Akurat dan Terpercaya
Indeks
UT  

Soal UAS THE Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK4010) dan Pembahasan

Soal UAS THE Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK4010) dan Pembahasan

Hai pengunjung Osnipa, berikut ini kami akan membahas soal yang dikirim ke kami. Kali ini kami akan membahas Soal UAS THE Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK4010) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Soal UAS THE Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK4010) dan Pembahasan

1. Anda akan mengajarkan pelajaran matematika topik pengukuran sudut kepada siswa kelas 5 SD Arga Makmur. Untuk membantu Anda dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran, isilah tabel perencanaan di bawah ini sesuai dengan kompetensi dan materi tersebut! Gunakanlah model ASSURE yang sudah Anda pelajari!

A = Analisis SiswaS = Sebutkan KompetensiS = Sebutkan metode-media-bahanU = Upayakan gunakan metode-media-bahanR = Rancang bentuk partisipasi siswaE = Evaluasi
123456

Pembahasan:

A = Analisis SiswaS = Sebutkan KompetensiS = Sebutkan metode-media-bahanU = Upayakan gunakan metode-media-bahanR = Rancang bentuk partisipasi siswaE = Evaluasi
123456
Siswa kelas 5 SDSiswa mampu melakukan pengukuran sudutMetode : eksperiman, diskusi, ceramah

Media: Busur derajat, dan benda-benda yang memiliki sudut (buku, penggaris segitiga, paping, mainan berbantuk segi lima beraturan)

Materi: Menentukan sudut sebuah benda.
Kombinasi metode diskusi, ceramah, dan kegiatan eksperimen melakukan pengukuran yang dilakukan oleh siswa.(1) Menjelaskan cara mengukur sudut

(2) Siswa melakukan eksperimen untuk menentukan besar sudut dari benda-benda yang disiapkan.

(3) Mengajak siswa menyimpulkan hasil pengukuran.
Melihat hasil belajar siswa.

2. Bu Ratri mengajar di SD Tunas Mekar. Ia merencanakan mengajak siswanya untuk memepelajari provinsi-provinsi beserta ibukotanya yang ada di pulau Kalimantan. Bu Ratri menyadari bahwa siswanya banyak yang tidak suka menghafal. Untuk itu ia berencana membuat media display untuk dipajang di depan kelas sebagai media yang ia gunakan untuk membantu siswanya memahami provinsi-provinsi beserta ibukotanya yang ada di pulau Kalimantan. Buatlah Media Display yang dimaksud!

Pembahasan:

Media display provinsi di Kalimantan beserta ibukotanya

3. Bu Ririn adalah guru yang mengampu mata pelajaran IPA. Pada suatu kesempatan dia akan menyampaikan materi IPA pada topik pembiasan cahaya. Materi ini merupakan konsep abstrak sehingga menuntut siswa untuk menganalisis (ranah C4) materi IPA tersebut. Sebutkan media realita apa saja yang bisa digunakan dalam pembelajaran tersebut? Bagaimanakah langkah- langkah menggunakan media tersebut?

Pembahasan:
Media realita untuk menyampaikan materi IPA topik pembiasan cahaya:
(1) Gelas
(2) Air
(3) Pensil
Langkah-langkah menggunakan media:
(1) Tuangkan air ke dalam gelas.
(2) Masukkan pensil ke dalam gelas yang telah terisi air.
(3) Minta siswa mengamati pensil tersebut dan menganalisis mengapa hal tersebut dapat terjadi.

4. Salah satu pokok bahasan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah perilaku yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat. Pembelajaran ini bisa memanfaatkan lingkungan tempat tinggal siswa agar mata pelajaran tersebut mudah untuk dipahami. Bagaimana anda bisa melakukan hal tersebut? Jelaskan dengan 3 contoh!

Pembahasan:
Untuk pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan pokok bahasan perilaku yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat kita lakukan dengan memanfaatkan lingkungan tempat tinggal siswa. Kita dapat mengajak siswa untuk mengunjungi lingkungan tempat tinggal siswa untuk mengamati orang-orang yang bekerja bersama di sawah, kita juga dapat mengajak siswa ke pasar untuk mengajak siswa mengamati perilaku orang-orang di pasar.

Demikian pembahasan mengenai Soal UAS THE Komputer dan Media Pembelajaran (IDIK4010) dan Pembahasan. Jadikan jawaban dari Osnipa hanya sebagai referensi saja. Utamakan jawaban sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.