Menu
Akurat dan Terpercaya

Sebutkan Faktor-Faktor yang Dapat Menimbulkan Perubahan Terhadap Keberlangsungan Jaring-Jaring Makanan pada Ekosistem! Kelas 5 SD

  • Share
Sebutkan Faktor-Faktor yang Dapat Menimbulkan Perubahan Terhadap Keberlangsungan Jaring-Jaring Makanan pada Ekosistem! Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Sebutkan faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem! Kelas 5 SD.

Halo Ananda, Apa kabar hari ini?

Semoga sehat dan bersemangat Ananda, pada minggu lalu sudah mempelajari tentang rantai makanan dan Jaring-jaring makanan. Ananda juga sudah membaca teks yang dkirimkan pada tautan link yang dikirim.

Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai makanan di sawah akan terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada karena berbagai faktor penyusun rantai makanan lain akan terganggu. Untuk itu penting menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita karena dapat memengaruhi lingkungan hidup dan ekosistem.

Apa saja Faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan dalam jaring-jaring makanan?

Untuk lebih jelasnya, simak Video berikut!

Bagaimana videonya mudah di fahami bukan?

Setelah menyimak video, tugas Ananda adalah :

1. Sebutkan faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem!

Pembahasan:
Faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem yaitu:
(1) Faktor Alam
yaitu kerusakan lingkungan hidup karena faktor alam terjadi karena musim dan adanya bencana alam berupa gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir.
(2) Faktor Manusia contohnya: membuang sampah sembarangan yang menyebabkan banjir, limbah industri merusak lingkungan hidup, menebang hutan secara liar sehingga menyebabkan banjir dan longsor.

2. Faktor perubahan karena alam manakah yang paling sering terjadi di sekitarmu?

Pembahasan:
Faktor perubahan karena alam yang paling sering terjadi di sekitar saya yaitu karena adanya bencana alam banjir dan angin ribut.

3. Sebutkanlah kegiatan manusia di sekitar tempat tinggalmu yang dapat menghasilkan perubahan ekosistem!

Pembahasan:
Kegiatan manusia di sekitar tempat tinggal saya yang dapat menghasilkan perubahan ekosistem:
(1) Membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan banjir.
(2) Pembuangan limbah industri dan rumah tangga di sungai sehingga menyebabkan pencemaran.
(3) Pembangunan perumahan dan gedung-gedung perkantoran yang menyebabkan rusaknya ekosistem.

Demikian pembahasan mengenai Sebutkan faktor-faktor yang dapat menimbulkan perubahan terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan pada ekosistem! Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *