Menu
Akurat dan Terpercaya

Teknik-Teknik Pembuatan Patung

  • Share
Teknik-Teknik Pembuatan Patung

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang teknik-teknik pembuatan patung. Pembahasan akan fokus kepada teknik-teknik membuat patung, perbedaan teknik membuat patung membutsir dengan mencetak, bahan yang diperlukan untuk membuat patung teknik konstruksi, dan teknik membuat patung dengan bahan sabun.

Teknik-Teknik Pembuatan Patung

Pembuatan patung disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Ada bahan dari batu, kayu, atau tanah liat. Setiap bahan memiliki teknik pembuatan yang berbeda-beda. Berikut beberapa teknik pembuatan patung.

1. Membutsir

Teknik membutsir adalah teknik membuat patung dengan cara memijit, menambah, mengurangi bahan yang yang dibentuk. Alat yang digunakan untuk membutsir yaitu butsir dan pisau sudip. Bahan patung yang menggunakan teknik membutsir adalah tanah liat dan plastisin.

2. Memahat

Teknik memahat adalah teknik mengurangi bahan dengan cara dipahat bahan yang digunakan. Alat yang digunakan pahat dan palu. Bahan yang digunakan teknik memahat adalah kayu dan batu.

3. Mencetak

Teknik mencetak dibedakan menjadi dua yaitu cetak tuang dan cetak tekan. Alat yang digunakan adalah cetakan sesuai dengan bentuk patung yang akan dibuat. Bahan yang digunakan untuk teknik mencetak adalah semen, gips, fiberglass, dan emas cair.

4. Konstruksi

Teknik konstruksi digunakan dengan menyusun atau membangun bahan. Cara menyusun dapat dilakukan dengan membuat rangka terlebih dahulu, kemudian dilem. Alat yang diperlukan rangka bangunan dan meja putar. Bahan yang dapat digunakan untuk teknik ini yaitu tanah liat, plastisin, semen, atau gips.

Soal Latihan Teknik Membuat Patung dan Pembahasan

1. Sebutkan teknik-teknik pembuatan patung!

Pembahasan:
Teknik membuat patung:
a. membutsir
b. memahat
c. mencetak
d. kontruksi

2. Jelaskan perbedaan teknik pembuatan patung membutsir dengan mencetak!

Pembahasan:
Teknik membutsir merupakan teknik membuat patung dengan cara memijit, menambah, mengurangi bahan yang yang dibentuk sedangkan teknik mencetak merupakan teknik membuat patung dengan menuangkan bahan patung ke dalam cetakan.

3. Apa saja bahan yang dapat dijadikan patung dengan teknik konstruksi?

Pembahasan:
Bahan yang dapat dijadikan patung dengan teknik konstruksi yaitu tanah liat, plastisin, semen, atau gips.

4. Dapatkan kayu jati dijadikan sebagai patung dengan teknik membutsir? Mengapa?

Pembahasan:
Kayu jati tidak dapat dijadikan patung dengan teknik membutsir karena kayu jati terlalu keras untuk dipijat, kayu jati tidak lengker sehingga akan sulit untuk ditambah maupun dikurangi.

5. Bayu mendapat tugas untuk membuat patung. Tetapi dia tidak memiliki bahan lain selain sabun batang. Menurutmu, dapatkah Bayu membuat patung dengan bahan sabun batang? Jika dapat, apa teknik yang tepat untuk membuat patung tersebut?

Pembahasan:
Bayu dapat membuat patung dengan bahan sabun batang. Teknik yang dapat bayu gunakan untuk membuat patung tersebut dengan memahat.

Demikian pembahasan mengenai Teknik-Teknik Pembuatan Patung. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *