Menu
Akurat dan Terpercaya

Tentukan Jenis Cerita Fiksi pada Cerita “Kisah Dua Sahabat Beruang” di Atas Kelas 6 SD

  • Share
Tentukan Jenis Cerita Fiksi pada Cerita "Kisah Dua Sahabat Beruang" di Atas Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Tentukan Jenis Cerita Fiksi pada Cerita “Kisah Dua Sahabat Beruang” di Atas Kelas 6 SD.

Ananda yang hebat, di dalam cerita fiksi terdapat pesan pesan kebaikan yang dapat kita terapkan. Biasanya pesan yang terkandung berupa nasehat untuk tidak durhaka kepada orang tua, kesetiakawanan, dan saling berkorban serta pesan-pesan kebaikan lainnya. Apabila pesan-pesan tersebut kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka usaha membangun masyarakat sejahtera akan tercapai.

Cerita fiksi dapat berasal pengalaman pribadi atau peristiwa yang dialami oleh penulis dan orang-orang di sekitarnya. Maka sering kita temukan kesamaan peristiwa atau kejadian dalam cerita fiksi dengan kehidupan pribadi. Bagaimana caranya kita menentukan kesamaan tersebut?

Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar Ananda dapat mempelajarinya lebih lanjut.

Kisah Dua Sahabat dan Beruang

Toni dan Leo merupakan dua orang yang telah bersahabat sejak lama. Karena hari libur, mereka berdua berencana untuk berjalan menuju hutan menyusuri keindahan alam yang ada di hutan. Karena senangnya ketika di hutan, mereka tidak menyadari bahwa mereka telah berjalan jauh ke dalam hutan.

Hingga mereka melewati batas yang telah ditentukan untuk dilalui. Karena terlalu masuk ke dalam hutan, mereka berdua tidak sengaja bertemu dengan seekor beruang lapar yang sedari tadi mengincar mereka. Karena takut, Toni pun langsung naik ke atas pohon dan meninggalkan Leo di bawah begitu saja.

Leo yang mengetahui hal tersebut berusaha keras mencari ide, Leo tidak memanjat, karena ia tidak bisa memanjat pohon. Setelah berpikir keras, Leo akhirnya ingat ia pernah mendengar bahwa hewan akan meninggalkan dan tidak menyukai orang yang telah mati. Akhirnya Leo berbaring di tanah dan menahan nafas dalam-dalam. Melihat hal tersebut si beruang pun langsung menghampiri Leo yang terbaring di tanah seraya mengenduskan hidungnya. Tak lama kemudian beruang pergi meninggalkan Leo yang tengah berbaring.

Toni dari atas pohon melihat hal tersebut merasa penasaran, akhirnya setelah beruang pergi, ia pun langsung turun menghampiri Leo dan bertanya dengan penasaran. “Apa yang dibisikkan beruang kepadamu? Mengapa ia langsung pergi?” tanya Toni “Katanya aku disuruh menjauhi teman yang mementingkan diri sendiri sepertimu” jawab Leo Merasa bersalah, Toni meminta maaf pada Leo.

1. Tentukan jenis cerita fiksi pada cerita di atas! Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Cerita fiksi di atas merupakan cerita pendek. Kerena cerita berisi cerita pendek tentang kehidupan seseorang dan dapat selesai baca dalam sekali duduk.

2. Siapakah tokoh-tokoh dalam Kisah Dua Sahabat dan Serigala?

Pembahasan:
Tokoh dalam Kisah Dua Sahabat dan Serigala adalah Toni dan Leo

3. Tentukan tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita tersebut!

Pembahasan:
Tokoh protagonis dalam cerita tersebut Leo
Tokoh antagonis dalam cerita tersebut Toni

4. Apakah kalian pernah mengalami peristiwa yang sama dengan tokoh pada cerita tersebut? Jelaskan!

Pembahasan:
Saya pernah mengalami peristiwa yang sama dengan tokoh pada cerita tersebut. Pada saat itu, saya dan teman membawa barang dan berjalan melewati rumah yang ada anjing galak. Anjing tersebut mengejar kami, dan teman saya berlari tanpa memedulikan saya yang membawa barang berat. Akhirnya saya digigit oleh anjing dan ditolong oleh pemilik anjing.

5. Berdasarkan pengalamanmu, adakah perbedaan peristiwa yang dialami tokoh pada cerita tersebut dengan pengalaman pribadimu? Jelaskan!

Pembahasan:
Ada perbedaan peristiwa yang dialami tokoh pada cerita tersebut dengan pengalaman pribadi saya. Tokoh dalam cerita tersebut dikejar oleh beruang, binatang yang jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pembahasan mengenai Tentukan Jenis Cerita Fiksi pada Cerita “Kisah Dua Sahabat Beruang” di Atas Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *