Menu
Akurat dan Terpercaya

Sebutkan Fungsi Peredaran Darah pada Manusia! Kelas 5 SD

  • Share
Sebutkan Fungsi Peredaran Darah pada Manusia! Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai sistem peredaran darah manusia. Pembahasan akan fokus kepada Sebutkan fungsi peredaran darah pada manusia! Jelaskan fungsi masing-masing organ peredaran darah manusia!

Ananda pada pembelajaran kemarin terdapat contoh iklan media cetak yang mengajak pembacanya untuk makan buah jeruk agar aliran darah dalam tubuh kita menjadi lancar. Aliran darah yang lancar menandakan sistem peredaran darah kita dalam keadaan sehat. Maka ada baiknya Ananda mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk agar organ peredaran darah terjaga dan terhindar dari segala gangguan dan penyakit.

Sistem peredaran darah memiliki peran yang penting bagi tubuh manusia. Organ-organ peredaran darah saling bekerjasama sehingga membentuk sistem peredran darah.  Sistem peredaran darah memiliki tugas utama untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel dan jaringan tubuh. Selain itu, sistem peredaran darah manusia juga memiliki berbagai fungsi lain, di antaranya: Mengeluarkan sisa proses metabolisme berupa karbon dioksida melalui paru-paru.Untuk lebih jelasnya simak video berikut!

Tugas Ananda hari ini adalah :

1. Sebutkan fungsi peredaran darah pada manusia!

Pembahasan:
(1) Memompa darah ke seluruh tubuh
(2) Mengedarkan oksigen, nutrisi, ke seluruh organ tubuh
(3) Menjaga keseimbangan nutrisi, hasil metabolisme tubuh dan gas
(4) Melawan penyakit karena dalam darah terdapat antibodi
(5) Menjaga suhu tubuh agar tetap normal

Jelaskan fungsi masing-masing organ peredaran darah manusia!

Pembahasan:

  1. Jantung
    Jantung adalah organ tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung memompa darah dengan cara berkontraksi dan berelaksasi secara bergantian, sehingga jantung berdenyut, mengembang, dan mengempis.
  2. Pembuluh Darah
    Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh kembali ke jantung.
    Pembuluh darah terdiri atas dua jenis, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena). Pembuluh nadi berperan membawa darah yang kaya oksigen keluar dari jantung ke seluruh tubuh. Pembuluh Balik (Vena) berperan membawa darah yang kaya akan karbondioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.
  3. Darah
    Darah berperan sebagai pembawa nutrisi, oksigen, hormon, dan antibodi ke seluruh tubuh. selain itu, juga mengangkut zat beracun dan sisa metabolisme seperti karbondioksida, untuk dikeluarkan dari tubuh.

Demikian pembahasan mengenai Sebutkan Fungsi Peredaran Darah pada Manusia! Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *