Menu
Akurat dan Terpercaya

Teks Pidato dengan Tema Bersatu Kita Teguh

  • Share
Teks Pidato dengan Tema Bersatu Kita Teguh

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai menyusun teks pidato. Pembahasan akan fokus kepada contoh Teks Pidato dengan Tema Bersatu Kita Teguh. Semoga bermanfaat.

Menyusun Teks Pidato

Teks pidato yang terstruktur, isinya relevan, mudah dimengerti dan kaya makna tentu akan sangat menarik pembaca atau sebagai referensi naskah pidato.

Bagaimana agar pidato yang kita sampaikan, bisa dimengerti, mudah diterima dan tidak menyalahi kaidah? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat teks pidato.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat pidato:

  1. Penggunaan Bahasa dan Penulisan
    Gunakan Bahasa baku namun tidak kaku. Artinya, teks harus ditulis dengan tata bahasa yang benar sesuai dengan KBBI namun tetap terdengar santai dan mudah dimengerti.
    Selain itu, gunakan kalimat efektif dalam penulisan teks pidato. Kalimat efektif merupakan kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah berlaku. Suatu kalimat dinyatakan efektif apabila memiliki unsur yang utuh dan tepat, seperti adanya subjek, predikat, objek, dan sebagainya.
    Contoh: Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato tentang persatuan bangsa.
  2. Penggunaan Tanda Baca Dalam Teks
    Untuk mempermudah pembacaan pidato, penggunaan tanda baca dalam teks tersebut juga harus diperhatikan. Khususnya tanda baca titik dan koma yang bisa mengubah pesan dalam kalimat bila diletakkan dengan tidak tepat.
  3. Tema dan Durasi Acara Pembacaan Pidato
    Yang terakhir dan paling penting, kalian juga harus perhatikan tema acara sebelum pidato dibuat. Pastikan isi dari pidato tersebut berhubungan dengan acara yang sedang berlangsung.
    Ketahui juga durasi acara tersebut. Bila dirasa waktunya singkat, maka buatlah pidato yang pendek saja.

Langkah-langkah Menyusun Teks Pidato

  1. Menentukan Tema Pidato
    Tentukan tema pidato secara relevan dan menarik. Tema pidato harus sesuai dengan kebutuhan audiens. Suatu kesalahan yang fatal jika tema suatu pidato tidak sesuai dengan audiens.
  2. Menentukan Tujuan Pidato
    Menentukan tujuan pidato merupakan suatu hal yang sangat penting. Tujuan suatu pidato sangat berpengaruh dalam menentukan topik pembicaraan, menentukan batasan topik, serta berpengaruh dalam menentukan gaya dan bahasa pidato yang akan dilakukan.
  3. Menentukan dan Menulis Poin Penting dalam Pidato
    Poin penting ini bertujuan agar penulis lebih dipermudah dalam menyusun kerangka pidato. Poin penting ini bisa mencakup hal yang ingin lebih ditekankan atau menjadi fokus utama.
  4. Menyusun Kerangka Teks Pidato
    Setelah poin penting dalam pidato, penulis harus menyusun kerangka teks pidato. Kerangka ini terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. Semuanya harus disusun secara terstruktur agar penulis atau orator mudah dalam berpidato.
  5. Mengembangkan Kerangka Menjadi Pidato yang Utuh
    Dalam mengembangkan kerangka pidato, perlu diperhatikan unsur-unsur pidato, yaitu pembukaan, isi dan penutup.
    Pembukaan:
    a. Kalimat Pembuka/Salam
    Memberi penghormatan, mengkondisikan atau menarik perhatian audiens agar memperhatikan pembicara.
    b. Pendahuluan
    Ucapan syukur, kemudian dilanjutkan dengan memberi sedikit gambaran pada audiensi topik yang akan dibicarakan.
    Bagian Isi
    Bagian ini merupakan bagian pokok pidato. Pada bagian ini uraian penjabaran topik pidato secara keseluruhan. Gunakanlah kalimat sapaan setiap peralihannya, atau gunakanlah kata rincian pertama …, kedua …, ketiga …, akhirnya …, selanjutnya …, langkah pertama …, langkah kedua …, dan lain-lain.
    d. Penutup
    Akhir suatu pidato biasanya berbentuk kesimpulan, harapan , permohonan maaf, dan salam penutup.

Contoh Menyusun Teks Pidato

  1. Tema: Persatuan
  2. Tujuan Pidato: Membangkitkan semangat persatuan pada generasi muda
  3. Poin penting:
    Keragaman Bangsa Indonesia
    Konflik yang terjadi pada bangsa Indonesia
    Mengajak pelajar untuk menjaga persatuan bangsa
  4. Kerangka Pidato
    Latar belakang: Peringatan HUT RI
    Audiensi: Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan seluruh siswa
    Waktu: 17 Agustus 2021
    Tempat: SD Bintang Semesta
    Hal-hal yang perlu disampaikan: Peran pelajar dalam menjaga persatuan bangsa.
    Pembukaan:
    a. Salam pembuka kepada semua hadirin yang hadir.
    b. Mengucapkan kalimat pembuka.
    Isi Pidato:
    a. Keanekaragaman bangsa Indonesia.
    b. Konflik yang terjadi pada bangsa Indonesia.
    c. Mengajak pelajar untuk menjaga persatuan bangsa.
    Penutup:
    a. Mengucapkan kalimat penutup dan permohonan maaf.
    b. Salam penutup.

Teks Pidato:

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Bintang Semesta.
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru.
Serta teman-teman yang saya sayangi.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berjumpa dalam memperingati HUT RI yang ke 76 tahun.
Para hadirin, seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Terbentang dari Sabang sampai Merauke, terdiri dari beribu-ribu pulau yang kaya akan suku dan budaya. Keragaman suku bangsa dan budaya merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Walaupun berbeda-beda kita harus tetap menjaga rasa persatuan dan kesatuan bangsa agar tidak terjadi knflik. Seperti yang tertulis dalam semboyan negara kita yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” berbeda-beda tapi tetap satu jua.
Namun pada saat ini, banyak sekali masalah yang sedang melanda negeri kita. Terutama kmasalah yang menyangkut persatuan dan kesatuan. Contohnya banyak sekelompok orang yang mengatas namakan suatu organisasi yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tentunya kita tidak menghendaki terjadinya perpecahan dalam lingkungan bangsa dan Negara Indonesia, hal ini dikarenakan kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang tinggi bangsa Indonesia sendiri. Semoga masalah tersebut dapat cepat teratasi supaya negara kita selalu aman, tenteram dan damai.
Kita sebagai pelajar tentu harus ikut berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dapat kita amalkan melalui berteman baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Setiap hari kita tentu tidak dapat lepas bergaul dengan teman sebaya. Teman main tentunya tidak semua sama. Ada yang berasal dari keluarga kaya, kurang mampu dan sederhana. Ada pula yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Buddha bahkan dari agama lain. Semuanya adalah teman kita, yang harus kita perlakukan sama dengan sopan dan ramah. Dengan begitu, akan tercipta rasa kebersamaan, sehingga bangsa kita tidak mudah terpecah belah. Perbedaan dapat kita satukan dengan semangat persatuan dan kesatuan. Seperti yang dilakukan oleh para pejuang kita dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia.
Oleh karena itu, semangat persatuan dan kesatuan tetap diperlukan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.
Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka! Merdeka! Merdeka!
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Setelah teks pidato selesai, bacalah teks pidato tersebut dengan baik.

  • Pahami materi yang akan disampaikan
  • Membaca dengan tenang
  • Pakai ekspresi yang tepat
  • Sampaikan dengan suara lantang
  • Perhatikan ejaan dan tanda baca
  • Sampaikan tanpa terburu-buru
  • Menyapa audiensi
  • Awali dengan senyuman
  • Perhatikan durasi
  • Berdiri tegak berwibawa.

Teks Pidato dengan Tema Bersatu Kita Teguh

Sebagai evaluasi, Susunlah sebuah teks pidato dengan tema Bersatu Kita Teguh.

Pembahasan:

Contoh Pidato 1

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Bintang Semesta.
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru.
Serta teman-teman yang saya sayangi.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berjumpa dalam memperingati HUT RI yang ke 76 tahun.

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Itulah semboyan pejuang kita. Yang telah bersemangat berperang melawan penjajah. Dengan sejata sederhana menggunakan bambu runcing tetapi tidak mematahkan perjuangan mereka. Dalam benak mereka hanya ada satu harapan, Indonesia merdeka.

Pada tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia mengadakan ikrar janji untuk bersatu. Sumpah pemuda ini mejadi tonggak sejarah dalam memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Membina kerukunan sesama bangsa, karena tidak alat yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia saat itu selain persatuan dan kesatuan. Bagaikan sapu lidi, jika diikat dalam suatu ikatan akan menjadi satu kekuatan yang besar.

Hadirin yang berbahagia, marilah kita bersyukur, berdoa, dan berjuang. Kita galang terus persatuan dan kesatuan. Indonesia telah merdeka 76 tahun lamanya, tapi sampai sekarang perjuangan kita belumlah berakhir. Kita masih harus meneruskan perjuangan para pejuang yang terdahulu dengan cara yang berbeda misalnya dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari, mencintai produk dalam negeri, dan tidak membeda-bedakan teman. Dengan bersatu, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Contoh Pidato 2

Assalamualaikum Wr.Wb.
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Bintang Semesta.
Yang terhormat Bapak/Ibu Guru.
Serta teman-teman yang saya sayangi.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat kepada kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berjumpa dalam memperingati HUT RI yang ke 76 tahun.

Hadirin yang saya hormati,
Semboyan bersatu kita teguh dan bercerai kita runtuh harus kita benar-benar hayati dengan sepenuh hati. Bisa kita bayangkan betapa para pejuang dan pahlawan kita bersatu mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Perjuangan belumlah selesai, kita dituntut untuk meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu. Meskipun perjuangan kita sekarang tidak memanggul senjata, tapi kita dituntut untuk selalu menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kemerdekaan bangsa Indonesia yang diperoleh dengan pengorbanan para pahlawan, tidak akan bisa kita jaga tanpa adanya persatuan. Oleh karena itu, mari kita merapatkan barisan, bersatu agar bangsa Indonesia tetap merdeka dan menjadi bangsa yang besar.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan.
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Demikian pembahasan mengenai Teks Pidato dengan Tema Bersatu Kita Teguh. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *