Susunan Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan Serta Kesimpulan Tahapan Siklus Hidup Hewan

Hai adik-adik kelas 4 SD, Hewan mengalami pertumbuhan. Ada tahapan-tahapan yang dilalui oleh hewan itu, dari anak-anak hewan menjadi hewan dewasa. Ayo, mencari tahu tahapantahapan pertumbuhan hewan dengan membaca wacana berikut.

Semua Makhluk Hidup Mengalami Pertumbuhan dan Perkembangan

Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya. Tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan membentuk sebuah siklus hidup atau daur hidup.

Hewan mengalami tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Ada jenis hewan yang mengalami perubahan bentuk di setiap tahap hidupnya. Namun, ada pula hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, selain bertambah besar saja.

Hewan yang mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti mengalami metamorfosis. Sedangkan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk dalam siklus hidupnya berarti tidak mengalami metamorfosis.

Di antara hewan yang mengalami metamorfosis, ada hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapannya, ada juga yang tidak. Hewan yang mengalami perubahan bentuk pada setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya dinamakan mengalami metamorfosis sempurna. Sedangkan hewan yang mengalami perubahan bentuk hanya pada beberapa tahap tumbuh kembangnya dinamakan mengalami metamorfosis yang tidak sempurna.

Susunan Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan

Amatilah gambar hewan-hewan peliharaan berikut!

Susunlah tahapan pertumbuhan dan perkembangan hewan pada gambar di atas menjadi tahapan pertumbuhan yang benar. Berilah nomor urut di bawah gambar sehingga menunjukkan urutan yang benar.

Pembahasan:

Kesimpulan Tahapan Siklus Hidup Hewan

Buatlah kesimpulan tentang tahapan siklus hidup hewan!

Pembahasan:
Siklus hidup hewan adalah pertumbuhan dan perkembangan yang dialami hewan dari kecil sampai dewasa.
Kucing dan ayam mengalami siklus hidup.
Siklus hidup kucing: anak kucing – kucing muda – kucing dewasa
Siklus hidup ayam: telur – anak ayam – ayam muda – ayam dewasa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *