Akurat dan Terpercaya

Siklus Hidup Katak, Kecoak, Capung dan Nyamuk Kelas 4 SD

Siklus Hidup Katak, Kecoak, Capung dan Nyamuk Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Siklus Hidup Katak, Kecoak, Capung dan Nyamuk Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Anak-anak hari ini kita masih membahas tentang citacita yaa. Kalian boleh menentukan cita-cita berdasarkan keinginan dan kemampuan kalian.

Adakah diantara kalianyang ingin menjadi dokter? Ada dokter umum ada dokter spesialis. Ada pula dokter hewan. Nah kalian ingin jadi dokter apa? Nah sebelum kalian menjadi dokter hewan ada baiknya kali ini kita belajar tentang siklus hidup berbagai hewan.

Kita simak yuk penjelasannya pada video berikut!

Bagaimana videonya? Cukup jelas bukan? Nah tugas pertama kalian adalah:

Perhatikan gambar berikut, kemudian tentukan gambar mana yang termasuk daur hidup dengan metamorfosis dan mana yang tanpa metamorfosis?

Pembahasan:
Gambar 1 merupakan daur hidup tanpa metamorfosis karena bentuk dan fisik anak penyu saat lahir mirip dengan induknya. Saat menetas anak penyu memiliki bentuk dan fisik yang sama dengan induknya.
Gambar 2 merupakan daur hidup metamorfosis karena karena bentuk dan fisik dari anak nyamuk sangat berbeda dengan induknya. Saat kecil, larva nyamuk tidak memiliki sayap dan sangat berbeda dengan nyamuk dewasa.

Perhatikan gambar berikut, kemudian jelaskan proses daur hidupnya dan jelaskan pula apakah termasuk dalam metamorfosis sempurna/ tidak sempurna.

Pembahasan:
Gambar 1 merupakan daur hidup dari lalat. Tahapan yang dari daur hidup lalat yaitu telur, larva, pupa, dan lalat dewasa. Karena memiliki empat tahapan (telur, larva, pupa, dan dewasa), daur hidup lalat termasuk ke dalam metamorfosis sempurna.
Gambar 2 merupakan daur hidup capung. Tahapan daur hidup capung yaitu telur, nimpa, dan capung dewasa. Karena hanya mengalami tiga tahapan daur hidup dan bentuk anak memiliki sedikit perbedaan dengan induk maka, daur hidup capung termasuk metamorfosis tidak sempurna.

Demikian pembahasan mengenai Siklus Hidup Katak, Kecoak, Capung dan Nyamuk Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *