Menu
Akurat dan Terpercaya

Soal Psikologi Perkembangan Anak dan Pembahasan

Hai pengunjung Osnipa, berikut ini kami akan membahas soal-soal kiriman dari pengunjung yang dikirimkan melalui kolom komentar. Kali ini kita akan membahas mengenai Soal Psikologi Perkembangan Anak dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

1. Variabel Antara Perkembangan Empati Anak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menyampaikan cerita kepada anak ternyata tidak berpengaruh langsung terhadap perkembangan empati anak, tetapi ada variabel antara. Jelaskan apa maksudnya, dan variabel apa yang dimaksud.

2. Argumentasi Teoritis Pengaruh Status Nutrisi

Fithria dan T. Samsul Alam (2013) meneliti pengaruh status nutrisi terhadap perkembangan kognitif anak SD. Perkembangan kognitif mencakup tiga dimensi, yakni: dimensi kemampuan klarifikasi, kemampuan konservasi dan kemampuan penghilangan sifat egosentris. Jelaskan argumentasi teoritis mengenai pengaruh status nutrisi tersebut.

3. Kerangka Berpikir Mengenai Perkembangan Kemampuan Komunikasi

Perkembangan bahasa sangat erat hubungannya dengan kemampuan berkomunikasi. Keterlambatan perkembangan komunikasi terkait dengan perkembangan alat pendengaran, perkembangan penglihatan, perkembangan motorik dan fisik serta perkembangan perilaku. Susunlah suatu kerangka berpikir mengenai perkembangan kemampuan komunikasi dipengaruhi oleh perkembangan-perkembangan pendengaran, penglihatan, motorik dan perilaku.

4. Analisis Pola Makan Berpengaruh Terhadap Perkembangan Motorik Anak

Pola makan berpengaruh terhadap perkembangan motorik anak. Jelaskan alur berpikir yang dapat menerangkan bahwa analisis keterkaitan dua variabel tersebut dapat dilakukan secara statistik.

5. Langkah-Langkah Pelatihan Regulasi Emosi Anak

Pelatihan regulasi emosi dapat mempengaruhi secara positif perkembangan emosi yang berupa perilaku agresif, artinya, perilaku agresif anak menjadi berkurang. Kemukakan langkah-langkah pelatihan regulasi emosi anak sehingga dapat mengurangi perilaku agresif anak.

6. Hubungan Hasil Belajar dengan Kecerdasan Emosi

Hasil belajar sangat erat hubungannya dengan kecerdasan emosi, padahal hasil belajar adalah dimensi kognitif, sedangkan kecerdasan emosi adalah dimensi afektif. Jelaskan bahwa dalam struktur intelektual kedua dimensi itu saling berhubungan.

7. Perbedaan Perkembangan Perlindungan Diri dan Konformistik

Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk memahami tingkat perkembangan anak adalah Inventori Tugas Perkembangan. Dengan menggunakan instrumen ini, pendidik dapat mengetahui sampai dimana tingkat perkembangan anak. Jelaskan perbedaan yang mendasar capaian perkembangan anak pada tingkat perkembangan perlindungan diri dan tingkat perkembangan konformistik.

8. Skenario Pelatihan untuk Membimbing Perkembangan Emosi Anak

Memperbaiki emosi anak agar perkembangannya dapat dikontrol dapat dilakukan melalui pelatihan regulasi emosi. Susunlah skenario pelatihan untuk membimbing agar perkembangan emosi anak sesuai dengan yang seharusnya.

9. Bukti Eksistensi Prinsip Kontinyuitas Aspek Kognitif

Sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan, perkembangan anak usia pendidikan dasar juga menganut prinsip kontinyuitas. Tunjukkan bukti eksistensi prinsip kontinyuitas aspek kognitif sepanjang anak usia pendidikan dasar, beri coontoh.

10. Keterhubungan Struktur Intelektual Hasil Belajar dengan Kecerdasan Emosi

Hasil belajar sangat erat hubungannya dengan kecerdasan emosi, padahal hasil belajar adalah dimensi kognitif, sedangkan kecerdasan emosi adalah dimensi afektif. Jelaskan bahwa dalam struktur intelektual kedua dimensi itu saling berhubungan

Response (1)

  1. Rancangan Tugas Tutorial Ke: 1

    Kode dan Nama Mata Kuliah : PDGK 4500 Sumber Materi
    Tugas Akhir Program TAP
    Kompetensi Khusus/TIK:
    Menjelaskan konsep pembelajaran IPS dan cara menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran IPS.
    Uraian Tugas :
    Ibu Eni mengajar IPS di Kelas VI dengan materi ”Globalisasi”. Adapun langkah- langkahnya adalah sebagai berikut :
    Ibu Eni : ”Siapa yang pernah makan Hamburger ?”
    Siswa : ”saya Bu ”
    Ibu Eni : ”dari mana asalnya makanan Hamburger ? ”
    Siswa : ”dari Amerika Bu” .

    Setelah memberikan apersepsi Ibu Eni menyuruh siswa membuka buku IPS, kemudian Ibu Eni menjelaskan kepada siswa tentang pengertian globalisasi dan perubahan perilaku masyarakat setelah adanya globalisasi. Dalam menjelaskan Ibu Eni memberikan contoh-contoh tentang perubahan tingkah laku masyarakat tersebut. Selanjutnya Ibu Eni menyampaikan kepada siswa untuk melakukan kerja kelompok dengan topik ”bukti-bukti pengaruh globalisasi di negara Indonesia’.
    Diakhir pembelajaran Ibu Eni mengadakan tes kepada siswa untuk mengukur keberhasilan pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan kasus pembelajaran di atas
    :
    1. Identifikasilah kemungkinan adanya hal-hal positip dan kelemahan yang dilakukan oleh Ibu Eni dalam pembelajaran IPS
    2. a. Rancanglah LKS tentang bukti-bukti pengaruh globalisasi di negara Indonesia (minimal 2 butir soal)
    b. Rancanglah alat evaluasinya minimal 4 butir soal (essay tes)
    3. Buatlah langkah-langkah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang bervariasi serta menggunakan pendekatan
    konstruktivisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *