Sumber Daya Alam Mineral dan Hayati

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Sumber Daya Alam Mineral dan Hayati. Pembahasan akan fokus kepada sumber daya alam hayati dan manfaatnya, apa yang terjadi jika sumber daya alam digunakan secara berlebihan, mengapa sumber daya alam mineral termasuk sumber daya alam yan tidak dapat diperbaharui, dan cara menjaga kelestarian sumber daya alam.

Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Alam Hayati

Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Ada sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semantara sumber daya alam hayati seperti tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

1. Sumber Daya Alam Mineral

Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Jenis sumber daya alam ini memerlukan waktu yang sangat lama dalam pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya ini digunakan untuk kebutuhan hidup manusia.

Sumber daya alam yang dimaksud berupa batuan dan bahan tambang. Batuan dapat berupa pasir, tanah liat dan semen. Sementara bahan tambang berupa emas, besi, batu bara, dan minyak bumi.

2. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Sumber daya alam tersebut sering dimanfaatkan sebagai sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir dapat terjadi karena sungai-sungai yang tidak dipelihara dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar baik bagi manusia mapn makhluk hidup lainnya.

Tuliskanlah sumber daya alam hayati yang terdapat di sekitarmu beserta manfaatnya pada tabel di bawah ini!

Pembahasan:

NoSumber Daya Alam HayatiManfaat
1.PadiMakanan
2.AirMinuman
3.AyamMakanan
4.Buah-buahanMakanan
5.SapiMakanan

Menurtmu, apa yang akan terjadi jika sumber daya alam digunakan secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia?

Pembahasan:
jika sumber daya alam digunakan secara berlebihan untuk memenuhi kebutuhan manusia maka sumber daya alam itu akan mengalami kerusakan yang mengakibatkan bencana atau sumber daya alam tersebut akan menjadi langka bahkan punah.

Mengapa sumber daya alam mineral termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui?

Pembahasan:
Karena sumber daya alam mineral memerlukan waktu yang sangat lama dalam proses pembentukannya. Waktunya tidak sebanding dengan cepatnya sumber daya ini digunakan untuk kebutuhan hidup manusia.

Bagaimana cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam?

Pembahasan:
Cara saya menjaga kelestarian sumber daya alam adalah dengan menghemat penggunaan sumber daya alam tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *