Menu
Akurat dan Terpercaya

Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan

Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan

Hai Bapak/Ibu guru SD, berikut ini Osnipa akan membahas soal yang masuk dari kolom komentar website Osnipa. Kali ini kita akan membahas Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat.

Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan

1. Seorang dosen Kristen dari Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Rusli Ginting, memberikan toleransi kepada mahasiswanya untuk berbuka puasa. Rusli Ginting, menoleransi waktu berbuka dan mentraktir makanan bagi mahasiswanya yang sedang berpuasa. Kisahnya diunggah Andi Triwahyudi, salah satu mahasiswa yang mengikuti kuliah Rusli, di media sosial. Saat mendengar suara azan Maghrib di tengah kuliah, Rusli segera menghentikan kegiatan dan mempersilakan mahasiswanya yang berpuasa untuk berbuka puasa. “Beliau bilang, ‘sudah azan ya, karena ini Ramadhan, maka bapak memberikan waktu 30 menit untuk berbuka puasa bagi yang Muslim, yang tidak berpuasa pun silakan beristirahat. Eh sebentar Bapak punya rezeki sedikit untuk kalian’,” ujar Andi yang berkuliah di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen S1. Kemudian, Rusli ke ruangan dosen dan membawa sekotak roti coklat dan sekotak minuman teh untuk para mahasiswanya. Padahal dalam kelas itu hanya ada enam atau tujuh mahasiswa Muslim yang
berpuasa dari 25 mahasiswa.
Berdasarkan wacana di atas, Apa pendidikan yang secara tidak langsung diajarkan oleh pak Rusli? Analisislah hubungan antara tindakan pak Rusli dengan kegiatan pendidikan!

Pembahasan:
Kegiatan yang dilakukan Pak Rusli sesuai dengan kegiatan pendidikan yaitu memanusiakan manusia. Kegiatan yang dilakukan Pak Rusli dengan memberikan contoh langsung dari penerapan toleransi bertujuan untuk menanamkan sikap-sikap toleransi pada mahasiswa. Pak Rusli memberikan contoh untuk selalu saling menghormati antar umat beragama. Hal ini sesuai dengan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk manusia yang bermartabat, saling menghormati hak asasi manusia.

2. Seorang pria berusia 50 tahun yang tak disebutkan namanya itu telah setia merawat dan menjaga sang ibu yang kini telah berusia 90 tahun. Yang membuat warga dunia terharu adalah kondisi sang anak. Pria itu memiliki keterbelakangan mental sejak masih kecil. Meski terkadang cukup sulit, sang anak tak pernah putus asa merawat sang ibu. Memberikan pelayanan yang terbaik untuknya dan mengurus semua kebutuhannya. Karena takut akan terjadi sesuatu pada ibunya, ia akan bekerja pada dini hari dan pulang saat fajar bertepatan disaat ibunya bangun. Pria ini menghasilkan uang dengan cara mengambil sampah untuk dijual kembali.
Sejatinya, sang ibu memiliki lima anak. Namun dua orang sudah meninggal sementara dua lainnya telah menikah dan memiliki keluarga sendiri. Hingga tersisa si bungsu yang sejak kecil selalu di rawat oleh ibunya karena memiliki keterbelakangan mental. Kini ibunya sudah tua, si bungsu kemudian yang mengambil alih untuk merawat segala kebutuhan ibunya. Meski hanya hidup dengan sang ibu yang telah berusia senja dan diselimuti beragam keterbatasan, pria ini tetap penuh semangat. Ia senantiasa memperlakukan sang ibu dengan perlakuan terbaiknya.
Berdasarkan kisah di atas, analisislah peran-peran keluarga yang membuat anak yang keterbelakangan mental mampu mengurus ibunya sebagai komponen pendidikan!

Pembahasan:
Keluarga merupakan bagian dari lingkungan tri pusat pendidikan. Dalam kasus tersebut, anak yang keterbelakangan mental sudah mendapatkan pendidikan dalam keluarga melalui pengalaman dan perlakukan yang dia dapat dari lingkungan keluarga (khususnya sang ibu) yang telah merawatnya dengan baik. Pengalaman ini yang membentuk anak keterbelakangan mental tersebut senantiasa memperlakukan ibunya dengan baik. Pola asuh anak dengan kasih sayang yang dilakukan oleh ibu, tanpa sadar, telah membentuk watak dan budi pekerti sang anak sehingga saat besar merawat ibunya dengan baik.

3. Masyarakat dataran tinggi Dieng adalah bagian dari Suku Jawa dan merupakan pemeluk agama Islam yang patuh dan taat. Disisi lain kebudayaan Jawa di sebagian masyarakat masih mendarah daging, masyarakat dataran tinggi Dieng termasuk pemeluk agama Islam yang sinktretisme. Misalnya masih adanya ritual adat Jawa yang berbau animisme dan dinamisme. Terutama pada tempat yang dianggap dan dipercayai masyarakat dataran tinggi Dieng sebagai tempat keramat dan berbagai mitos yang ada di dataran tinggi Dieng.
Kehidupan awal masyarakat Dieng tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Bali ,di kalangan masyarakat Hindu Bali, Dieng dianggap merupakan tempat asal-usul leluhur mereka, khususnya dalam pengembangan agama Hindu. Di Dienglah mula-mula ditemukan candi Hindu Siwaistis. Para pemuka agama di Bali mengunjungi Dieng setiap setahun sekali dalam upacara muspe atau mabakti. Dalam upacara ini, peziarah dari Bali mengambil air suci dari Gua Sumur, di pinggir tlaga warna / air pawitrasari. Masyarakat Dieng tidak menutup diri terhadap pengaruh hal-hal modern akan tetapi masih ada beberapa tradisi yang dipegang teguh seperti dalam acara adat perkawinan, khitanan, kematian, kelahiran, dan ruwatan dalam kebudayaan Jawa. Fenomena seperti ini sering terjadi pada masyarakat tradisional Jawa mengingat masyarakat tradisional Jawa masih percaya pada kekuatan di luar diri manusia.
Seperti masyarakat lain yang menghuni daerah pegunungan, masyarakat Dieng dikaruniai tanah yang sangat subur dan air jernih yang melimpah, Pertanian adalah mata pencaharian utama yang digeluti secara turun temurun oleh masyarakatnya. Komoditas utama yang dibudidayakan adalah Kentang yang pernah menjadi andalan utama perekonomian masyarakat Dieng, bahkan membawa perubahan sosial ekonomi yang luar biasa dan membuka modernisasi tersendiri bagi masyarakat Dieng, mulai dari bangunan rumahnya, alat transportasinya, peralatan pertaniannya dan sisi kehidupan lainnya.
Berdasarkan wacana di atas, analisislah unsur-unsur universal pada kebudayaan masyarakat Dieng!

Pembahasan:
Unsur-unsur universal kebudayaan di seluruh dunia:
1. bahasa
2. sistem pengetahuan
3. organisasi sosial
4. sistem peralatan hidup dan teknologi
5. sistem mata pencaharian untuk hidup
6. sistem religi
7. kesenian
Unsur-unsur universal pada kebudayaan masyarakat Dieng:
1. Bahasa : Masyarakat Dieng merupakan bagian dari Suku Jawa, sehingga bahasa yang digunakan bahasa jawa.
2. Sistem mata pencaharian untuk hidup : Seperti masyarakat lain yang menghuni daerah pegunungan, masyarakat Dieng dikaruniai tanah yang sangat subur dan air jernih yang melimpah, Pertanian adalah mata pencaharian utama yang digeluti secara turun temurun oleh masyarakatnya. Komoditas utama yang dibudidayakan adalah Kentang yang pernah menjadi andalan utama perekonomian masyarakat Dieng
3. Sistem religi : Masyarakat dataran tinggi Dieng termasuk pemeluk agama Islam yang sinktretisme Misalnya masih adanya ritual adat Jawa yang berbau animisme dan dinamisme. Terutama pada tempat yang dianggap dan dipercayai masyarakat dataran tinggi Dieng sebagai tempat keramat dan berbagai mitos yang ada di dataran tinggi Dieng.

4. Sejak beberapa tahun silam, Pemprov DKI terus mendorong warga beralih menggunakan transportasi umum demi perbaikan kualitas udara. Selain itu, kendaraan bermotor diwajibkan melakukan uji emisi. Jadi, kendaraan yang melalui Jakarta merupakan kendaraan yang sudah lulus uji emisi. Berbagai usaha dilakukan pemerintah Jakarta seperti perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Dan mulai menerapkan uji emisi diberbagai wilayah untuk menuju udara bersih Jakarta. adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor perlahan merubah kualitas udara.
Perbaikan kualitas udara dan juga langit biru di Jakarta lebih terlihat perubahannya sejak adanya Covid-19 yang membuat pemerintah melakukan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Berbagai pembatasan kegiatan masyarakat memang dilakukan guna menekan laju penyebaran COVID-19 di Jakarta. Misalnya, pembatasan di tempat kerja, fasilitas sosialfasilitas umum, transportasi umum, serta fasilitas lainnya. Pembatasan itu, membuat mobilitas warga Jakarta yang berpergian ke luar rumah berkurang. Rendahnya mobilitas warga itulah yang kemudian membuat pencemaran udara dari kendaraan umum dan tempat industri menjadi berkurang.
Berdasarkan wacana tersebut analisislah penyebab terjadinya perubahan sosial yang terjadi di Jakarta!

Pembahasan:
Penyebab perubahan sosial:
1. Tingginya pencemaran udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor menyebabkan Pemprov DKI mendorong warga untuk beralih menggunakan trasportasi umum ataupun penggunaan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda gayung.
2. Pandemi Covid-19 yang memaksa pemerintah melakukan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang menyebakan mobilitas warga menurun, karena lebih banyak warga yang tinggal dan bekerja dari rumah.

5. Sejak pandemi Covid-19 terjadi, proses pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan demi mencegah penyebaran virus. Oleh sebab itu Ibu Irma mengajarkan pelajaran kimia secara daring. ia menggunakan teleconference untuk mengajar dan mensharescreen materi dan media pembelajaran. namun metode ini tidak dapat dilakukan setiap harinya karena ada beberapa peserta didik yang terkendala dengan sinyal dan juga kuota internet. Untuk mensiasati hal tersebut bu Irma merancang kegiatan yang mudah mereka lakukan tanpa harus menggunakan sinyal yang kuat dan kuota. Seperti pada materi Asam Basa, Ibu irma memberikan LKPD praktikum untuk mengetahui keasaman/ kebasaan dari larutan yang ada disekitar mereka melalui wa group dan mengirimkan voice note mengenai cara penggunaanya. Peserta didik dapat mengerjakan sesuai dengan bahan-bahan yang ada disekitar mereka dan mengirimkan laporannya melalui wa group.
Analisislah faktor-faktor pendukung kemajuan inovasi pada kasus tersebut!

Pembahasan:
Faktor-faktor pendukung kemajuan inovasi:
1. Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi yang mempermudah guru untuk melaksanakan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan berbagai aplikasi seperti teleconference dan sebagainya.
2. Kreativitas guru yang berusaha mencari solusi dalam setiap kendala yang ditemukan dalam pembelajaran daring seperti menggunakan LKPD dan WA grup untuk siswa yang mengalami kesulitan sinyal.

Demikian Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan. Semoga bermanfaat. Jadikan pembahasan ini sebagai referensi. Akan lebih baik jika dikembangkan lagi. Terima kasih.

Responses (41)

  1. harga 1 kg buah mangga sama dengan 3 kali harga 1 kg buah rambutan. jika ibu membeli 4 kg mangga dan 2 kg rambutan,maka ia membayar rp 98.000. untuk kegiatan berbagi ibu membeli 10 kg mangga dan 12 kg rambutan.berapa uang yang harus ibu bayar ?

    1. Cara 1:
      Harga 1 kg mangga = harga 3 kg rambutan
      Harga 4 kg mangga + harga 2 kg rambutan = 98.000
      Harga (4 x 3 kg rambutan) + harga 2 kg rambutan = 98.000
      Harga 12 kg rambutan + harga 2 kg rambutan = 98.000
      Harga 14 kg rambutan = 98.000
      Harga 1 kg rambutan = 98.000 : 14 = 7.000
      Harga 4 kg mangga + harga 2 kg rambutan = 98.000
      Harga 4 kg mangga + 7.000 x 2 = 98.000
      Harga 4 kg mangga + 14.000 = 98.000
      Harga 4 kg mangga = 98.000-14.000
      Harga 4 kg mangga = 84.000
      Harga 1 kg mangga = 84.000 : 4 = 21.000
      Ibu membeli 10 kg mangga dan 12 kg rambutan
      Uang yang harus dibayar ibu = (10 x 21.000) + (12 x 7.000)
      Uang yang harus dibayar ibu = 210.000 + 84.000 = 294.000
      Jadi uang yang harus dibayar ibu Rp. 294.000

      Cara 2:
      Misalkan:
      Harga 1 kg mangga = M
      Harga 1 kg rambutan = R
      M = 3xR
      4M + 2R = 98.000
      4x3R + 2R = 98.000
      12R + 2R = 98.000
      14R = 98.000
      R = 7.000
      Karena R = 7.000, maka:
      4M + 2R = 98.000
      4M + 2 x 7.000 = 98.000
      4M + 14.000 = 98.000
      4M = 98.000-14.000
      4M = 84.000
      M = 21.000
      Dari cara di atas kita dapat R = 7.000 dan M = 21.000
      10 M + 12 R = 10 x 21.000 + 12 x 7.000 = 210.000 + 84.000 = 294.000
      Jadi uang yang harus dibayar ibu Rp. 294.000

      Semoga bermanfaat.

  2. Seorang dosen Kristen dari Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Rusli Ginting, memberikan toleransi kepada mahasiswanya untuk berbuka puasa. Rusli Ginting, menoleransi waktu berbuka dan mentraktir makanan bagi mahasiswanya yang sedang berpuasa. Kisahnya diunggah Andi Triwahyudi, salah satu mahasiswa yang mengikuti kuliah Rusli, di media sosial. Saat mendengar suara azan Maghrib di tengah kuliah, Rusli segera menghentikan kegiatan dan mempersilakan mahasiswanya yang berpuasa untuk berbuka puasa. “Beliau bilang, ‘sudah azan ya, karena ini Ramadhan, maka bapak memberikan waktu 30 menit untuk berbuka puasa bagi yang Muslim, yang tidak berpuasa pun silakan beristirahat. Eh sebentar Bapak punya rezeki sedikit untuk kalian’,” ujar Andi yang berkuliah di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen S1. Kemudian, Rusli ke ruangan dosen dan membawa sekotak roti coklat dan sekotak minuman teh untuk para mahasiswanya. Padahal dalam kelas itu hanya ada enam atau tujuh mahasiswa Muslim yang
    berpuasa dari 25 mahasiswa.
    Berdasarkan wacana di atas, Apa pendidikan yang secara tidak langsung diajarkan oleh pak Rusli? Analisislah hubungan antara tindakan pak Rusli dengan kegiatan pendidikan!

  3. Soal Pengantar Pendidikan (MKDK4001) dan Pembahasan
    1. Seorang dosen Kristen dari Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Rusli Ginting, memberikan toleransi kepada mahasiswanya untuk berbuka puasa. Rusli Ginting, menoleransi waktu berbuka dan mentraktir makanan bagi mahasiswanya yang sedang berpuasa. Kisahnya diunggah Andi Triwahyudi, salah satu mahasiswa yang mengikuti kuliah Rusli, di media sosial. Saat mendengar suara azan Maghrib di tengah kuliah, Rusli segera menghentikan kegiatan dan mempersilakan mahasiswanya yang berpuasa untuk berbuka puasa. “Beliau bilang, ‘sudah azan ya, karena ini Ramadhan, maka bapak memberikan waktu 30 menit untuk berbuka puasa bagi yang Muslim, yang tidak berpuasa pun silakan beristirahat. Eh sebentar Bapak punya rezeki sedikit untuk kalian’,” ujar Andi yang berkuliah di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen S1. Kemudian, Rusli ke ruangan dosen dan membawa sekotak roti coklat dan sekotak minuman teh untuk para mahasiswanya. Padahal dalam kelas itu hanya ada enam atau tujuh mahasiswa Muslim yang
    berpuasa dari 25 mahasiswa.
    Berdasarkan wacana di atas, Apa pendidikan yang secara tidak langsung diajarkan oleh pak Rusli? Analisislah hubungan antara tindakan pak Rusli dengan kegiatan pendidikan!

    2. Seorang pria berusia 50 tahun yang tak disebutkan namanya itu telah setia merawat dan menjaga sang ibu yang kini telah berusia 90 tahun. Yang membuat warga dunia terharu adalah kondisi sang anak. Pria itu memiliki keterbelakangan mental sejak masih kecil. Meski terkadang cukup sulit, sang anak tak pernah putus asa merawat sang ibu. Memberikan pelayanan yang terbaik untuknya dan mengurus semua kebutuhannya. Karena takut akan terjadi sesuatu pada ibunya, ia akan bekerja pada dini hari dan pulang saat fajar bertepatan disaat ibunya bangun. Pria ini menghasilkan uang dengan cara mengambil sampah untuk dijual kembali.
    Sejatinya, sang ibu memiliki lima anak. Namun dua orang sudah meninggal sementara dua lainnya telah menikah dan memiliki keluarga sendiri. Hingga tersisa si bungsu yang sejak kecil selalu di rawat oleh ibunya karena memiliki keterbelakangan mental. Kini ibunya sudah tua, si bungsu kemudian yang mengambil alih untuk merawat segala kebutuhan ibunya. Meski hanya hidup dengan sang ibu yang telah berusia senja dan diselimuti beragam keterbatasan, pria ini tetap penuh semangat. Ia senantiasa memperlakukan sang ibu dengan perlakuan terbaiknya.
    Berdasarkan kisah di atas, analisislah peran-peran keluarga yang membuat anak yang keterbelakangan mental mampu mengurus ibunya sebagai komponen pendidikan!

    3. Masyarakat dataran tinggi Dieng adalah bagian dari Suku Jawa dan merupakan pemeluk agama Islam yang patuh dan taat. Disisi lain kebudayaan Jawa di sebagian masyarakat masih mendarah daging, masyarakat dataran tinggi Dieng termasuk pemeluk agama Islam yang sinktretisme. Misalnya masih adanya ritual adat Jawa yang berbau animisme dan dinamisme. Terutama pada tempat yang dianggap dan dipercayai masyarakat dataran tinggi Dieng sebagai tempat keramat dan berbagai mitos yang ada di dataran tinggi Dieng.
    Kehidupan awal masyarakat Dieng tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat Bali ,di kalangan masyarakat Hindu Bali, Dieng dianggap merupakan tempat asal-usul leluhur mereka, khususnya dalam pengembangan agama Hindu. Di Dienglah mula-mula ditemukan candi Hindu Siwaistis. Para pemuka agama di Bali mengunjungi Dieng setiap setahun sekali dalam upacara muspe atau mabakti. Dalam upacara ini, peziarah dari Bali mengambil air suci dari Gua Sumur, di pinggir tlaga warna / air pawitrasari. Masyarakat Dieng tidak menutup diri terhadap pengaruh hal-hal modern akan tetapi masih ada beberapa tradisi yang dipegang teguh seperti dalam acara adat perkawinan, khitanan, kematian, kelahiran, dan ruwatan dalam kebudayaan Jawa. Fenomena seperti ini sering terjadi pada masyarakat tradisional Jawa mengingat masyarakat tradisional Jawa masih percaya pada kekuatan di luar diri manusia.
    Seperti masyarakat lain yang menghuni daerah pegunungan, masyarakat Dieng dikaruniai tanah yang sangat subur dan air jernih yang melimpah, Pertanian adalah mata pencaharian utama yang digeluti secara turun temurun oleh masyarakatnya. Komoditas utama yang dibudidayakan adalah Kentang yang pernah menjadi andalan utama perekonomian masyarakat Dieng, bahkan membawa perubahan sosial ekonomi yang luar biasa dan membuka modernisasi tersendiri bagi masyarakat Dieng, mulai dari bangunan rumahnya, alat transportasinya, peralatan pertaniannya dan sisi kehidupan lainnya.
    Berdasarkan wacana di atas, analisislah unsur-unsur universal pada kebudayaan masyarakat Dieng!

    4. Sejak beberapa tahun silam, Pemprov DKI terus mendorong warga beralih menggunakan transportasi umum demi perbaikan kualitas udara. Selain itu, kendaraan bermotor diwajibkan melakukan uji emisi. Jadi, kendaraan yang melalui Jakarta merupakan kendaraan yang sudah lulus uji emisi. Berbagai usaha dilakukan pemerintah Jakarta seperti perluasan MRT, BRT, LRT, revitalisasi trotoar, integrasi berbagai moda transportasi, dan pengembangan jalur khusus sepeda di seluruh kota. Dan mulai menerapkan uji emisi diberbagai wilayah untuk menuju udara bersih Jakarta. adanya peningkatan signifikan gaya hidup baru penggunaan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan dan adanya pengetatan kewajiban uji emisi bagi kendaraan bermotor perlahan merubah kualitas udara.
    Perbaikan kualitas udara dan juga langit biru di Jakarta lebih terlihat perubahannya sejak adanya Covid-19 yang membuat pemerintah melakukan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Berbagai pembatasan kegiatan masyarakat memang dilakukan guna menekan laju penyebaran COVID-19 di Jakarta. Misalnya, pembatasan di tempat kerja, fasilitas sosialfasilitas umum, transportasi umum, serta fasilitas lainnya. Pembatasan itu, membuat mobilitas warga Jakarta yang berpergian ke luar rumah berkurang. Rendahnya mobilitas warga itulah yang kemudian membuat pencemaran udara dari kendaraan umum dan tempat industri menjadi berkurang.
    Berdasarkan wacana tersebut analisislah penyebab terjadinya perubahan sosial yang terjadi di Jakarta!

    5. Sejak pandemi Covid-19 terjadi, proses pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan demi mencegah penyebaran virus. Oleh sebab itu Ibu Irma mengajarkan pelajaran kimia secara daring. ia menggunakan teleconference untuk mengajar dan mensharescreen materi dan media pembelajaran. namun metode ini tidak dapat dilakukan setiap harinya karena ada beberapa peserta didik yang terkendala dengan sinyal dan juga kuota internet. Untuk mensiasati hal tersebut bu Irma merancang kegiatan yang mudah mereka lakukan tanpa harus menggunakan sinyal yang kuat dan kuota. Seperti pada materi Asam Basa, Ibu irma memberikan LKPD praktikum untuk mengetahui keasaman/ kebasaan dari larutan yang ada disekitar mereka melalui wa group dan mengirimkan voice note mengenai cara penggunaanya. Peserta didik dapat mengerjakan sesuai dengan bahan-bahan yang ada disekitar mereka dan mengirimkan laporannya melalui wa group.
    Analisislah faktor-faktor pendukung kemajuan inovasi pada kasus tersebut!

  4. 1. Saudara pasti sudah hafal benar kepanjangan SAS. Masih ingat? Ya, benar, SAS merupakan singkatan dari ‘’Struktural Analitik Sintetik’’. Metode SAS merupakan salah satu jenis metode yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa di sekolah dasar. Metode ini mengawali pembelajarannya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat utuh. Mula-mula siswa disuguhi sebuah struktur yang memberi makna lengkap, yakni struktur kalimat. Hal ini dimaksudkan untuk membangun konsep-konsep yang utuh, ‟kebermaknaan” pada diri anak. Akan lebih baik jika struktur kalimat yang disajikan adalah struktur kalimat yang digali dari pengalaman berbahasa si pembelajar itu sendiri. Pembelajaran membaca permulaan dimulai dengan pengenalan struktur kalimat.Kemudian, melalui proses analitik, anak-anak diajak untuk mengenal konsep kata. Kalimat utuh yang dijadikan tonggak dasar untuk pembelajaran membaca permulaan ini diuraikan ke dalam satuan-satuan bahasa yang lebih kecil yang disebut kata. Proses penganalisisan atau penguraian ini terus berlanjut hingga pada wujud satuan bahasa terkecil yang tidak bisa diuraikan lagi, yakni huruf-huruf. Proses penguraian/penganalisian dalam pembelajaran membaca permulan dengan metode SAS, meliputi: (a) kalimat menjadi kata-kata (b) kata menjadi suku-suku kata, dan (c) suku kata menjadi huruf-huruf. Pada tahap selanjutnya, anak-anak didorong untuk melakukan kerja sintesis (menyimpulkan). Satuan-satuan bahasa yang telah terurai tadi dikembalikan lagi kepada satuannya semula, yakni dari huruf-huruf menjadi suku kata, suku-suku kata menjadi kata, dan kata-kata menjadi kalimat. Dengan demikian, melalui proses sintesis ini, anak-anak akan menemukan kembali wujud struktur semula, yakni sebuah kalimat utuh. Jika saudara mencermati proses pembelajarannya tentu saudara bisa melakukan analisa atau mengevaluasi kelebihan dan kekurangan metode SAS dalam pembelajaran membaca permulan. Deskripsikan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan jelas.

    2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak memerlukan pemahaman guru terhadap kompetensiyang diajarkan termasuk pendekatan/strategi/metode yang dipilih, materi (jenis teks yang disimak), dan karakter media yang digunakan. Buatlah rancangan pembelajaran menyimak permulaan di sekolah dasar dngan menggunakan strategi metakognitif yang saudara pahami

    3. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Dalam proses berbicara, seseorang akan mengalami proses berpikir untuk mengungkapkan ide dan gagasannya secara luas. Jelaskan pemilihan strategi berbicara dibedakan berdasarkan ada dan tidaknya teks.

    4. Aktivitas menulis apapun, pendukung utamanya adalah membaca. Menulis dan membaca berkaitan erat karena menulis itu membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Ketika menulis, seseorang dipersyaratkan mempunyai wawasan dan gagasan yang luas. Gagasan dan wawasan tersebut dapat diperoleh dari hasil membaca, pengamatan, dan diskusi.
    Oleh karena itu, menulis merupakan kerja intelektual yang harus dikembangkan pada diri siswa. Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masalah/topik untuk menulis karangan.

  5. 1. Saudara pasti sudah hafal benar kepanjangan SAS. Masih ingat? Ya, benar, SAS merupakan singkatan dari ‘’Struktural Analitik Sintetik’’. Metode SAS merupakan salah satu jenis metode yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa di sekolah dasar. Metode ini mengawali pembelajarannya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat utuh. Mula-mula siswa disuguhi sebuah struktur yang memberi makna lengkap, yakni struktur kalimat. Hal ini dimaksudkan untuk membangun konsep-konsep yang utuh, ‟kebermaknaan” pada diri anak. Akan lebih baik jika struktur kalimat yang disajikan adalah struktur kalimat yang digali dari pengalaman berbahasa si pembelajar itu sendiri. Pembelajaran membaca permulaan dimulai dengan pengenalan struktur kalimat.Kemudian, melalui proses analitik, anak-anak diajak untuk mengenal konsep kata. Kalimat utuh yang dijadikan tonggak dasar untuk pembelajaran membaca permulaan ini diuraikan ke dalam satuan-satuan bahasa yang lebih kecil yang disebut kata. Proses penganalisisan atau penguraian ini terus berlanjut hingga pada wujud satuan bahasa terkecil yang tidak bisa diuraikan lagi, yakni huruf-huruf. Proses penguraian/penganalisian dalam pembelajaran membaca permulan dengan metode SAS, meliputi: (a) kalimat menjadi kata-kata (b) kata menjadi suku-suku kata, dan (c) suku kata menjadi huruf-huruf. Pada tahap selanjutnya, anak-anak didorong untuk melakukan kerja sintesis (menyimpulkan). Satuan-satuan bahasa yang telah terurai tadi dikembalikan lagi kepada satuannya semula, yakni dari huruf-huruf menjadi suku kata, suku-suku kata menjadi kata, dan kata-kata menjadi kalimat. Dengan demikian, melalui proses sintesis ini, anak-anak akan menemukan kembali wujud struktur semula, yakni sebuah kalimat utuh. Jika saudara mencermati proses pembelajarannya tentu saudara bisa melakukan analisa atau mengevaluasi kelebihan dan kekurangan metode SAS dalam pembelajaran membaca permulan. Deskripsikan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan jelas.

    2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak memerlukan pemahaman guru terhadap kompetensiyang diajarkan termasuk pendekatan/strategi/metode yang dipilih, materi (jenis teks yang disimak), dan karakter media yang digunakan. Buatlah rancangan pembelajaran menyimak permulaan di sekolah dasar dngan menggunakan strategi metakognitif yang saudara pahami

    3. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Dalam proses berbicara, seseorang akan mengalami proses berpikir untuk mengungkapkan ide dan gagasannya secara luas. Jelaskan pemilihan strategi berbicara dibedakan berdasarkan ada dan tidaknya teks.

    4. Aktivitas menulis apapun, pendukung utamanya adalah membaca. Menulis dan membaca berkaitan erat karena menulis itu membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Ketika menulis, seseorang dipersyaratkan mempunyai wawasan dan gagasan yang luas. Gagasan dan wawasan tersebut dapat diperoleh dari hasil membaca, pengamatan, dan diskusi. Oleh karena itu, menulis merupakan kerja intelektual yang harus dikembangkan pada diri siswa. Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masalah/topik untuk menulis karangan.

  6. Kak, untuk jawaban pengantar pendidikannya kok blom d upload yaa..
    Sudah d tunggu dari tdi kak..

  7. kak, untuk nomor 4 dan 5 pada ujian soal pengantar pendidikan kok blom di update yaa kak pembahasannya?
    trima kasih..

    1. Mohon maaf, tidak ada yang mengirim soal ke kami Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jadi kami tidak membahas soal tersebut…

      1. 1. Saudara pasti sudah hafal benar kepanjangan SAS. Masih ingat? Ya, benar, SAS merupakan singkatan dari ‘’Struktural Analitik Sintetik’’. Metode SAS merupakan salah satu jenis metode yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa di sekolah dasar. Metode ini mengawali pembelajarannya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat utuh. Mula-mula siswa disuguhi sebuah struktur yang memberi makna lengkap, yakni struktur kalimat. Hal ini dimaksudkan untuk membangun konsep-konsep yang utuh, ‟kebermaknaan” pada diri anak. Akan lebih baik jika struktur kalimat yang disajikan adalah struktur kalimat yang digali dari pengalaman berbahasa si pembelajar itu sendiri. Pembelajaran membaca permulaan dimulai dengan pengenalan struktur kalimat.Kemudian, melalui proses analitik, anak-anak diajak untuk mengenal konsep kata. Kalimat utuh yang dijadikan tonggak dasar untuk pembelajaran membaca permulaan ini diuraikan ke dalam satuan-satuan bahasa yang lebih kecil yang disebut kata. Proses penganalisisan atau penguraian ini terus berlanjut hingga pada wujud satuan bahasa terkecil yang tidak bisa diuraikan lagi, yakni huruf-huruf. Proses penguraian/penganalisian dalam pembelajaran membaca permulan dengan metode SAS, meliputi: (a) kalimat menjadi kata-kata (b) kata menjadi suku-suku kata, dan (c) suku kata menjadi huruf-huruf. Pada tahap selanjutnya, anak-anak didorong untuk melakukan kerja sintesis (menyimpulkan). Satuan-satuan bahasa yang telah terurai tadi dikembalikan lagi kepada satuannya semula, yakni dari huruf-huruf menjadi suku kata, suku-suku kata menjadi kata, dan kata-kata menjadi kalimat. Dengan demikian, melalui proses sintesis ini, anak-anak akan menemukan kembali wujud struktur semula, yakni sebuah kalimat utuh. Jika saudara mencermati proses pembelajarannya tentu saudara bisa melakukan analisa atau mengevaluasi kelebihan dan kekurangan metode SAS dalam pembelajaran membaca permulan. Deskripsikan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan jelas.

        2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak memerlukan pemahaman guru terhadap kompetensiyang diajarkan termasuk pendekatan/strategi/metode yang dipilih, materi (jenis teks yang disimak), dan karakter media yang digunakan. Buatlah rancangan pembelajaran menyimak permulaan di sekolah dasar dngan menggunakan strategi metakognitif yang saudara pahami

        3. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Dalam proses berbicara, seseorang akan mengalami proses berpikir untuk mengungkapkan ide dan gagasannya secara luas. Jelaskan pemilihan strategi berbicara dibedakan berdasarkan ada dan tidaknya teks.

        4. Aktivitas menulis apapun, pendukung utamanya adalah membaca. Menulis dan membaca berkaitan erat karena menulis itu membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Ketika menulis, seseorang dipersyaratkan mempunyai wawasan dan gagasan yang luas. Gagasan dan wawasan tersebut dapat diperoleh dari hasil membaca, pengamatan, dan diskusi.
        Oleh karena itu, menulis merupakan kerja intelektual yang harus dikembangkan pada diri siswa. Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masalah/topik untuk menulis karangan.

  8. ini sangat membantu sekali, ditunggu soal mapel selanjutnya
    2 PDGK4207 Pendidikan Seni di SD SENIN 05/07/2021 I.3
    3 PDGK4303 Perspektif Global RABU 07/07/2021 I.5
    4 MKDK4002 Perkembangan Peserta Didik SABTU 10/07/2021 II.1
    5 PDGK4403 Pendidikan Anak di SD SELASA 13/07/2021 II.4

    admin saya berterima kasuh banyak untuk soal dan pembahasan nya semoga sehat selalu dan di murahkan rejekinya

  9. 1. Untuk melakukan pembelajaran moral seorang guru perlu mempertimbangkan perkembangan moral kognitif dari Kohlberg. Lawrence Kohlberg membagi perkembangan moral seseorang berdasarkan perkembangan kognitif menjadi tiga tingkatan yaitu pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional. Setiap level dibagi menjadi dua tahap.Jelaskan perbedaan moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional, konvensional, dan pasca konvensional! Berikan contohnya !

    2. Sebagai seorang guru kelas IV ketika sedang merancang RPP muatan PPKn akan memerinci kaitan langsung antara konsep yang ada pada materi Kompetensi Dasar dengan materi esensial, nilai, norma dan moral. Isikan dalam tabel ini contoh tuntutan perilaku yang terkait langsung antara konsep, nilai, norma dan moral!
    No Konsep Hal yang ditanamkan
    Kompetensi Materi nilai moral norma
    Dasar Esensial
    1 2 3 4 5 6
    ……….. ………… ……… ……… ……..

    3. Rancanglah RPP tematik yang bermuatan PKn model pembelajaran PKn Berbasis portofoliokelas V. Anda bebas memilih muatan bidang studi yang lain yang sesuai tema. Yang wajib ada : 1) identitas (kelas, semester, tema, sub tema, dan pembelajaran ke berapa, waktu), 2) KD, indikator dan tujuan pembelajaran yang mengukur kemampuan berpikir HOTS,3) langkah pembelajaran model pembelajaran PKn Berbasis portofolio, dan 4) Evaluasi yang khusus mengukur indikator/tujuan pembelajaran PKn. Evaluasi muatan bidang studi lain, boleh dicantumkan. Untuk LKPD dan materi tidak wajibdicantumkan, tetapi boleh memasukkan agar lebih jelas terlihat!

    4. Pada tema Lingkungan dan Manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan daripeserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaianuntuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !

    Bantu jawab ya kak

  10. 1. Pak Made merupakan seorang pengrajin patung yang terkenal di Pulau Bali. Patung karya Pak
    Made dikenal tidak hanya di daerah Bali saja, melainkan sudah sampai mancanegara. Pak Made
    sering mengadakan pameran karya-karyanya di luar negeri, seperti di Perancis, Hongkong,
    Jepang, dan Belanda. Pameran patung karya Pak Made biasanya dilakukan pada awal tahun,
    namun karena pandemi covid-19, Pak Made harus menunda pameran karyannya tahun ini.
    Banyak kolektor patung yang memburu patung karya Pak Made karena memiliki ciri khas
    tersendiri, jika dibandingkan dengan pengrajin lain, baik dari bentuk pahatan dan warna patung.
    Pak Made begitu terampil dan detail dalam memahat karya patungnya.
    Berdasarkan uraian informasi di atas, analisislah hakikat seni ditinjau dari berbagai sudut
    pandang dan kemudian jelaskan! Berdasarkan teori seni, hasil karya Pak Made dikategorikan ke
    dalam jenis seni apakah? Berikan alasan yang tepat!

    2. Bu Reni merupakan seorang guru sekolah dasar di SD Sukamaju. Dalam menghadapi pekan seni
    nasional yang akan diselengarakan pada Juni tahun ini, Bu Reni mendapatkan tugas dari kepala
    sekolah untuk membimbing dan melatih lima siswa kelas IV untuk diikutikan pada cabang lomba
    tari kreasi. Tema apa yang sebaiknya diangkat oleh Bu Reni? Mengapa demikian? Berikan
    alasan Anda!

    3. Dalam pelaksanaan acara bersih desa di Desa Mulya Sentosa, panitia bersih desa menampilkan
    pertunjukan karawitan cilik. Dalam pertunjukan tersebut para pengrawit yang terdiri dari anakanak SD di desa itu memainkan gamelan dengan diiringi tembang yang dinyanyikan oleh sinden
    cilik juga. Pertunjukkan semakin menarik karena layar panggung didukung dengan tampilan LED
    yang menampilkan dokumentasi selama kegiatan acara bersih desa.
    Berdasarkan ilustrasi di atas, analisislah ruang lingkup teknologi yang dimanfaatkan dalam
    pertujukan karya seni tersebut!

    4. Dalam sebuah pertunjukan drama berjudul ”Bawang Merah Bawang Putih” yang dilakoni oleh
    siswa-siswi kelas IV SD pada saat acara pelepasan siswa kelas VI banyak mengundang decak
    kagum para penonton. Siswa IV yang berperan tampak menghayati peran yang dimainkannya.
    Ketika harus beradegan menangis, siswa tersebut tampak menangis sungguhan. Hal tersebut
    dikarenakan anak-anak yang berperan dalam drama tersebut sudah terbiasa bermain peran dan
    tergabung di dalam ekstrakurikuler drama. Beberapa siswa juga aktif dalam tim ketoprak di
    daerah tempat tinggalnya. Drama yang ditampilkan oleh siswa-siswi kelas IV SD tersebut
    memberikan pesan moral bahwa kita harus bersikap baik dengan siapa saja.
    Berdasarkan uraian ilutrasi di atas, analisislah fungsi pendidikan seni di SD yang terdapat pada
    ilustrasi tersebut dan tuliskanlah kalimat pendukung sebagai penguat jawaban Anda!

  11. 1. Pak Made merupakan seorang pengrajin patung yang terkenal di Pulau Bali. Patung karya Pak
    Made dikenal tidak hanya di daerah Bali saja, melainkan sudah sampai mancanegara. Pak Made
    sering mengadakan pameran karya-karyanya di luar negeri, seperti di Perancis, Hongkong,
    Jepang, dan Belanda. Pameran patung karya Pak Made biasanya dilakukan pada awal tahun,
    namun karena pandemi covid-19, Pak Made harus menunda pameran karyannya tahun ini.
    Banyak kolektor patung yang memburu patung karya Pak Made karena memiliki ciri khas
    tersendiri, jika dibandingkan dengan pengrajin lain, baik dari bentuk pahatan dan warna patung.
    Pak Made begitu terampil dan detail dalam memahat karya patungnya.
    Berdasarkan uraian informasi di atas, analisislah hakikat seni ditinjau dari berbagai sudut
    pandang dan kemudian jelaskan! Berdasarkan teori seni, hasil karya Pak Made dikategorikan ke
    dalam jenis seni apakah? Berikan alasan yang tepat!

    2. Bu Reni merupakan seorang guru sekolah dasar di SD Sukamaju. Dalam menghadapi pekan seni
    nasional yang akan diselengarakan pada Juni tahun ini, Bu Reni mendapatkan tugas dari kepala
    sekolah untuk membimbing dan melatih lima siswa kelas IV untuk diikutikan pada cabang lomba
    tari kreasi. Tema apa yang sebaiknya diangkat oleh Bu Reni? Mengapa demikian? Berikan
    alasan Anda!

    3. Dalam pelaksanaan acara bersih desa di Desa Mulya Sentosa, panitia bersih desa menampilkan
    pertunjukan karawitan cilik. Dalam pertunjukan tersebut para pengrawit yang terdiri dari anakanak SD di desa itu memainkan gamelan dengan diiringi tembang yang dinyanyikan oleh sinden
    cilik juga. Pertunjukkan semakin menarik karena layar panggung didukung dengan tampilan LED
    yang menampilkan dokumentasi selama kegiatan acara bersih desa.
    Berdasarkan ilustrasi di atas, analisislah ruang lingkup teknologi yang dimanfaatkan dalam
    pertujukan karya seni tersebut!

    4. Dalam sebuah pertunjukan drama berjudul ”Bawang Merah Bawang Putih” yang dilakoni oleh
    siswa-siswi kelas IV SD pada saat acara pelepasan siswa kelas VI banyak mengundang decak
    kagum para penonton. Siswa IV yang berperan tampak menghayati peran yang dimainkannya.
    Ketika harus beradegan menangis, siswa tersebut tampak menangis sungguhan. Hal tersebut
    dikarenakan anak-anak yang berperan dalam drama tersebut sudah terbiasa bermain peran dan
    tergabung di dalam ekstrakurikuler drama. Beberapa siswa juga aktif dalam tim ketoprak di
    daerah tempat tinggalnya. Drama yang ditampilkan oleh siswa-siswi kelas IV SD tersebut
    memberikan pesan moral bahwa kita harus bersikap baik dengan siapa saja.
    Berdasarkan uraian ilutrasi di atas, analisislah fungsi pendidikan seni di SD yang terdapat pada
    ilustrasi tersebut dan tuliskanlah kalimat pendukung sebagai penguat jawaban Anda!

    toong di bantu min, soal hari ini

  12. Metode Inkuiri= 9,8,8,10,8,8,9,9
    Metode Dril= 7,8,8,8,8,8,6 pengujian statistik dengan menggunakan taraf signifikansi 5% untuk menjawab hipotesis penelitian tersebut!
    #soalSTATISTIKA PENDIDIKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *