Menu
Akurat dan Terpercaya

Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD (PDGK4505) dan Pembahasan

Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD (PDGK4505) dan Pembahasan

Hai Bapak/Ibu guru SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD (PDGK4505) dan Pembahasan. Silakan manfaatkan pembahasan ini sebagai referensi dalam mengerjakan soal. Silakan dikembangkan sesuai dengan ide jawaban sendiri. Semoga bermanfaat.

Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD (PDGK4505) dan Pembahasan

1. Pembaruan diterjadikan di segala bidang kehidupan, termasuk bidang Pendidikan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di era revolusi industry 4.0, maka inovasi pun semakin pesat. Masyarakat pun mengalami modernisasi. Berdasarkan uraian tersebut, kaitkanlah antara pembaruan, teknologi, dan modernisasi!

Pembahasan:
Pembaharuan atau sering disebut dengan inovasi merupakan suatu ide, hal-hal praktis, metode, cara, barang-barang, yang dapat diamati atau dirasakan sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat). Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan yang sistematis. Dalam membuat sebuah inovasi, teknologi sangat dibutuhkan. Pembaharuan dan teknologi akan menyebabkan modernisasi. Modernisasi adalah proses perubahan sosial dari masyarakat tradisional (belum modern) ke masyarakat yang lebih maju (modern). Contohnya, dahulu orang menggunakan alat pembersih yang ditemukan di alam seperti cabang, ranting, dan bambu. Kemudian, orang memiliki keinginan untuk menciptakan alat pembersih yang baik (pembaruan) yaitu membuat sapu dari ranting atau lidi yang diikat. Dengan pengetahuan yang semakin berkembang, mereka menerapkan ilmu pengetahuan (teknologi) untuk membuat alat pembersih yang lebih canggih seperti vacuum cleaner. Pada saat ini, alat tersebut sudah banyak digunakan oleh masyarakat (modernisasi).

2. Kemajuan teknologi menyebabkan perubahan di berbagai dimensi kehidupan. Inovasi juga terjadi di segala aspek, termasuk bidang Pendidikan dan pranata sosial. Manusia pun berlomba-lomba untuk memanfaatkan dan mengembangkan lingkungannya agar terpenuhi kesejahteraan hidup mereka. Menurut anda, seperti apakah kaitan antara kemajuan teknologi dan inovasi? Bagaimanakah kaitan kedua hal tersebut dengan modernisasi?

Pembahasan:
Kemajuan teknologi dan inovasi memiliki kaitan yang sangat erat dan saling mempengaruhi. Kemajuan teknologi dapat dimanfaatkan dalam mempecepat terjadinya inovasi. Banyak ilmu pengetahuan yang diterapkan (teknologi) yang dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah pembaharuan (inovasi). Terkadang, inovasi menyebabkan juga dapat mempengaruhi kemajuan teknologi. Banyak orang yang mewujudkan keinginan untuk menciptakan alat yang mempermudah pekerjaan manusia (inovasi) yang akhirnya akan menciptakan teknologi baru. Misalkan keinginan menciptakan alat hitung baru (inovasi) dengan menerapkan ilmu pengetahuan sehingga menghasilkan alat hitung yang lebih canggih dinamakan teknologi.
Kemajuan teknologi dan inovasi sangat berkaitan dengan modernisai. Alat-alat yang dihasilkan melalui inovasi dan teknologi jika diterima dan dimanfaatkan dalam kehidupan masyarakat akan membuat perubahan di masyarakat menjadi lebih maju. Sehingga, inovasi dan teknologi akan mempercepat modernisasi.

3. Era revolusi industry 4.0 membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Perubahan ini terjadi karena inovasi yang dilakukan di berbagai hal, termasuk bidang Pendidikan. Inovasi di bidang Pendidikan dasar juga sudah banyak terjadi, seperti inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Bagankanlah perkembangan inovasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD!

Pembahasan:
Kami sebenarnya, kurang memahami permintaan dari soal 🙂
Berikut ini kami mencoba memberikan bagan perkembangan inovasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.

Bagankanlah perkembangan inovasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD

4. Era revolusi industry 4.0 membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Perubahan ini terjadi karena inovasi yang dilakukan di berbagai hal, termasuk bidang Pendidikan. Inovasi di bidang Pendidikan dasar juga sudah banyak terjadi, seperti inovasi pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Paparkan dan bagankanlah perkembangan inovasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD!

Pembahasan:
Dari bagan di atas, dapat dipaparkan proses perkembangan inovasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SD diawali tahap evaluasi. Proses kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya dievaluasi untuk mengetahui penyebab dari permasalahan yang muncul. Misalkan dalam Pandemi Covid 19, kegiatan pembelajaran tidak bisa dilaksanaka secara tatap muka. Dari hasil evaluasi ini, kemudian masuk ke tahap inisiasi. Dalam tahap ini, dicarikan ide berdasarkan pengetahuan yang dimiliki untuk mengatasi permasalahan kegiatan pembelajaran di SD. Untuk mengatasi permasalahan tidak bisa menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, guru mencari aplikasi-aplikasi, model, dan metode pembalajaran daring. Setelah ditemukan, ide tersebut kemudian diterapkan dalam proses pembelajaran (implementasi). Dan ditahap akhir rutinitas, ide tersebut diterapkan secara berkelanjutan seperti melaksanakan pembelajaran blended learning (sinkronus dan asingkronus) dengan memanfaatkan google classroom dan google meet.

PERINGATAN: Ini hanya pemikiran dari tim Osnipa. Silakan jadikan referensi saja. Utamakan jawaban hasil pemikiran sendiri. Terimakasih 🙂

Demikian pembahasan mengenai Soal Pembaharuan dalam Pembelajaran di SD (PDGK4505) dan Pembahasan.

Responses (3)

  1. Kak, kok blom d update yaa pembahasannya, segera d update yaa kak.. kami tunggu..
    Trima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *