Soal Tentang Kerajaan Majapahit dan Pembahasan Untuk Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Berikut ini Osnipa akan memberikan Soal Tentang Kerajaan Majapahit dan Pembahasan.

Sebelum membahas soal, silakan disimak materi Kerajaan Majapahit melalui tayangan video berikut ini!

Soal Tentang Kerajaan Majapahit dan Pembahasan untuk Kelas 4 SD

1. Kapan Kerajaan Majapahit berdiri?

Kerajaan Majapahit berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1527 masehi.

2. Di manakah pusat Kerajaan Majapahit? Wilayah mana saja yang menjadi kekuasaan Kerajaan Majapahit?

Pusat Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Wilayah yang menjadi kekuasaan Kerajan Majapahit terbentang dari Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan hingga Indonesia Timur.

3. Apa hal yang dapat kamu teladani dari sosok Hayam Wuruk?

Hayam Wuruk membawa Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya. Hal ini membuktikan Hayam Wuruk merupakan raja yang bijaksana dan dicintai oleh rakyatnya. Kita dapat meneladani perjuangan Hayam Wuruk dalam membawa Kerajaan Majapahit ke puncak kejayaan dengan cara belajar dengan giat dan mengharumkan nama bangsa kita.

4. Apa tujuan Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa?

Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa sebagai tekad untuk menguasai pulau-pulau di Nusantara.

5. Apakah perjuangan Gajah Mada mempunyai pengaruh pada kehidupan bangsa Indonesia saat ini? Jelaskan jawabanmu dan berikan contoh!

Perjuangan Gajah Mada yang berhasil membuat Kerajaan Majapahit memiliki daerah kekuasaan yang luasnya hampir sama dengan luas Indonesia saat ini terus dikenang. Salah satu buktinya adalah digunakan nama Gajah Mada sebagai nama jalan utama sejumlah kota di Indonesia.

6. Hal baik apa yang dapat kamu contoh dari sikap Gajah Mada?

Hal baik yang dapat saya contoh dari sikap Gajah Mada adalah menepati janji (sumpah) serta semangat berjuang untuk mewujudkan cita-citanya.

7. Apakah Gajah Mada bisa disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit? Jelaskan!

Gajah Mada bisa disebut pahlawan pada masa Kerajaan Majapahit karena berkat perjuangannya, Majapahit berada dalam puncak kejayaan dan memiliki daerah kekuasaan yang sangat luas.

8. Bagaimana pendapatmu tentang Candi Penataran? Tuliskan pendapatmu tentang Candi Penataran dengan bahasamu sendiri!

Candi Penataran merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang sangat megah. Candi ini menggambarkan semangat perjuangan para tokoh dari Kerajaan Majapahit. Candi ini harus dijaga agar tetap lestari sebagai salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit sehingga dapat dinikmati oleh generasi muda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *