Soal Pendidikan Seni di SD dan Pembahasan

Pagi ini, Osnipa banyak sekali mendapat pesan yang dikirim melalui komentar untuk membahas soal tentang pendidikan seni di SD. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, kita akan membahas tentang Soal Pendidikan Seni di SD dan Pembahasan. Semoga bermanfaat. Catatan : pembahasan akan diupdate.

1. Penjabaran Pengertian Seni

Ilustrasi :
Istilah Seni berasal dari istilah “ Sani” dalam bahasa Sangsekerta yang berarti Pemujaan, Pelayanan, Donasi, Permintaan, dan Pencarian dengan hormat dan jujur. (Sugriwa, 1957: 219-133). Kemudian berkembang selanjutnya dari asal kata seni muncul berbagai pengertian.
(1) Seni Sebagai Karya Seni
(2) Seni sebagai kemahiran
(3) Seni sebagai Kegiatan Manusia
Pertanyaan :
Analisis dan jabarkan!
(1) Seni Sebagai Karya Seni
(2) Seni sebagai kemahiran
(3) Seni sebagai Kegiatan Manusia

Pembahasan:

(1) Seni Sebagai Karya Seni
Pengertian seni sebagai karya seni disampaikan oleh Joganatha. Menurutnya seni sebagai karya seni bermakna seni atau keindahan merupakan sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan sekedar rasa gembira karena mempunyai unsur transcendental atau spriritual.
Contohnya: lukiasan dinding gua yang diperkirakan berasal dari jaman pra sejarah yang memiliki nilai religi-magis yang membangkitkan spirit dan sugesti terhadap binatang buruan manusia purba saat itu.

(2) Seni sebagai kemahiran
Pengertian seni sebagai kemahiran disampaikan oleh Aristotales. Menurutnya, seni sebagai kemahiran bermakna seni merupakan sebuah kemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mecapai suatu tujuan yang ditentukan oleh rasio/logika atau gagasan tertentu
Contoh: Idris Sardi, seorang violis Indonesia yang terkenal dengan improvisasi-improvisasi nada kreatifnya.

(3) Seni sebagai Kegiatan Manusia
Pengertian seni sebagai kegiatan manusia disampaikan oleh Leo Tolstoy. Menurutnya, seni merupakan kegiatan sadar manusia dengan perantaraan tanda-tanda lahiriah tertentu untuk menyampaikan perasaan-perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain sehingga mereka kejangkitan perasaan sama dan juga mengalaminya.
Contoh: Didi Nini Thowok, seorang penari dan koreografer tari yang tampil dalam kostum wanita membawakan karya tariannya yang kocak dan baru.

2. Aktivitas Berkesenian dan Contonhnya

Ilustrasi :
Dalam kehidupan sehari hari aktivitas berkesenian selalu dialami.
Pertanyaan :
(1) Bagaimana menurut anda pernyataan tentang aktivitas kesenian selalu dialami dalam kehidupan sehari-hari?
(2) Jabarkan dan uraikan serta beri contoh konkritnya.

Pembahasan:

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya aktivitas berkesenian selalu dialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari atau merasakan bahwa aktivitas tersebut merupakan bagian dari ekpsresi seni yang dialami.
Contoh kongkrit, ketika kita hendak pergi ke luar rumah, selalu saja kita berpikir hendak mengenakan pakaian apa yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Dalam memlilih pakaian tersebut, kita mungkin harus memadukan busana dengan tas atau sepatunya. Aktivitas memilih busana dan kelengkapannya untuk dikenakan pada acara tersebut, tanpa kita sadari sudah berkaitan dengan selera estetis atau keindahan. Aktivitas tersebut hampir setiap hari dapat kita jumpai dan tidak kita sadari sebagai upaya untuk memperindah diri kita agar berpenampilan menarik. Apa yang dilakukan manusia dalam kehidupan sehari-hari merupakan refleksi dari sikap dan prilaku seseorang.

3. Penjelasan Berkesenian Merupakan Kegiatan yang Dilakukan Manusia dan Jenis Seni

Ilustrasi :
Seni sebagai bagian dari kebudayaan manusia yang telah ada sejak peradaban manusia lahir. Berkesenian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia.
Pertanyaan :
(1) Jelaskan maksud pernyataan Seni sebagai bagian dari kebudayaan manusia yang telah ada sejak peradaban manusia lahir. Berkesenian merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia.
(2) Sebutkan apa saja yang dimaksud dalam jenis seni!

Pembahasan:

(1) Maksud dari pernyataan seni sebagai bagian dari kebudayaan manusia telah ada sejak peradaban manusia lahir, berkesenian meruapakan salah satu kegiatan yang dilakukan manusia adalah pada awalnya seni hanya berkaitan erat dengan kegiatan ritual manusia purba, namun kemudian seni berkembang menjadi cabang budaya yang disebut dengan kesenian.

4. Kompetensi Pendukung Kemampuan Dasar Anak SD

Ilustrasi :
Untuk menguasai kompetensi utama, perlu menguasai kompetensi pendukung yakni dapat membedakan ke-7 kemampuan dasar anak SD.
Pertanyaan :
(1) sebutkan 7 kompetensi pendukung kemampuan dasar anak SD
(2) jelaskan apa yang termasuk dalam 7 kompetensi pendukung kemampuan dasar anak SD

Pembahasan :

1. Kompetensi pendukung kemampuan dasar anak SD
A. Kemampuan intelektual anak
B. Kondisi emosional anak
C. Kondisi sosial anak
D. Kondisi perseptual anak
E. Karakteristik fisk anak
F. Karakteristik estetik anak
G. Kondisi kreatif anak

2. Yang termasuk dalam 7 kompetensi pendukung kemampuan dasar anak SD
A. Kemampuan intelektual anak
Faktor mempengaruhi kemampuan intelektual anak yaitu:
(1) kematangan
(2) aktivitas
(3) transmisi sosial (pengalaman belajar dari orang lain)
(4) equilibration (faktor keseimbangan)
B. Kondisi emosional anak
Emosi anak dikelompokkan menjadi dua yaitu emosi sensoris dan emosi psikis.
Amosi sensoris adalah emosi yang ditimbulkan oleh rangsangan dari luar tubuh seperti rasa dingin, panas, sejuk, lelah, rasa manis, sakit, kenyang, lapar, dan sebagainya.
Emosi psikis emosi yang kemunculannya mempunyai alasan-alasan kejiwaan misalkan (1) perasaan intelektual, (2) perasaan sosial, (3) perasaan susila, (4) perasaan estetis, dan (5) perasaan spiritual.
C. Kondisi sosial anak
Pada masa sekolah dasar, anak sudah bisa keluar dari lingkungan keluarganya, mereka mulai menaruh perhatian pada orang lain, mencari teman akrab, mampu bermain dan bekerja sama dengan orang lain dengan mematuhi aturan-aturan kelompok.
D. Kondisi perseptual anak
Secara intelektual, pada masa sekolah dasar anak sudah mampu mencerna informasi yang berasal dari luar dirinya apabila dihubungkan dengan hal-hal yang sudah diketahuinya. Pada masa ii anak juga selalu ingin mengetahui segala hal.
E. Karakteristik fisik anak
Perkembangan fisik anak meliputi empat aspek yaitu:
(1) sistem syaraf, yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan dan emosi
(2) otot-otot, yang berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan dan emosi
(3) kelenjar edoktrin yang berpengaruh terhadap munculnya berbagai prilaku baru
(4) struktur fisik/tubuh yang meliputi tinggi, berat, dan proporsi
F. Karakteristik estetik anak
Karakteristik estetik anak usia sekolah dasar pibadinya masih polos, murni, dan jujur.
G. Kondisi kreatif anak
Setiap anak mempunyai bakat kreatif yang dibawa sejak lahir meskipun kualitasnya berbeda-beda antara anak yang satu dengan yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *