Menu
Akurat dan Terpercaya

Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas mengenai Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik.

Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Energi listrik adalah energi yang paling banyak diperlukan masyarakat. Di zaman modern ini, kebanyakan peralatan di rumah mengunakan listrik. Nah, tahukah kamu bagaimana energi listrik ini dapat dihasilkan?

Energi listrik dapat dihasilkan dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada, antara lain dengan memanfaatkan tenaga air, batu bara, matahari, angin, dan minyak bumi.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memanfaatkan arus atau aliran deras air pada bendungan untuk memutarkan turbin air dan mengerakkan generator.

Sebagai salah satu sumber energi yang cukup berlimpah, air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu mengerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air semakin kencang kincir berputar energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) memanfaatkan energi uap dari hasil kinerja pompa air yang menyatu dengan batu bara serta minyak. Hasil pemanasan tersebut nantinya akan dibakar kemudian disemprotkan menjadi energi uap. Nah, energi ini nantinya akan menggerakkan turbin pada generator mesin yang akhirnya akan menghasilkan energi listrik yang disimpan pada generator.

Namun perlu kalian ketahui penggunaan batu bara dalam jumlah besar juga dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Selain itu batu bara termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sehingga harus kita manfaatkan dengan bijak agar ketersediaannya tetap terjaga.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) memanfaatkan panel surya untuk menyimpan energi panas dari matahari ke dalam baterai atau aki untuk digunakan sehari-harinya. Pembangkit listrik jenis ini biasanya ditemukan di satu unit rumah atau bangunan. PLTS mengandalkan sumber energi murni alami sehingga sangat ramah lingkungan, hemat dan efektif.

Mengingat iklim tropis di Indonesia yang mendapatkan sinar matahari cukup banyak, alat pembangkit listrik ini menjadi pilihan yang ideal untuk digunakan di rumah.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu mengonversikan energi bayu (angin) menjadi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin sebagai generator. Pembangkit listrik ini sangat ramah lingkungan dan rendah polusi. Karena hanya memanfaatkan angin sebagai sumber energinya.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) emnggunakan mesin diesel untuk menghasilkan energi mekanis yang diperlukan untuk memutar rotor generator. Bahan bakar yang digunkan untuk mesin diesel berasal dari minyak bumi, yaitu solar.

Sebagai sumber daya alam tambang. Penggunaan minyak bumi pada PLTD tentu harus diperhatikan agar tidak terjadi kelangkaan.

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) memanfaatkan tenaga gas sebagai penggerak turbin pada generator, yang kemudian akan mengubahnya menjadi energi listrik. Sumber energi ini memiliki tekanan yang cukup kuat dan mampu mengahasilkan energi listrik dalam skala besar.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Pembangkit listrik ini mengubah energi panas menjadi energi mekanik di mana panas yang dihasilkan berasal dari satu atau lebih reaktor nuklir.

Listrik yang kita gunakan sehari-hari di rumah, berasal dari berbagai jenis sumber daya alam. Oleh karena itu harus kita pergunakan dengan bijak, jangan sampai terbuang sia-sia.

1. Apa saja sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik?

Sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik antara lain dengan memanfaatkan tenaga air, batu bara, matahari, angin, dan minyak bumi.

2. Manakah jenis pembangkit listrik yang menurutmu paling ramah lingkungan? Berikan alasanmu!

Menurut saya, pembangkit listrik yang paling ramah lingkungan adalah pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) karena hanya memanfaatkan angin sebagai sumber energinya sehingga ramah lingkungan dan rendah polusi.

3. Bagaimana proses perubahan energi yang terjadi pada PLTA?

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) memanfaatkan arus atau aliran deras air pada bendungan untuk memutarkan turbin air dan mengerakkan generator yang akan mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

4. Sama halnya dengan pembangkit listrik, alat-alat elektronik di rumahmu juga mengalami perubahan energi. Amatilah peralatan yang menggunakan energi listrik di rumahmu! Tuliskan kegunaan dan perubahan energinya!

Pembahasan:

NoNama PeralatanKegunaanPerubahan Energi
1.LampuPeneranganPerubahan energi listrik menjadi energi cahaya
2.Rice cookermemasak nasiPerubahan energi listrik menjadi energi panas
3.Blendermembuat jusPerubahan energi listrik menjadi energi gerak
4.Seterika listrikmerapikan pakaianPerubahan energi listrik menjadi energi panas
5.Kipas anginMendinginkan ruanganPerubahan energi listrik menjadi energi gerak

5. Menurutmu, apa dampak yang dapat ditimbulkan jika kita menggunakan energi listrik secara berlebihan?

Jika kita menggunakan energi listrik secara berlebihan maka energi listrik akan habis. Karena energi listrik berasal dari berbagai jenis sumber daya alam, maka akan terjadi kerusakan lingkungan.

Demikian pembahasan mengenai Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *