Menu
Akurat dan Terpercaya

Simpulan dari Teks Laporan Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka

  • Share
Simpulan dari Teks Laporan Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang Simpulan dari Teks Laporan yang Dibaca. Pembahasan akan fokus mengenai Simpulan dari Teks Laporan Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka. Semoga bermanfaat.

Simpulan dari Teks Laporan yang Dibaca

Simpulan merupakan sebuah pendapat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas.

Untuk memudahkan dalam membuat simpulan, kita harus memahami makna sesungguhnya dari suatu kalimat, kemudian memahami hubungan antar kalimat dalam suatu paragraf.

Selain itu, simpulan paragraf juga dapat dilakukan apabila kita menggabungkan kalimat utama dan kalimat terakhir dalam paragraf.

Kesimpulan yang baik berisi:

  1. Pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
  2. Intisari dari tulisan
  3. Dimulai dari khusu ke umum
  4. Menggunakan kosakata baku
  5. Suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan ide pokok dan kata kunci dari kalimat penjelas dengan kalimat sendiri.

Cara menentukan simpulan:

  1. Mengambil kalimat simpulan secara langsung dari suatu paragraf
  2. Kalimat utama dan kalimat terakhir dalam paragraf digabungkan
  3. Menemukan hubungan sebab-akibat atau akibat-sebab
  4. Menentukan ide pokok

Melestarikan Hewan Dan Tumbuhan Langka

Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi. Keanekaragaman akan berkurang jika pemanfaatannya tidak bijaksana. Oleh karena itu, pelestarian keanekaragaman makhluk hidup perlu dilakukan. Pelestarian tersebut bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat. Pelestarian makhluk hidup juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Masyarakat dapat mengambil berbagai manfaat dari hewan dan tumbuhan.

Keanekaragaman makhluk hidup dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Jenis hewan dan tumbuhan yang dipelajari semakin banyak. Dengan demikian, ilmu pengetahuan menjadi semakin luas. Masyarakat pun dapat belajar secara langsung dari alam. Keanekaragaman jenis makhluk hidup juga menambah kekayaan bangsa.

Agar keanekaragaman makhluk hidup tetap terjaga, kita perlu melestarikan hewan dan tumbuhan. Pelestarian hewan dan tumbuhan dilakukan agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Tujuan pelestarian hewan dan tumbuhan antara lain : menjaga keseimbangan ekosistem agar kehidupan di muka bumi tetap berjalan dengan baik; melestarikan keanekaragaman hayati yang bermanfaat bagi ilmu pengetahun dan masyarakat; memenuhi kebutuhan masyarakat; dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan mengurangi pencemaran udara dengan adanya berbagai jenis pohon.

Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan pada saat yang akan datang. Salah satu upaya pelestarian hewan dan tumbuhan yaitu dengan melakukan penangkaran hewan-hewan langka dan penanaman bibit tumbuhan yang sudah langka. Selain itu, kita juga dapat mendirikan tempat-tempat perlindungan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya suaka margasatwa, cagar alam, kebun binatang, dan taman nasional.

Simpulan dari Teks Laporan Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka

Indonesia memiliki keanekaragaman makhluk hidup yang tinggi. Keanekaragaman makhluk hidup dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Agar keanekaragaman makhluk hidup tetap terjaga, kita perlu melestarikan hewan dan tumbuhan. Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan pada saat yang akan datang.

Demikian pembahasan mengenai Simpulan dari Teks Laporan Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Langka. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *