Menu
Akurat dan Terpercaya

Tabel Jenis Hewan, Karakteristik Tempat Hidup, dan Pemanfaatan

  • Share
Tabel Jenis Hewan, Karakteristik Tempat Hidup, dan Pemanfaatan

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Tabel Jenis Hewan, Karakteristik Tempat Hidup, dan Pemanfaatan. Semoga bermanfaat.

Karakteristik Tempat Hidup Hewan dan Pemanfaatan

Hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Hewan dapat dimanfaatkan sebagai makanan, bahan obat-obatan, dan juga dimanfaatkan tenaganya.

Lingkungan tempat hidup hewan juga berbeda-beda, ada di darat dan ada juga hewan yang tinggal di perairan.

Tabel Jenis Hewan, Karakteristik Tempat Hidup, dan Pemanfaatan

Anak-anak hebat, selanjutnya cerilah jenis-jenis hewan yang lainnya, kemudian tuliskan nama hewan tersebut, karakteristik tempat hidup, dan pemanfaatannya pada tabel berikut ini!

NoHewanKarakteristik Tempat HidupPemanfaatan
1.AyamAyam tinggal di darat. Ayam merupakan hewan ternak jenis unggas. Hewan ini memiliki paruh yang berguna untuk mencari makanan.Daging, telur, dan bulu.
2.Bebekbebek tinggal di darat, namun bebek dapat berenang di parairan karena memiliki kaki yang berselaput.Daging, telur, dan bulunya.
3.KucingKucing hidup di darat. Kucing merupakan hewan berkaki empat yang memiliki cakar di kakinya yang dapat digunakan untuk berburu.Kucing umumnya dijadikan sebagai hewan peliharaan
4.IkanIkan hidup di perairan. Ada ikan yang hidup di air tawar, air payau, dan air laut.Sebagai makanan dan sebagai hewan peliharaan
5.KudaKuda hidup di darat. Hewan ini memiliki kaki yang kuat untuk berjalan di tempat yang datar.Dimanfaatkan tenaganya untuk menarik dokar.
6.KambingKambing hidup di darat. Biasanya hidup di daerah dataran rendah.Daging
7.SapiSapi hidup di darat. Sapi biasanya dipelihara oleh petani di dekat sawah.Daging, kulitnya dijadikan bahan kerajinan, tenaganya untuk membajak sawah.
8.KerbauKerbau hidup di darat. Kerbau juga dipeliharan oleh petani.Daging dan tenaga untuk mebajak sawah dan menarik dokar.
9.Ikan LeleLele hidup di perairan. Biasanya lele suka hidup di air berlumpur.Daging
10.Ulat suteraHidup di darat. Biasanya ulat sutera tinggal di pohon murbei yang merupakan makanan utama mereka.Kepongpong ulat sutera untuk dijadikan benang

Demikian pembahasan mengenai Tabel Jenis Hewan, Karakteristik Tempat Hidup, dan Pemanfaatan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *