Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya
UT  

Soal Perspektif Global (PDGK4303) dan Pembahasan

Soal Perspektif Global (PDGK4303) dan Pembahasan

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini Osnipa akan memberikan referensi jawaban Soal Perspektif Global (PDGK4303) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Soal Perspektif Global (PDGK4303) dan Pembahasan

1. Ilustrasi

Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang sangat cepat, membawa dampak menyempitnya jarak antar bangsa di dunia. Pendidikan memiliki peran dalam membangun perspektif global peserta didik, agar dapar melihat sisi dunia dari berbagai sisi.

Pada saat ini materi pembelajaran di Sekolah Dasar belum sampai pada tatanan membahas permasalahan global, masih lebih banyak membahas tatanan lokal.

Perspektif global adalah suatu pandangan, di mana guru dan murid secara bersama-sama mengembangkan perspektif dan keterampilan untuk menyelidiki suatu yang berkaitan dengan isu global. Yang dimaksud dengan isu global antara lain isu lingkungan, hak asasi manusia, keadilan, studi tentang dunia, dan pengembangan pendidikan. Peserta didik harus belajar tentang dirinya dan dunia.

Guru harus terlebih dahulu memiliki perspektif global, berwawasan luas lalu membangun perspektif global peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Pada saat ini rendahnya minat belajar peserta didik menjadi masalah yang serius dalam dunia Pendidikan kita. Guru perlu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, termasuk dalam pembelajaran yang memuat karakter perspektif global. Dalam pembelajaran IPS di sekolah Dasar, guru dan murid masih belum terbiasa berkomunikasi tentang permasalahan-permasalahan global.

Pertanyaan:

Analisis dan uraikan aspek-aspek yang harus diperhatikan dari kebutuhan belajar siswa agar
pembelajaran IPS berbasis perspektif global berhasil dilaksanakan! Dalam hal ini analisis
kebutuhan belajar siswa dilakukan dengan memperhatikan aspek:

a. Kurikulum

Pembahasan:
Dalam kurikulum, pembelajaran IPS berbasis perspektif global wajib dibelajarkan di sekolah mulai dari sekolah tingkat dasar sampai dengan tingkat lanjutan. Di sekolah dasar sendiri, pembelajaran IPS berbasis perspektif global tertuang dalam kompetensi dasar IPS yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Salah satu materi yang berkenaan dengan perspektif global dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar adalah materi globalisasi. Dalam pembelajaran tersebut, siswa diajak untuk memahami globalisasi, dampak positif dan negatif, serta cara menghadapi globalisasi. (Mohon ditambahkan dengan jawaban sendiri, kami tidak menemukan di modul)

b. Metode pembelajaran

Dalam metode pembelajaran,

2. Ilustrasi

Perspektif global dalam berbagai bidang seperti iptek, transportasi, dan komunikasi internasional memiliki dampak negatif dan positif bagi generasi muda begitupun bagi peserta didik. Perkembangan iptek, transportasi, komunikasi internasional ini menerobos jarak dan waktu sehingga memudahkan pekerjaan manusia. Namun jika terjadi penyalahgunaan, akan memunculkan dampak negatif tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai salah satu contoh dampak negatif teknologi informasi yang disalahgunakan peserta didik, misalnya menggunakan berbagai aplikasi games yang tidak mendidik karena minim pengawasan dari orang tua.

Pertanyaan:

Lakukan analisis dan jabarkan hasilnya tentang bagaimana perspektif global mempengaruhi perkembangan iptek pada masa Covid 19, dan jelaskan pula dampak positif serta negatifnya!

Pembahasan:
Perspektif global adalah cara pandang dalam menghadapi atau mengatasi permasalahan atau isu global. Perkembangan IPTEK di masa pandemi Covid 19 tidak bisa lepas dari perspektif global. Perkembangan IPTEK ini bertujuan untuk mengatasi isu atau masalah yang ditimbulkan di masa Covid 19. Permasalahan yang banyak terjadi di masa pandemi Covid 19 adalah kesulitan untuk keluar rumah dan berkumpul. Hal ini menyebabkan segala kegiatan dilaksanakan dari rumah seperti WFH (Work From Home), BDR (Belajar Dari Rumah). Hal ini yang menyebabkan salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat adalah teknologi informasi komunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Selain itu, dibeberapa negara juga mulai dikembangkan teknologi pengantar barang dengan menggunakan drone, melayani pengunjung dengan menggunakan robot.

Dampak positif perkembangan IPTEK di masa pandemi Covid 19:
(1) Dapat mempermudah dalam melaksanakan kegiatan di masa pandemi seperti bekerja dari rumah maupun belajar dari rumah.
(2) Memberikan hiburan selama melaksanakan kegiatan dari rumah

Dampak negatif perkembangan IPTEK di masa pandemi Covid 19:
(1) Menambah beban pengeluaran karena harus mengeluarkan uang untuk membeli alat.
(2) Ketika berakhir pandemi, dikahwatirkan teknologi tersebut (drone dan robot) akan mengurangi lapangan kerja.
(3) Terjadi ketergantungan terhadap teknologi.

3. Ilustrasi

Indonesia sedang menghadapi berbagai isu global, baik di bidang ekonomi, pendidikan, politik, budaya serta bidang lainnya.

Isu penting yang harus segera dicarikan solusinya di bidang ekonomi agar bisa berkembang
kembali adalah dengan penciptaan lapangan kerja, serta pembangunan berkelanjutan seperti dalam infrastruktur. Namun di sisi lain, ada hal lain yang harus dicermati seperti meningkatnya hutang negara pada luar negeri. Isu global lain juga terjadi pada bidang politik, Pendidikan, serta budaya.

Pertanyaan:

Uraikan hasil kegiatan evaluasi yang harus Anda lakukan terhadap maksimum 6 isu dan masalah global di bidang ekonomi pada masa pandemi Covid 19!

Pembahasan:
Isu dan masalah global di bidang ekonomi pada masa pandemi Covid 19:
(1) Tingkat pengangguran tinggi karena PHK pegawai besar-besaran. Saat Pandemi Covid 19, sebagian besar negara-negara di dunia membatasi bahkan melarang warganya untuk keluar rumah termasuk bekerja. Hal ini tentu berimbas kepada perusahaan yang tidak bisa menghasilkan barang produksi. Hal ini yang menyebabkan perusahaan melakukan PHK secara besar-besaran. Dan banyak perusahaan dan industri yang akhirnya bangkrut.
(2) Harga tidak stabil karena kelangkaan barang konsumsi. Saat pandemi covid 19, kegiatan masyarakat sangat terbatas. Pabrik-pabrik tidak bisa beroperasi. Hal ini menyebabkan beberapa jenis barang konsumsi mengalami kelangkaan sehingga melonjak tinggi. Seperti masker medis, makanan, dan minyak goreng.
(3) Kegiatan ekspor dan impor barang terganggu. Pembatasan yang dilakukan oleh negara-negara yang terdampak Covid 19 menyebabkan kegaitan ekspor dan impor barang terganggu. Hal ini mempengaruhi perekonomian masyarakat.
(4) Anjloknya sektor pariwisata. Pandemi covid 19 juga memaksa negara-negara untuk melarang warganya untuk pergi maupun datang ke negaranya. Hal ini menyebabkan kunjungan wisatawan turun drastis dan berdampak kepada penduduk yang bekerja di sektor pariwisata.
(5) Terjadi krisis utang. Saat pandemi covid 19, masalah krisis utang terus memburuk sejak pandemi, baik di skala masyarakat, perusahaan, maupun pemerintahan. Mayoritas responden cemas krisis utang ini akan berujung pada maraknya kasus gagal bayar, kebangkrutan massal, atau terjadinya krisis likuiditas dalam beberapa tahun ke depan.

4. Buatlah sebuah contoh evaluasi dengan teknik observasi untuk menilai keaktifan siswa dalam berdiskusi pada model pembelajaran pembinaan konsep berbasis perspektif global di Sekolah Dasar!

Pembahasan:
Dalam pembelajaran konsep berbasis perspektif global di sekolah dasar, kegiatan diskusi dapat dilakukan dengan guru dalam suasana kelas (diskusi secara klasikal) maupun diskusi dalam kerja kelompok.

Contoh observasi keaktifan siswa dalam berdiskusi di dalam kelompok pada pembelajaran konsep berbasis perspektif global di sekolah dasar:

Aspek yang dinilaiSkor 3Skor 2Skor 1Skor 0
Aktif dalam diskusi kelompokAktif memberikan solusi pada diskusi kelompokMengikuti diskusi dengan aktif dan siap memberikan
bantuan tetapi belum bisa memberikan solusi
permasalahan
Aktif mengikuti diskusi tetapi tidak memberi solusi dan
bantuan
Kurang tanggap terhadap diskusi kelompok
Pendapat yang diberikanPendapat yang diberikan sesuai dengan permasalahan yang dibahas bahkan menjadi solusi permasalahanPendapat yang diberikan sesuai yang dibahasPendapat yang diberikan sedikit sesuai dengan permasalahan yang dibahasPendapat yang diberikan keluar dari permasalahan yang dibahas
Kedisiplinan dalam mengikuti diskusi kelompokDisiplin dan antusias dalam mengikuti diskusi kelompokDisiplin namun tidak antusias dalam mengikuti diskusi kelompokTidak disiplin, namun antusias mengikuti diksusi kelompokTidak disiplin dan tidak antusias dalam mengikuti diskusi kelompok

Demikian pembahasan mengenai Soal Perspektif Global (PDGK4303) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.