Akurat dan Terpercaya
Indeks

Sebutkan Perbedaan Antara Benda Magnetis dan Non Magnetis! Kelas 6 SD

Sebutkan Perbedaan Antara Benda Magnetis dan Non Magnetis! Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi menjelaskan sifat-sifat magnet. Pembahasan akan fokus kepada Sebutkan perbedaan antara benda magnetis dan non magnetis! Sebutkan apa yang terjadi jika kedua kutub yang sama pada magnet didekatkan!. Apa pula yang terjadi jika kedua kutub yang berbeda pada magnet saling didekatkan? Berilah contoh bahwa salah satu sifat magnet adalah dapat menembus benda penghalang! Jelaskan bagaimana jarak dapat mempengaruhi kekuatan gaya magnet! Kelas 6 SD.

Anak cerdas, pernahkah kamu bermain dengan menggunakan magnet? Apa yang terjadi ketika magnet didekatkan dengan benda-benda yang terbuat dari logam besi? Tentunya benda-benda tersebut akan menempel pada magnet.

Seperti yang sudah disampaikan pada pembelajaran sebelumnya, bahwa magnet merupakan suatu benda yang dapat menarik benda-benda tertentu. Kemampuan untuk menarik benda-benda tertentu yang umumnya terbuat dari logam misalnya besi, kobal, nikel, dan lain-lain tersebut merupakan salah satu sifat yang dimiliki magnet.

Apa saja sifat-sifat magnet yang bisa kita pelajari? Untuk lebih mendalami materi tersebut, silahkan Ananda simak pembahasannya pada link video berikut ini :

Bagaimana anak cerdas Setelah menyimak video di atas? Ananda tentunya sudah lebih memahami materi tentang sifat-sifat magnet.

Sebagai bahan evaluasi, kerjakan latihan soal berikut ini!

1. Sebutkan perbedaan antara benda magnetis dan non magnetis!

Pembahasan:
Benda magnetis adalah benda yang dapat ditarik magnet. Contohnya: baja, besi, nikel, kobalt.
Benda nonmagnetis adalah benda yang tidak dapat ditarik magnet. Contohnya: sisir, kelereng, penggaris plastik, kertas, pensil kayu dan kaca.

2. Sebutkan apa yang terjadi jika kedua kutub yang sama pada magnet didekatkan!. Apa pula yang terjadi jika kedua kutub yang berbeda pada magnet saling didekatkan?

Pembahasan:
Jika kedua kutub yang sama pada magnet didekatkan maka akan tolak menolak. Jika kedua kutub yang berbeda pada magnet saling didekatkan maka akan saling tarik menarik.

3. Berilah contoh bahwa salah satu sifat magnet adalah dapat menembus benda penghalang!

Pembahasan:
Contoh bahwa salah satu sifat magnet adalah dapat menembus benda penghalang yaitu paku yang berada di atas kertas atau kaca dapat bergerak ketika kita menggeser-geser magnet yang ada di bawahnya.

4. Jelaskan bagaimana jarak dapat mempengaruhi kekuatan gaya magnet!

Pembahasan:
Jarak benda terhadap magnet dapat mempengaruhi kekuatan gaya tarik magnet. Semakin dekat benda terhadap magnet maka gaya tarik magnet semakin kuat. Sebaliknya semakin jauh benda terhadap magnet maka gaya tarik magnet semakin lemah.

Demikianlah pembahasan mengenai Sebutkan perbedaan antara benda magnetis dan non magnetis! Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.