Akurat dan Terpercaya
UT  

Soal UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 dan Pembahasan Tahun 2022

Soal UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 dan Pembahasan Tahun 2022

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini Osnipa akan membahas Soal UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 dan Pembahasan Tahun 2022. Jadikan pembahasan ini sebagai referensi, utamakan jawaban sendiri. Semoga bermanfaat.

Soal UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 dan Pembahasan Tahun 2022

1. Bu Dea guru kelas 4 di SD ”X” Propinsi Jawa Barat melaksanakan pembelajaran berdasarkan Tema/Subtema serta cakupan mata pelajaran sesuai dengan yang dimuat pada kurikulum 2013. Temanya ”indahnya kebersamaan” sub tema ”keberagaman budaya bangsaku” . Tema ini memuat mata pelajaran bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Dan model yang digunakan dalam pembelajarannya adalah model PBL, dan pendekatan saintifik. Berdasarkan KD 3 Bahasa Indonesia Bu Dea menyajikan teks tentang alat- alat musik khas jawa barat. Dari teks tersebut Bu Dea menjelaskan sifat-sifat bunyi dari alat musik yang ada pada teks (mata pelajaran IPA tentang sifat bunyi), serta membahas cara pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya (mata pelajaran IPS tentang keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat). Satu tahun kemudian Bu dea mutasi ke Propinsi Sumatra Barat, dan pada saat melaksanakan pembelajaran di kelas 4 dengan tema yang sama, dalam pelaksanaan pembelajarannya Bu Dea menyampaikan materi serta model yang digunakan dalam pembelajarannya persis sama seperti ketika mengajar setahun lalu di propinsi Jawa Barat.

a. Berdasarkan kasus tersebut coba analisis apakah landasan pembelajaran yang digunakan Bu Dea ketika mengajar di Propinsi Jawa barat dengan di Propinsi Sumatra Barat sama ? Uraikan alasannya!

Pembahasan:
Landasan yang digunakan oleh Bu Dea saat mengajar di Provinsi Jawa Barat dan di Sumatra Barat berbeda. Saat mengajar di Provinsi Jawa Barat, Bu Dea menggunakan landasan sosial-budaya. Dalam pembelajaran di Jawa Barat, Bu Dea memasukkan kondisi sosial-budaya yang ada di sana seperti menyajikan teks tentang alat musik khas di Jawa Barat, sifat-sifat bunyi dari alat musik tersebut, serta pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya. Hal ini menunjukkan bahwa Bu Dea memahami bahwa keberhasilan proses pembelajaran dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, kehidupan masyarakat dengan segala karakteristik dan kekayaan budayanya.
Sementara saat mengajar di Sumatra Barat, Bu Dea tidak menggunakan landasan sosial-budaya. Di mana dalam proses pembelajaran Bu Dea justru menggunakan materi yang sama dengan saat mengajar di Jawa Barat. Siswa akan mengalami kesulitan memahami materi di mana alat-alat musik dalam materi tidak pernah mereka temukan dalam keseharian.

b. Coba klasifikasikan (mana yang termasuk) ke dalam jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu dari berbagai aspek yang dikembangkan bu Dea saat kegiatan pembelajaran di Propinsi Jawa Barat!

Pembahasan:
Jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu yang dikembangkan Bu Dea saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di Provinsi Jawa Barat:
1. Landasan Filosofis.
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Bu Dea menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Hal ini sesuai dengan aliran progresivisme yang memandang bahwa dalam proses pembelajaran, siswa harus lebih sering dihadapkan pada persoalan-persoalan yang harus mendapatkan pemecahan atau bersifat problem solfing.
2. Landasan Sosial-Budaya
Dalam pembelajaran Bu Dea, sudah menyesuaikan kepada lingkungan, kehidupan masyarakat, karakteristik dan kekayaan budaya di mana siswa berada. Hal ini tampak dari teks yang disajikan adalah teks tentang alat musik khas dari Jawa Barat, Sifat-sifat bunyi yang dianalisis oleh siswa juga mengacu kepada alat musik tersebut, serta Bu Dea juga membahas pengembangan ekonomi di Jawa Barat mengenai bambu dan kayu yang ada disekitarnya untuk diolah menjadi alat musik khas Jawa barat serta strategi cara pemasarannya.

2. Bu Risa guru kelas 1 SD “Z” melaksanakan pembelajaran Tema “Benda, Hewan dan Tumbuhan di Sekitarku “ Sub Tema “Hewan di Sekitarku”, mata pelajaran yang dimuat pada tema ini Bahasa Indonesia, PPKN, dan SBDP. KD 3 Bahasa Indonesia Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah, KD 3 PPKN Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan KD 3 SBDP Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.
Untuk pembelajarannya, Bu Risa membuat teks berjudul ” Kucing peliharaanku”. Pada teks tersebut mengungkapkan tentang gerak anggota tubuh kucing,. Serta cara pemeliharaan kucing. Media yang digunakannya: (1) Teks bacaan berjudul “kucing peliharaanku”, (2) Video tentang Gerakan anggota tubuh kucing. Melalui teks tersebut Bu Risa membimbing anak untuk membaca teks hingga anak dapat mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih, dan kalimat mengungkapkan pernyataan ajakan. Di akhir pembelajaran Bu Risa memberi tugas siswa untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaannya.

a. Berdasarkan kasus tersebut apakah semua kegiatan pembelajaran yang dikembangkan Bu Risa sudah sesuai dengan landasan-landasan pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya!

Pembahasan:
Kegiatan yang dilakukan oleh Bu Risa sudah sesuai dengan landasan-landasan pembelajaran terpadu. Landasan yang dimaksud adalah landasan filosofis, landasan IPTEK, dan landasan sosial-budaya. Landasan filosofis Bu Risma merancang pembelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman langsung dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Landasan IPTEK, Bu Risma merancang pembelajaran dengan menghadirkan IPTEK dalam media pembelajaran. Landasan sosial-budaya, dalam materi pembelajaran Bu Risma memanfaatkan lingkungan sehingga dekat dengan siswa.

b. Coba klasifikasikan (mana yang termasuk) ke dalam jenis-jenis landasan pembelajaran terpadu dari berbagai aspek yang dikembangkan Bu Risa saat kegiatan pembelajaran!

Pembahasan:
1. Landasan filosofis
Dalam kegiatan pembelajaran, Bu Risma membimbing anak untuk membaca teks hingga anak dapat mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih, dan kalimat mengungkapkan pernyataan ajakan. Hal ini sejalan dengan aliran konstruktivisme di mana pengetahuan siswa tidak ditransfer dari guru ke siswa, namun diinterprestasikan sendiri oleh masing-masing siswa. Siswa mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, dalam hal ini pengetahuan yang dikontruksi oleh siswa BU Risma adalah mengklasifikasikan kalimat.
Bu Risma juga memberikan tugas untuk membuat laporan hasil pengamatan tentang gerakan anggota tubuh hewan peliharaannya. Ini menunjukkan Bu Risma berusaha agar siswanya melihat pengalaman langsung siswa (direct experience).
Selain itu, materi yang diberikan oleh Bu Risma tentang mengklasifikasikan kalimat yang mengungkapkan penyampaian terima kasih, dan kalimat mengungkapkan pernyataan ajakan sangat bermanfaat bagi siswa secara aktual. Sehingga siswa menyadari apa yang mereka pelajari memiliki manfaat bagi kehidupan mereka nanti.
2. Landasan sosial-budaya
Dalam pembelajaran Bu Risma menggunakan kucing dalam materi pembelajaran. Sebagaimana kita ketahui, bahwa kucing merupakan hewan yang ada dalam lingkungan keseharian anak. Selain itu, Bu Risma juga menugaskan siswa untuk membuat laporan pengamatan hewan peliharaan. Hal ini menunjukkan bahwa Bu Risma juga memperhatikan lingkungan dalam melaksanakan pembelajaran.
3. Landasan IPTEK
Dalam pembelajaran, Bu Risma mengahdirkan video kucing sebagai media pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa Bu Risma menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

3. Pa Hendri Melaksanakan pembelajaran di kelas 4 dengan tema “selalu berhemat energi” sub tema “sumber energi” mencakup materi pembelajaran matematika, PPKN, dan SBDP. Langkah-langkah yang dilaksanakan dalam pembelajarannya sebagai berikut : (1) menyampaikan beberapa mata pelajaran (matematika, PPKN, dan SBDP) satu per satu dengan rinci , (2) membahas semua konsep-konsep secara mendalam dari masing-masing mata pelajaran, (3) pendekatan yang digunakan saintifik, (4) isi materinya disesuaikan dengan lingkungan dimana peserta didik tinggal, (5) untuk memudahkan pembelajarannya, Pa hendri memberi arahan pada peserta didik agar dapat mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang diintruksikannya.

a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Hendri sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya!

Pembahasan:

b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari beberapa mata pelajaran yang sama dengan Pa Hendri? Tuliskanlah dengan rinci

Pembahasan:

4. Pa Tono melaksanakan pembelajaran di kelas 5 dengan tema “peristiwa kehidupan “ sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah” mencakup mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS. Langkah – langkah pembelajaran yang dilakukan Pa Tono sebagai berikut : (1) mengembangkan bahan ajar dan media berlandaskan pada sub tema “peristiwa kebangsaan masa penjajah”. (2) menyampaikan konsep-konsep yang ada pada sub tema tersebut berdasarkan pada kompetensi dasar tiga mata pelajaran tersebut. (3) Agar tujuan pembelajaran tercapai Pa Tono berupaya menjelaskan materi dari konsep-konsep yang dimuat pada sub tema dengan rinci, (4) cara menjelaskan materi tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang ada di sekitar lingkungan anak, (5) Pa Tono memberi instruksi agar peserta didik mengikuti apa yang dilakukan Pa Tono.

a. Coba simpulkan apakah cara pembelajaran Pa Tono sudah sesuai dengan konsep pembelajaran terpadu? Uraikan alasannya!

Pembahasan:

b. Apakah ada langkah yang akan diperbaiki dari proses pembelajaran apabila anda akan melaksanakan pembelajaran dari sub tema yang sama dengan Pa Tono? Tuliskanlah dengan rinci

Pembahasan:

Demikian pembahasan mengenai Soal UAS THE Pembelajaran Terpadu di SD PDGK4205 dan Pembahasan Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Responses (19)

  1. 1. Pak Beni membuat sebuah proposal penelitian dengan latar belakang sebagai berikut:
    Dari pengamatan peneliti, siswa di SMP XYZ memiliki Self esteem yang masih tergolong
    rendah. Hal ini dapat terlihat dari (1) siswa masih menunggu jawaban teman dan gurunya sehingga
    siswa masih pasif, (2) siswa tidak memiliki keyakinan (ragu-ragu) atas dirinya sendiri dalam
    mengemukakan pendapatnya. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika
    yang mengajar di kelas VIII SMPN XYZ menyampaikan ternyata faktor penyebabnya adalah siswa
    mengaku masih takut salah, belum berani mengungkapkan pendapat dan sebagian ada yang
    mengatakan tidak menyukai matematika dan tidak memahaminya.
    Salah satu model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran abad 21 adalah model
    pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran berbasis
    masalah berawal dari sebuah masalah untuk membangun pengetahuan dan ketrampilan
    matematik dalam konteks yang relevan. Sehingga peran para guru adalah untuk menyajikan
    berbagai masalah kontekstual dengan tujuan untuk memotivasi siswa, membangkitkan gairah
    siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa, belajar terfokus pada penyelesaian masalah sehingga
    siswa berminat untuk belajar, menemukan konsep, dan adanya interaksi berbagi ilmu antara siswa
    dengan siswa, siswa dengan guru.
    Disisi lain, penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang sangat
    efektif untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Seiring dengan kemajuan
    Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, termasuk
    dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep pembelajaran berbantuan komputer. Dengan
    media komputer, pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan efisien untuk mencapai daya
    matematika. Dengan dibantu media komputer memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan
    kreatif. Mengingat penggunaan media sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran
    dan juga diperlukan inovasi dalam pembelajaran agar dapat menstimulasi minat siswa dengan
    pembelajaran yang menarik, maka media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media
    pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan aplikasi Autograph.
    Berdasarakan latar belakang tersebut, buatlah dua buah rumusan masalah penelitian

    2. Dari contoh kasus pada soal nomor 1, jika kelas VIII SMPN XYZ terdapat sepuluh kelas dan pak
    Beni akan memilih sampel. Sampel yang dipilih adalah siswa perempuan yang berasal dari seluruh
    kelas VIII SMPN XYZ, dengan ketentuan setiap kelas dipilih lima orang sebagai sampel.
    Tentukanlah:
    a. Jenis sampel probabilitas yang dapat dipilih
    b. Tuliskan tiga langkah-langkah pengambilan sampel yang dilakukan pak Beni

    3. Dari contoh kasus pada soal nomor 1, kembangkanlah sebuah instrumen kuesioner dengan enam
    butir pertanyaan yang memenuhi kriteria sistematika kuesioner

  2. PDGK4502
    Kak tolong dibahas soal ini ya kak
    1. Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam
    pembelajaran.
    “3.5. Mengalikan bilangan bulat menggunakan model konkret”
    Rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP untuk KD di atas adalah sebagai berikut.
    “Melalui melakukan eksplorasi dengan kancing warna, siswa dapat mengalikan dua bilangan bulat
    menggunakan model konkret dengan tepat.”
    Bagaimanakah kriteria rumusan tujuan pembelajaran yang tepat dan bagaimanakah pendapat
    Anda tentang rumusan tujuan pembelajaran di atas?

    2. Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar aspek pengetahuan berikut dalam
    pembelajaran.
    “3.2. Memahami pengertian energi dan kalor”
    Bagaimanakah kriteria rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok yang tepat, dan
    bagaimanakah rumusan indikator pencapaian kompetensi kunci/pokok untuk KD di atas?
    3. Seorang guru akan mengajarkan kompetensi dasar tertentu dengan tujuan pembelajaran dalam
    RPP sebagai berikut.
     Melalui mengamati benda-benda di sekitar kelas, siswa dapat menunjukkan contoh benda-
    benda berbentuk kubus dengan tepat
     Melalui mendiskusikan unsur-unsur pada bangun ruang berbentuk kubus, siswa dapat
    membedakan sisi, rusuk, dan titik sudut dengan tepat
     Melalui menyimak penjelasan guru dan bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan tiga ciri
    bangun ruang berbentuk kubus dengan tepat
    Metode pembelajaran apa sajakah yang sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas dan
    bagaimanakah kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran tersebut?
    4. Seorang guru akan melakukan penilaian terhadap penguasaan kompetensi dasar aspek
    pengetahuan berikut.
    “Menganalisis hubungan berbagai bentuk bangun datar”
    Rancanglah indikator soal dan instrumen penilaian yang sesuai dengan KD di atas!

  3. 1. Pak Beni membuat sebuah proposal penelitian dengan latar belakang sebagai berikut:
    Dari pengamatan peneliti, siswa di SMP XYZ memiliki Self esteem yang masih tergolong
    rendah. Hal ini dapat terlihat dari (1) siswa masih menunggu jawaban teman dan gurunya sehingga
    siswa masih pasif, (2) siswa tidak memiliki keyakinan (ragu-ragu) atas dirinya sendiri dalam
    mengemukakan pendapatnya. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika
    yang mengajar di kelas VIII SMPN XYZ menyampaikan ternyata faktor penyebabnya adalah siswa
    mengaku masih takut salah, belum berani mengungkapkan pendapat dan sebagian ada yang
    mengatakan tidak menyukai matematika dan tidak memahaminya.
    Salah satu model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran abad 21 adalah model
    pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran berbasis
    masalah berawal dari sebuah masalah untuk membangun pengetahuan dan ketrampilan
    matematik dalam konteks yang relevan. Sehingga peran para guru adalah untuk menyajikan
    berbagai masalah kontekstual dengan tujuan untuk memotivasi siswa, membangkitkan gairah
    siswa, meningkatkan aktivitas belajar siswa, belajar terfokus pada penyelesaian masalah sehingga
    siswa berminat untuk belajar, menemukan konsep, dan adanya interaksi berbagi ilmu antara siswa
    dengan siswa, siswa dengan guru.
    Disisi lain, penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang sangat
    efektif untuk digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Seiring dengan kemajuan
    Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, termasuk
    dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep pembelajaran berbantuan komputer. Dengan
    media komputer, pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan efisien untuk mencapai daya
    matematika. Dengan dibantu media komputer memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan
    kreatif. Mengingat penggunaan media sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran
    dan juga diperlukan inovasi dalam pembelajaran agar dapat menstimulasi minat siswa dengan
    pembelajaran yang menarik, maka media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media
    pembelajaran berbasis komputer dengan penggunaan aplikasi Autograph.
    Berdasarakan latar belakang tersebut, buatlah dua buah rumusan masalah penelitian
    20
    2. Dari contoh kasus pada soal nomor 1, jika kelas VIII SMPN XYZ terdapat sepuluh kelas dan pak
    Beni akan memilih sampel. Sampel yang dipilih adalah siswa perempuan yang berasal dari seluruh
    kelas VIII SMPN XYZ, dengan ketentuan setiap kelas dipilih lima orang sebagai sampel.
    Tentukanlah:
    a. Jenis sampel probabilitas yang dapat dipilih
    b. Tuliskan tiga langkah-langkah pengambilan sampel yang dilakukan pak Beni
    20
    3. Dari contoh kasus pada soal nomor 1, kembangkanlah sebuah instrumen kuesioner dengan enam
    butir pertanyaan yang memenuhi kriteria sistematika kuesioner

    4. Rendahnya hasil ujian nasional mata pelajaran Matematika yang disajikan pada diagram berikut:
    Tentukanlah analisis kecenderungan sentra data dari tersebut

  4. 1. Pak Ahmad adalah seorang Guru. Ia memiliki ketertankan menanam tanaman cabai di pekarang rumahnya dengan memanfaatkan bibit cabainya dari toko online yang ada. Singkat waktu, tanaman cabai yang dimiliki Pak Ahmad ini memiliki karakter buah yang berbeda-beda ada yang buahnya besar dan tidak pedas, ada juga yang buahnya kecil tapi rasanya pedas. Pada kondisi tersebut Pak Ahmad memiliki keinginan untuk memiliki tanaman cabai dengan karakteristik kecil dan rasanya

    2. pedas namun terbatas sama ilmu/pengetahuan tentang ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, Jika Saudara dalam posisi Pak Ahmad, setelah mempelajari tentang pemuliaan tanaman, rancanglah sebuah solusi permasalahan tentang pemuliaan tanaman cabai dengan kombinasi ilmu pemuliaan tanaman dan bioteknologi dengan benar! Dunia Kesehatan akhir-akhir ini dihebohkan dengan fenomena Gagal Ginjal Akut Misterius pada anak Data dari Kemenkes hingga tanggal 3 November 2022 tercatat 323 kasus, dengan 190 Meninggal (Sumber: Kompas.com) Fenomena ini tentu menjadi momok dan menimbulkan efek kekhawatiran bagi masyarakat khususnya orang tua dan anak tentang persebaran kasus tersebut.

    Sebagai masyarakat Pendidikan, kita memiliki peran besar untuk ikut serta melakukan cara-cara yang edukatif untuk membantu meminimalisir kekhawatiran tersebut, salah satunya adalah mengedukasi masyarakat tentang apa itu gagal ginjal akut, gejalanya, penyebabnya, upaya penyembuhan dan ajakan untuk terus menjaga Kesehatan tubuh. Jika Saudara berprofesi sebagai Guru Sekolah Dasar (SD), Rancanglah sebuah poster yang dapat menjawab tantangan tersebut untuk siswa SD!

    3. Astri dan Lia seorang siswa kelas 6 SD hendak pulang dari sekolahnya. Astri hendak merapikan kerudungnya sebelum pulang sekolah, namun ia kesulitan untuk mencari cermin. Lia menyarankan untuk bercermin menggunakan kaca spion sepeda motor yang terparlor di halaman sekolah saja. Selama merapikan kerudung, rasa ingin tahu Astri muncul “Lia, kenapa ya, saat kita bercermin menggunakan kaca spion ini, pandangan kita terhadap lingkungan di belakang spion lebih luas dibandingkan dengan cermin biasa?”

    Jika kalian di posisi Lia, apa jawaban yang bisa kita sampaikan jika dikaitkan dengan pemahaman bayangan pada cermin spion dan Ilustrasikan pembentukan bayangannya!

    4. Ali dan Nisa berencana akan liburan Tahun Baru ke Australia selepas Ujian Akhir Semester (UAS) pada akhir bulan Desember 2022 Januan 2023. Mereka menyiapakan rencana liburannya dengan sangat baik dari mulai tiket, penginapan sampai pakaian yang akan dipakai selama di Australia. Ali dan Nisa sepakat untuk mencari Jaket, sweater dan baju yang tebal untuk dipakai selama tinggal di Australia.

    Merujuk pada rencana Ali dan Nisa, bagaimana pandanganmu? Apakah rencana persiapan yang dilakukan Ali dan Nisa sudah tepat/belum? Sertakan alasannya. Jika kalian menjawab belum tepat. berikan saran terbaik untuk Ali dan Nisal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *