Menu
Akurat dan Terpercaya

Soal Profesi Keguruan (MKDK4005) dan Pembahasan

  • Share
Soal Profesi Keguruan (MKDK4005) dan Pembahasan

Hai Bapak/Ibu guru SD, berikut ini Osnipa akan membahas Soal Profesi Keguruan (MKDK4005) dan Pembahasan. Pembahasan ini merupakan hasil pemikiran Tim Osnipa. Silakan dijadikan referensi dalam membuat soal. Pembahasan dapat dikembangkan sesuai dengan pemikirian sendiri. Semoga bermanfaat.

Soal Profesi Keguruan (MKDK4005) dan Pembahasan

1. Seorang guru ingin mengajar pencemaran lingkungan dikelas IX. Selama ini, ia mengajar pencemaran lingkungan tanpa bantuan media apapun kecuali papan tulis dan buku paket. Saat ini, ia ingin peserta didiknya mengetahui dengan benar berbagai macam pencemaran lingkungan, penyebab dan akibat dari pencemaran lingkungan. Ia merasa selama ini pelajaran yang diberikan hanya dihafal, tanpa memahami konsepnya. Berikan rekomendasikan Anda, media pembelajaran yang tepat untuk mencapai sasaran pembelajarannya! Berikanlah alasan atas rekomendasi Anda!

Pembahasan:
Agar peserta didik dapat mengetahui dengan benar berbagai macam pencemaran lingkungan, penyebab dan akibat dari pencemaran lingkungan, media pembelajaran yang cocok digunakan oleh guru berupa film atau video tentang pencemaran lingkungan. Kita bisa mengambil film atau video pencemaran lingkungan melalui Youtube. Dengan mengamati tayangan film atau video, siswa akan lebih memahami macam-macam pencemaran lingkungan dan akibatnya karena bisa menyaksikan langsung meskipun melalui tayangan video. Tayangan video tentu lebih menari daripada gambar maupun penjelasan dari guru. Selain itu, melalui tayangan video, siswa juga akan lebih cepat membangun pola fikirnya. Mereka akan lebih interaktif mengajukan pertanyaan mengenai tayangan video. Tayangan video juga bisa kita manfaatkan untuk memancing diskusi peserta didik.

2. Kendala yang sering Pak Ari temui saat mengajar adalah mood siswa. Ada kalanya suatu hal di luar sekolah bisa mempengaruhi mood siswa saat belajar di kelas. Meski anak-anak biasanya mudah kembali ceria, ada kalanya Pak Ari perlu melakukan pendekatan lebih agar anak dapat menceritakan masalah mereka sebelum diajak membicarakan hal-hal lain. Selain itu, sesekali untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan, Pak Ari mengajak para siswa belajar di luar kelas. Hari itu, misalnya, Pak Ari mengajak mereka berkumpul di area halaman sekolah untuk belajar matematika dengan cara yang berbeda dari biasanya. Pak Ari meminta para siswa membuat barisan berdasarkan kelompok angka tertentu. Para siswa pun tampak antusias mengikuti instruksi-instruksi yang disampaikan. Pak Ari menjadi guru favorit siswa disekolahnya. Selain itu, Pak Ari juga pernah mendapat penghargaan guru terbaik dari pemerintah setempat akibat kekreatifan Pak Ari ketika mengajar. Wali siswa juga sering memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih kepada Pak Ari yang telah mengajar anaknya hingga lulus. Dari kasus di atas, analisislah bagaimana penerapan karakteristik profesionalisme Pak Ari!

Pembahasan:
Karakter profesional yang harus dimiliki oleh guru meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam kasus di atas, Pak Ari sudah menunjukkan keempat kompetensi tersebut.
(1) Kompetensi pedagogis merupakan kompetensi menguasai karakteristik peserta didik. Pak Ari sudah memiliki kompetensi tersebut. Dia mengenal kalau peserta didik dapat terganggu mood belajar karena suatu hal di luar sekolah. Oleh karena itu, dia selalu merancang pembelajaran yang menyenangkan.
(2) Kompetensi kepribadian. Pak Ari sudah memiliki kompetensi pribadi yang baik sehingga dia menjadi guru favorit di sekolah.
(3) Kompetensi sosial. Pak Ari sudah memiliki kompetensi sosial. Hal ini dibuktikan hubungan dengan orangtua/wali siswa juga sangat baik.
(4) Kompetensi profesional. Pak Ari juga telah memiliki kompetensi profesional terlihat dari kemampuan Pak Ari dalam mengajarkan materi pembelajaran sehingga peserta didiknya dapat lulus. Selain itu, Pak Ari juga mendapat penghargaan guru terbaik dari pemerintah setempat.

3. Ibu Bertin ingin mengajarkan peserta didik tentang tema menjaga lingkungan pada murid SD kelas IV. Rancanglah kegiatan utama pembelajaran yang harus dilakukan oleh Ibu Bertin, dengan memperhatikan metode dan media yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tema, sumber belajar yang dipilih, bimbingan dan arahan yang diberikan guru terhadap peserta didik!

Pembahasan:
Rancangan kegiatan utama pembelajaran:
Kegiatan Pendahuluan:
(1) Guru mengajak siswa mengamati gambar lingkungan yang terjaga dan lingkungan yang rusak.
(2) Guru mengajak siswa melakukan tanya jawab berkenaan dengan gambar.
(3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
(1) Peserta didik mengamati tayangan video mengenai kerusakan lingkungan. (eksplorasi)
(2) Peserta didik diajak berdiskusi mengenai dampak dari kerusakan lingkungan yang ada dalam video. (elaborasi)
(3) Peserta didik dibagi kedalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok diminta berdiskusi mengenai langkah-langkah menjaga lingkungan. (elaborasi)
(4) Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas. (konfirmasi)
(5) Guru memberikan tanggapan terhadap masing-masing hasil kelompok. (konfirmasi)

Kegiatan Penutup
(1) Guru menyimpulkan konsep yang ditemukan mengenai cara menjaga lingkungan
(2) Guru meminta siswa untuk membuat jurnal menjaga lingkungan di sekitar rumah sebagai pengayaan penerapan konsep.

4. Pembelajaran daring menuntut pendidik untuk lebih kreatif dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi , baik untuk pembelajaran maupun untuk kepentingan sendiri. Setyo adalah seorang guru kesenian, selama ini Pak Setyo melaksanakan pembelajaran secara luring sehingga ia mampu mengajarkan peserta didik secara langsung teknik melukis yang benar. Berikanlah rekomendasi program pengembangan kompetensi profesional yang tepat untuk Pak Setyo! Berikan alasan atas jawaban Anda!

Pembahasan:
Program pengembangan kompetensi profesional yang tepat untuk Pak Setyo adalah mengikuti pelatihan membuat video pembalajaran. Pak Setyo masih dapat mengajarkan teknik melukis yang benar kepada peserta didik dengan membuat video pembelajaran. Pak Setyo dapat merekam penjelasan maupun teknik melukis, kemudian hasil rekaman tersebut dibagikan ke siswa. Sehingga secara daring, Pak Setyo dapat memberikan pembelajaran dengan baik.

PERINGATAN: Ini hanya pemikiran dari tim Osnipa. Silakan jadikan referensi saja. Utamakan jawaban hasil pemikiran sendiri. Terimakasih 🙂

Demikian pembahasan mengenai Soal Profesi Keguruan (MKDK4005) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *