Menu
Akurat dan Terpercaya

Sebutkan masing 2 sikap yang sesuai nilai pancasila sila ke 2 dan 3 di lingkungan masyarakat!

  • Share
Sebutkan masing 2 sikap yang sesuai nilai pancasila sila ke 2dan 3 di lingkungan masyarakat!

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Sikap-sikap yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke 2 dan 3 di masyarakat. Pembahasan akan fokus kepada Sebutkan masing-masing 2 sikap-sikap yang sesuai nilai
pancasila sila ke 2dan 3 di lingkungan masyarakat dengan menyertakan penjelasannya! Berikan masing-masing 2 contoh sikap-sikap yang menurutmu tidak sesuai dengan nilai pancasila sila ke 2 dan ke 3 di lingkungan masyarakat!

Sikap-sikap yang sesuai dengan nilai pancasila sila ke 2 dan 3 di masyarakat

Sila Ke-2 mengandung Nilai Kemanusiaan. Artinya seluruh bangsa Indonesia harus bersikap manusiawai kepada setiap orang tanpa memperdulikan perbedaan yang ada.

Sikap-sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila Sila Ke-2

  1. Tidak membedakan setiap orang yang ada di sekitar. Misalnya dalam bergaul kita tidak boleh membeda-bedakan teman dalam bergaul
  2. Tolong menolong antar sesama seperti: kerja bakti, gotong royong
  3. Memberi bantuan korban bencana alam

Sila Ke-3 Nilai Persatuan dan Kesatuan

Berikut sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila, sila ke-3 yang dapat dilakukan di masyarakat.

  1. Menjaga hubungan baik dengan sesama warga negara Indonesia meskipun berasal dari suku yang berbeda dan memeluk agama yang berbeda
  2. Menjaga setiap warisan budaya yang ada

1. Sebutkan masing-masing 2 sikap-sikap yang sesuai nilai pancasila sila ke 2 dan 3 di lingkungan masyarakat dengan menyertakan penjelasannya!

Pembahasan:
Sikap yang sesuai dengan sila ke 2 Pancasila di lingkungan masyarakat.
(1) Tidak membedakan setiap orang yang ada di sekitar. Misalnya dalam bergaul kita tidak boleh membeda-bedakan teman dalam bergaul karena membedakan adalah hal yang tidak baik dan tidak sesuai dengan nilai Pancasila.
(2) Tolong menolong antar sesama seperti kerja bakti dan gotong royong. Sebagai makhluk sosial, kita saling melengkapi. Jika seseorang memerlukan pertolongan, maka kita harus membantunya. Menolong seseorang akan berdampak baik bagi orang yang ditolong dan diri kita.
(3) Memberi bantuan korban bencana alam. Seperti pada Pandemi ini, banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan pertolongan. Apapun bentuknya, kepedulian sangat berguna di masa seperti sekarang.

Sikap yang sesuai dengan sila ke 3 Pancasila di lingkungan masyarakat.
(1) Menjaga hubungan baik dengan sesama warga negara Indonesia meskipun berasal dari suku yang berbeda dan memeluk agama yang berbeda dan memeluk agama yang berbeda.
(2) Menjaga setiap warisan budaya yang ada. Menjaga warian budaya Indonesia kewajiban seluruh rakyat Indonesia. Menjaga dan melestarikan budaya Indoensia bersama-sama merupakan salah satu perwujudan menjaga persatuan Indonesia.

2. Berikan masing-masing 2 contoh sikap-sikap yang menurutmu tidak sesuai dengan nilai Pancasila sila ke 2 dan ke 3 di lingkungan masyarakat!

Pembahasan:
Contoh sikap yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila sila ke 2:
(1) Tidak mau ikut bekerja bakti dan bergotong royong.
(2) Tidak mau menolong orang-orang di sekitar yang memerlukan pertolongan.
Contoh sikap yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila sila ke 3:
(1) Merusak peninggalan warisan budaya.
(2) Hanya mau berteman dengan teman yang satu suku dan satu agama saja.

Demikian pembahasan mengenai Sebutkan masing 2 sikap yang sesuai nilai pancasila sila ke 2dan 3 di lingkungan masyarakat!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *