Soal Pembelajaran Matematika di SD Untuk Guru SD dan Pembahasan

Karena banyak sekali pesan masuk ke Osnipa yang meminta membahas Soal Pembelajaran Matematika di SD, kali ini Osnipa akan membahas soal-soal tersebut. Semoga bermanfaat.

1. Rancangan Pembelajaran Pembagian Bilangan Bulat Berdasarkan Teory George Polya

Bu amel mengajarkan konsep pembagian bilangan bulat menggunakan ceramah, beliau menjelaskan cara mengerjakan pembagian bilangg bulat, kemudian meminta siswa untuk menyelesaikan latihan soal soal pembagian bilangan bulat. Menurut pendapatmu apakah bu amel menerapkan pembelajaran matematika berlandaskan teori George Polya? Jelaskan alasan nya. Kemudian rancanglah kegiatan pembelajaran pembagian bilangan bulat berlandaskan teory George Polya!

2. Menentukan Buah yang Dibeli Bu Rini

Bu rini dan pak fauzi mempunyai 3 anak yang bernama rizki, eka dan rima. Rizki menyukai buah apel, eka menyukai buah jeruk, rima menyukai buah apel dan jeruk, sedangkan pak fauzi menyukai buah apel. Pada suatu hari, bu rini mempunyai uang sebesar Rp.60.000 untuk membeli buah-buahan. Pada saat itu harga apel Rp.25.000/kg, sedangkan harga jeruk Rp.20.000/kg. Cobaan pertimbangan, menurut kamu Bu Rini lebih baik membeli apel dan jeruk berapa kg untuk keluarganya yang berbeda-beda buah kesukaan tersebut? Jelaskan alasanmu!

3. Menentukan Air yang Tumpah

Dodi memiliki tabung dengan alas jari jari 20 cm dan tinggi 50 cm yg diisi air sebanyak 5 liter,kemudian kedalam tabung tersebut dimasukkan bola besi yg berjari-jari 18 cm, akan tetapi ternyata air yg ada dalam tabung tersebut naik kepermukaan dan sebagian air tumpah keluar tabung.berapa liter air yg tumpah tersebut?

4. Menentukan Jarak yang Mengelilingi Tanah

Pak Rahmat memiliki sebidang tanah berbentuk segitiga yg ditanami sayur- sayuran. Setiap sudut bidang tanah tersebut dipasang tiang yg diberi nama tiang A, B, dan C. Jarak antara sudut A Dan yaitu 300 m. Sudut CAB=60 dan sudut ABC= 75. Pak Rahmat mercon berjalan dari sudut A, ke sudut B, akan tetapi ternyata handphone pak Rahmat terjatuh disiudut A, sehingga dia harus kembali kesudut A untuk mengambil handphone nya yang jatuh. Setelah mengambil handphone, pak rahmat memutuskan untuk meneruskan perjalanan kesudut C. Bagaimana cara pak rahmat menentukan jarak yg dia tempuh selama mengelilingi sebidang tanahnya tersebut! Jelaskan alasannya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *