Soal Pembelajaran Terpadu di SD dan Pembahasan

Hai pengunjung setia Osnipa, kembali Osnipa akan membahas soal-soal yang dikirimkan oleh kalian melalui kolom komentar. Kali ini, kita akan membahas tentang Soal Pembelajaran Terpadu di SD dan Pembahasan. Semoga bermanfaat. Oh iya, pembahasan akan di update.

Dalam dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke-21, telah memberi dampak signifikan terhadap berbagai aspek konstelasi kehidupan tak terkecuali pendidikan. Hal ini berimplikasi pula terhadap pembelajaran yang tidak hanya berdasarkan pada pengembangan potensi peserta didik, melainkan juga perlu diorientasikan dalam mempersiapkan peserta didik dengan kompetensi abad ke-21, baik keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Namun demikian, hingga saat ini tidak sedikit guru yang masih merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan pembelajaran tersebut.

1. Menganalisis Faktor Penyebab dan Solusi Permasalahan

Analisislah beberapa faktor penyebabnya? dan Berikan beberapa solusi terhadap permasalahan tersebut.

Pembahasan :

Faktor penyebab guru kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi abad 21 :

  1. Kurangnya pemahaman guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi kompetensi abad 21.
  2. Kurangnya pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi.
  3. Paradigma guru yang masih mengajar dengan metode pembelajaran yang konvensional
  4. Kurangnya kompetensi guru dalam mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran.

Solusi yang bisa diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut:

  1. Melaksanakan bimtek merancang pembelajaran yang berorientasi kompetensi abad 21.
  2. Meningkatkan pemahaman guru dalam melaksanakan pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi melalui seminar, workshop, maupun kegiatan kelompok kerja guru.
  3. Mengubah mindset guru, agar mau melaksanakan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centered)
  4. Meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran melalui pelatihan.

2. Pandangan Urgensi Pembelajaran dan Upaya Mewujudkan

Berikan pandangan anda tentang urgensi pembelajaran yang harus mempersiapkan peserta didik dengan kompetensi abad ke-21! Jelaskan upaya mewujudkannya dalam praktik pembelajaran!

Pembahasan :

Seperti yang kita tahu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di abad ke 21 ini berkembang dengan sangat pesat. Guru hendaknya harus mampu mempersiapkan peserta didik agar memiliki kompetensi abad 21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Jika tidak, maka peserta didik tidak akan mampu bertahan kelak ketika dia sudah masuk ke dunia kerja.

Upaya yang harus dilakukan guru dalam mewujudkan hal tersebut dengan menerapkan stretegi, model, maupun metode pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Selain itu, guru juga hendaknya menyesuikan proses pembelajaran dan penilaian agar mengarah ke higher other thingking skill (HOTS).

Pak Rahman sedang membuat peta kompetensi dari beberapa mata pelajaran antara lain: Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu pengetahuan Alam dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Adapun beberapa aspek yang dipadukan yaitu, Bahasa Indonesia (Berbicara), Ilmu Pengetahuan Sosial (Interaksi sosial), dan Ilmu pengetahuan Alam (makhluk hidup dan proses kehidupannya). Dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, Pak Rahman menggunakan pendekatan Cooperatif learning dengan model PJBL. Dalam implementasinya, pak Rahman menjelaskan materi dan memberi siswa teks bacaan. Setelah siswa diberi tugas membaca teks, pak Rahman meminta siswa untuk mengisi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan diakhiri dengan melakukan evaluasi secara indivual. Berdasarkan hal tersebut.

3. Analisis Kasus Kesalahan Penerapan Pembelajaran Terpadu

Analisislah beberapa kesalahan yang dilakukan pak Rahman dalam pembelajaran terpadu yang dilakukan?

Pembahasan :

Implementasi pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Rahman tidak sesuai dengan model Pembelajaran PJBL yang diterapkan. Karakteristik dari PJBL adalah siswa menentukan sendiri proyek yang akan dikerjakan oleh siswa mulai dari mengidentifikasi masalah, membuat desain dan jadwal proyek, melaksanakan penelitian, menyusun draft, sampai dengan menyelesaikan proyek. Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan motivator. Sementara dalam proses pembelajaran Pak Rahman, tidak tampak melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut.

4. Membuat Bagan dan Matriks Pemetaan KD, Tema, dan Indikator

Buatlah sebuah bagan dan matriks pemeteaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu secara lengkap disertai hasil belajar dengan indikator-indikator yang hendak di capai.

Pembahasan :

Mata PelajaranKompetensi dasarHasil belajarIndikator
Bahasa IndonesiaMendeskripsikan binatang di sekitarMendeskripsikan binatang disekitar secara rinci sesuai dengan ciri-cirinya dengan menggunakan kalimatyang runtut dan pilihan kata yang tepat(1) menirukan
gerak dan suara
binatang
tertentu.
(2) menjelaskan ciri –ciri
binatang secara
rinci ( nama, ciri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata dan
kalimat yang
runtut.
(3) membaca dan melengkapi teks pendek yang.
dilengkapi
gambar
Pengetahuan AlamMendeskripsikan bagian-bagian yang tampak pada hewan di sekitar rumah dan sekolahMengindentifikasi bagian-bagian utama tubuh hewan dan kegunaanya(1) membuat
daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaanya dari hasil pengamatan
(2) menirukan berbagai suara hewan yang ada dilingkungan sekitar.
(3) menggambar sederhana hewan dan menamai bagian-bagian utama tubuh
(4) menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan misalnya : menggunkan kaki, perut, sayap, dan sirip hewan.
MatematikaMemahami konsep urutan bilangan cacahMembilang bilangan dan membandingkan bilangan(1) menyebutkan banyaknya benda
(2) membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
(3) menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain
SBdPMenanggapi berbagai unsur rupa: bintik, garis, bidang, warna, bentuk.Mengkomunikasikan gagasan imajinatif hasil pengamatan benda-benda di alam sekitarmengungkapkan perasaan ketertarikan pada objek yang diamati dari berbagai unsur rupa dan perpaduannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *