Menu
Akurat dan Terpercaya

Soal Keterampilan Berbahasa Indonesia SD (PDGK4101) dan Pembahasan

Soal Keterampilan Berbahasa Indonesia SD (PDGK4101) dan Pembahasan

Hai Bapak/Ibu guru SD, berikut ini Osnipa akan membagikan Soal Keterampilan Berbahasa Indonesia SD (PDGK4101) dan Pembahasan. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi dalam menjawab soal.

Soal Keterampilan Berbahasa Indonesia SD (PDGK4101) dan Pembahasan

1. Saudara pasti sudah hafal benar kepanjangan SAS. Masih ingat? Ya, benar, SAS merupakan singkatan dari ‘’Struktural Analitik Sintetik’’. Metode SAS merupakan salah satu jenis metode yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa di sekolah dasar. Metode ini mengawali pembelajarannya dengan menampilkan dan memperkenalkan sebuah kalimat utuh. Mula-mula siswa disuguhi sebuah struktur yang memberi makna lengkap, yakni struktur kalimat. Hal ini dimaksudkan untuk membangun konsep-konsep yang utuh, ‟kebermaknaan” pada diri anak. Akan lebih baik jika struktur kalimat yang disajikan adalah struktur kalimat yang digali dari pengalaman berbahasa si pembelajar itu sendiri. Pembelajaran membaca permulaan dimulai dengan pengenalan struktur kalimat. Kemudian, melalui proses analitik, anak-anak diajak untuk mengenal konsep kata. Kalimat utuh yang dijadikan tonggak dasar untuk pembelajaran membaca permulaan ini diuraikan ke dalam satuan-satuan bahasa yang lebih kecil yang disebut kata. Proses penganalisisan atau penguraian ini terus berlanjut hingga pada wujud satuan bahasa terkecil yang tidak bisa diuraikan lagi, yakni huruf-huruf. Proses penguraian/penganalisian dalam pembelajaran membaca permulan dengan metode SAS, meliputi:
(a) kalimat menjadi kata-kata
(b) kata menjadi suku-suku kata, dan
(c) suku kata menjadi huruf-huruf.
Pada tahap selanjutnya, anak-anak didorong untuk melakukan kerja sintesis (menyimpulkan). Satuan-satuan bahasa yang telah terurai tadi dikembalikan lagi kepada satuannya semula, yakni dari huruf-huruf menjadi suku kata, suku-suku kata menjadi kata, dan kata-kata menjadi kalimat. Dengan demikian, melalui proses sintesis ini, anak-anak akan menemukan kembali wujud struktur semula, yakni sebuah kalimat utuh. Jika saudara mencermati proses pembelajarannya tentu saudara bisa melakukan analisa atau mengevaluasi kelebihan dan kekurangan metode SAS dalam pembelajaran membaca permulan. Deskripsikan kelebihan dan kekurangan tersebut dengan jelas.

Pembahasan:
Kelebihan metode SAS

1. Metode SAS dapat membangun konsep-konsep yang utuh sehingga bermakna bagi anak karena dalam pelaksanaannya, anak diberikan struktur kalimat secara utuh. Selain itu, anak diperkenalkan struktur kalimat dari kata, suku kata, dan fonem.
2. Metode SAS memperhatikan pengalaman berbahasa anak. Pemilihan kalimat yang akan dipergunakan, diambil dari pengalaman berbahasa anak.
3. Metode SAS dapat memfasilitasi anak untuk menemukan sendiri melalui kegiatan menyimpulkan (sintesis) kalimat yang telah diurai.

Kekurangan metode SAS
Metode SAS tidak akan berjalan dengan baik anak menghapal kalimat yang akan dipelajari.

2. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyimak memerlukan pemahaman guru terhadap kompetensi yang diajarkan termasuk pendekatan/strategi/metode yang dipilih, materi (jenis teks yang disimak), dan karakter media yang digunakan. Buatlah rancangan pembelajaran menyimak permulaan di sekolah dasar dngan menggunakan strategi metakognitif yang saudara pahami

3. Berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang bertujuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, serta perasaan secara lisan sebagai proses komunikasi kepada orang lain. Dalam proses berbicara, seseorang akan mengalami proses berpikir untuk mengungkapkan ide dan gagasannya secara luas. Jelaskan pemilihan strategi berbicara dibedakan berdasarkan ada dan tidaknya teks.

4. Aktivitas menulis apapun, pendukung utamanya adalah membaca. Menulis dan membaca berkaitan erat karena menulis itu membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang memadai. Ketika menulis, seseorang dipersyaratkan mempunyai wawasan dan gagasan yang luas. Gagasan dan wawasan tersebut dapat diperoleh dari hasil membaca, pengamatan, dan diskusi. Oleh karena itu, menulis merupakan kerja intelektual yang harus dikembangkan pada diri siswa. Jelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan masalah/topik untuk menulis karangan.

Pembahasan:

Responses (7)

  1. 1. Untuk melakukan pembelajaran moral seorang guru perlu mempertimbangkan perkembangan moral kognitif dari Kohlberg. Lawrence Kohlberg membagi perkembangan moral seseorang berdasarkan perkembangan kognitif menjadi tiga tingkatan yaitu pra konvensional, konvensional dan pasca konvensional. Setiap level dibagi menjadi dua tahap.Jelaskan perbedaan moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional, konvensional, dan pasca konvensional! Berikan contohnya !

    2. Sebagai seorang guru kelas IV ketika sedang merancang RPP muatan PPKn akan memerinci kaitan langsung antara konsep yang ada pada materi Kompetensi Dasar dengan materi esensial, nilai, norma dan moral. Isikan dalam tabel ini contoh tuntutan perilaku yang terkait langsung antara konsep, nilai, norma dan moral!
    No Konsep Hal yang ditanamkan
    Kompetensi Materi nilai moral norma
    Dasar Esensial
    1 2 3 4 5 6
    ……….. ………… ……… ……… ……..

    3. Rancanglah RPP tematik yang bermuatan PKn model pembelajaran PKn Berbasis portofoliokelas V. Anda bebas memilih muatan bidang studi yang lain yang sesuai tema. Yang wajib ada : 1) identitas (kelas, semester, tema, sub tema, dan pembelajaran ke berapa, waktu), 2) KD, indikator dan tujuan pembelajaran yang mengukur kemampuan berpikir HOTS,3) langkah pembelajaran model pembelajaran PKn Berbasis portofolio, dan 4) Evaluasi yang khusus mengukur indikator/tujuan pembelajaran PKn. Evaluasi muatan bidang studi lain, boleh dicantumkan. Untuk LKPD dan materi tidak wajibdicantumkan, tetapi boleh memasukkan agar lebih jelas terlihat!

    4. Pada tema Lingkungan dan Manfaatnya, guru akan menilai karakter dan sikap dalam menjaga kebersihan lingkungan daripeserta didiknya. Guru merencanakan membuat pedoman penilaianuntuk menilai sikap peserta didik dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekolah. Susunlah minimal 5 aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah berikut petunjuk penskoran dengan menggunakan skala bertingkat model Likert !

  2. Evaluasi pembelajaran di SD (pdgk4301)
    1. Jelaskanlah pengertian tes seleksi dan berikan contohnya!
    .
    2. Tuliskanlah sebuah item soal pilihan ganda level C2 untuk mata pelajaran IPS SD yang meliputi stem, opsi dan kunci jawaban disertai dengan pedoman penskoran!
    .
    3. Bu Ani memberikan tes ujian akhir mata pelajaran IPA kepada siswanya. Semua siswa wajib mengerjakan 40 butir soal pilihan ganda. Ardi dapat menjawab 32 butir soal dengan benar dan sisanya salah. Sementara Budi hanya mampu menjawab 29 butir soal dengan benar dan sisanya salah. Berdasarkan hasil penilaian yang ada, Bu Ani menyatakan bahwa Ardi dan Budi telah memenuhi ketuntasan minimal (KKM) 75.
    .
    4. Bagaimanakah kesimpulan yang dapat Anda berikan terkait dengan pengolahan hasil belajar yang dilakukan oleh Bu Ani?
    Sebuah data hasil penilaian dengan menerapkan tes pilihan ganda disajikan sebagai berikut.

    Opsi Jawaban
    A = 1 siswa. B= 10 siswa C= 20 siswa D=9 siswa
    Jika kunci jawabannya adalah ‘B”, maka hitunglah tingkat kesukaran butir soal tersebut dan berada pada kategori manakah tingkat kesukaran butir soal tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *