maka siswa diajak membaca dengan mengucapkan MA-MA, bukan M-A-M-A.

Metode membaca seperti ini banyak dipergunakan oleh bimbel membaca di Indonesia, dan sudah terbukti mampu membuat siswa mampu membaca dengan cepat.

3. Buat Perpustakaan Kelas

Siswa akan mau belajar membaca jika ada motivasi dalam diri mereka. Untuk merangsang motivasi siswa, di kelas buatlah perpustakaan kelas dengan buku bacaan yang menarik (Bisa buku cerita anak-anak dengan banyak gambar, Buku komik anak-anak, atau cerita bergambar lainnya).

Sediakan juga waktu bagi anak-anak untuk memanfaatkan buku tersebut. Waktu bisa diambil saat jam wajib baca, saat istrihata, atau saat menunggu dijemput orang tua.

Jangan paksa mereka untuk langsung membaca, biarkan mereka melihat-lihat gambar dahulu. Jika mereka sudah mulai tertarik, maka secara otomatis mereka akan berusaha membaca tulisan yang ada dalam buku tersebut. Dampingi siswa jika mereka kesulitan membaca tulisan yang ada dalam buku.

4. Bacakan Siswa Sebuah Cerita

Selain dengan menyediakan buku yang menarik, guru bisa merangsang keinginan siswa untuk membaca dengan membacakan sebuah buku cerita yang menarik. Usahakan buku yang dibaca diambil dari perpustakaan kelas. Jika siswa sudah penasaran, maka siswa akan mengambil buku tersebut dan berusaha untuk membacanya.

5. Ajukan Pertanyaan Pada Siswa Mengenai Isi Sebuah Buku

Ajukan pertanyaan pada siswa mengenai cerita yang sudah dibacakan atau buku yang dibaca siswa. Pertanyaan bisa berupa menanyakan tokoh, pesan, atau bahkan peristiwa dalam cerita.

Demikianlah Tips Mengajari Siswa Kelas Rendah Agar Lancar Membaca. Jika memiliki tips yang lain, silakan tambahkan di kolom komentar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker