Soal Bahasa dan Sastra Indonesia di SD dan Pembahasan

Hai pengunjung Osnipa, kali ini kita akan membahas Soal Bahasan dan Sastra Indonesia di SD dan Pembahasan. Semoga bermanfaat ya.

1. Fungsi, Kategori, dan Peran Kalimat

Menjadi seorang guru bukanlah hal yang mudah. Guru memiliki tugas yang sangat berat. Seorang guru bertugas mendidik dan mengajar siswa. Mengajar itu adalah seni. Setiap guru memiliki karakteristik dan gaya tersendiri. Penerapan pendekatan, metode, dan model yang digunakan guru berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Berkaitan dengan hal di atas, dalam praktiknya guru diharapkan tidak terjebak dengan gaya mengajar tradisional yang masih berpusat pada guru. Peserta didik hanya dianggap sebagai “gelas kosong” yang harus diisi dengan pengetahuan sebanyak-banyaknya. Gaya mengajar tradisional ini sudah lama menjadi bahan perdebatan dalam dunia pendidikan. Hal ini karena masih banyak guru yang melaksanakan pembelajaran dengan gaya seperti itu. Ini menjadi diskursus yang menarik sehingga muncul banyak pertanyaan yaitu Bagaimana mengubah paradigma guru untuk menjadi guru yang inovatif dan kreatif? Bagaimana guru mengembangkan sistem pembelajaran yang efektif di sekolah? Bagaimana menjadi guru yang memesona?

Sehubungan dengan pertanyaan di atas, penulis mencoba melakukan kajian dari berbagai literatur untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk mengubah paradigma guru menjadi guru yang inovatif dan kreatif, maka ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh guru. Pertama, guru harus memiliki sikap mau berubah. Kedua, guru harus memiliki kemauan untuk terus belajar dan up to date tentang keilmuan. Ketiga, guru harus memiliki kualifikasi dan kompetensi minimal sarjana. Selanjutnya, untuk mengembangkan sistem pembelajaran yang efektif di sekolah, ada beberapa hal yang harus dikuasai guru antara lain mampu menggunakan keterampilan dasar mengajar, mampu mengembangkan strategi pembelajaran, dan mampu mengoperasikan teknologi informasi komputer. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran diantaranya yaitu harus menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, menerapkan model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Untuk menjadi guru yang mempesona, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh guru diantaranya yaitu harus mengemas pembelajaran secara kreatif dan menyenangkan, mengajarkan keterampilan berpikir, mengajar dengan hati, dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

Pertanyaan:
Berdasarkan essay di atas, pilihlah 3 kalimat dan analisislah kalimat tersebut berdasarkan fungsi, kategori, dan peran dengan tepat!

2. Analisis Paragraf Deskripsi, Narasi, Eksposisi, Argumentasi, atau Persuasi

Perhatikan paragraf di bawah ini!
Pada hari Minggu, 18 Oktober 2020. Aku bersama keluargaku pergi ke rumah nenek yang berada di Dieng. Aku dan keluarga besarku berangkat pukul 05.00 WIB. Diperjalanan aku melihat pemandangan yang benar-benar indah, di sana udaranya sangat dingin dan sejuk. Aku dan keluargaku melihat pemandangan indah sawah-sawah yang masih hijau. Tak lama kemudian kami sampai dirumah nenekku. Di sana aku langsung diajak teman-teman untuk berkeliling melihat pemandangan yang ada di sana.
Pertanyaan:
Dilihat berdasarkan bentuknya, tentukan jenis wacana apa paragraf di atas (deskripsi, narasi,
eksposisi, argumentasi, atau persuasi)? Berikan alasannya!

Pembahasan:
Berdasarkan bentuknya, paragraf tersebut termasuk ke dalam wacana narasi. Dalam pargaraf tersebut terdapat unsur-unsur cerita yang penting seperti waktu (Minggu, 18 Oktober 2020), pelaku (Aku), Peristiwa (pergi ke rumah nenek yang berada di Dieng). Selain itu, dalam pragraf juga terdapat aspek emosi yang dirasakan oleh pembaca atau penerima (Diperjalanan aku melihat pemandangan yang benar-benar indah, di sana udaranya sangat dingin dan sejuk). Melalui narasi, pembaca dapat membentuk citra atau imajinasi dari perjalanan yang dilakukan.

3. Analisis Wacana Kohesif dan Koheren

Perhatikan percakapan di bawah ini!
A. Maukah kamu saya antar pulang?
B. Kamu baik sekali.
Berdasarkan wacana di atas, apakah wacana tersebut bersifat kohesif dan koheren? Berikan penjelasannya!

Wacana tersebut sudah bersifat kohesif dan koheren.

Pembahasan:

Dalam wacana tersebut tidak terlihat sifat kohesif. Kalimat yang diucapkan B (kamu baik sekali) tidak ada hubungan dengan yang ditanyakan oleh A (Maukah kamu saya antar pulang?). Seharusnya B menyampaikan kalimat penerimaan atau penolakan.

Dalam wacana tersebut tidak ada sifat koherensi. Kalimat A tidak memiliki persamaan ide dengan kalimat B.

4. Aspek Penilaian Karya Puisi

Pak Andi adalah seorang guru SD. Pak Andi melaksanakan pembelajaran puisi dengan tema keindahan. Dalam pembelajaran tersebut, pak Andi menugaskan siswa untuk menulis puisi dengan tema keindahan. Setelah pembelajaran selesai, pak Andi harus menilai karya puisi siswa berdasarkan unsur intrinsiknya, namun pak Andi kebingungan menentukkan kriteria penilaian kemampuan siswa dalam menulis puisi. Pak Andi ingin meminta bantuan Anda untuk menentukan minimal 4 aspek apa saja yang perlu dinilai dari karya puisi siswa tersebut!

Pembahasan :

Aspek yang perlu dinilai dari karya puisi siswa:
(1) Kesesuaian dengan tema
(2) Amanat yang terkandung dalam puisi
(3) Gaya bahasa yang digunakan dalam puisi
(4) Tipografi penulisan puisi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *