Menu
Akurat dan Terpercaya

Pokok-Pokok Informasi yang Terdapat dalam Teks Wawancara Kelas 4 SD

Pokok-Pokok Informasi yang Terdapat dalam Teks Wawancara Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks wawancara. Semoga bermanfaat.

Anak-anak hebat, burung cendrawasih merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Nah, kali ini Beni dan kawan-kawan ingin mencari informasi tentang burung cendrawasih. Untuk itu, mereka melakukan wawancara dengan seorang petugas penangkaran hewan. Mari kita baca teks wawancaranya pada tautan berikut ini!

Teks Wawancara

Beni : “Selamat pagi, Pak!

Pak Yogi : “Selamat pagi, Nak. Ada yang bisa saya bantu?”

Beni : “Perkenalkan nama saya Beni, Pak. Bolehkah saya mewawancarai Bapak sebentar?”

Pak Yogi : “Tentu saja, dengan senang hati, Nak.”

Beni : “Saya ingin bertanya tentang pelestarian burung cendrawasih.”

Pak Yogi : “Iya, Nak. Silakan.”

Beni : “Bagaimana ciri-ciri burung cendrawasih, Pak?

Pak Yogi : “Burung cendrawasih memiliki warna bulu yang mencolok, biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.”

Beni : “Dimana habitat dari burung cendrawasih, Pak?”

Pak Yogi : “Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur yaitu Papua dan sekitarnya.”

Beni : “Mengapa cendrawasih termasuk hewan yang dilindungi, Pak?”

Pak Yogi : “Karena burung cendrawasih merupakan hewan yang terancam keberadaannya dan hampir punah. Sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan untuk mempertahankannya.”

Beni : “Apa yang menyebabkan keberadaannya terancam, Pak?”

Pak Yogi : “Perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.”

Beni : “Apa saja jenis burung cendrawasih yang dilindungi, Pak?”

Pak Yogi : “Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.”

Beni : “Bagimana cara kita untuk ikut serta melestarikan burung cendrawasih tersebut, Pak?”

Yogi : “Kita semua dapat turut serta melestarikan burung cendrawasih dengan cara tidak memperjualbelikannya, tidak memelihara burung cendrawasih perorangan, dan tidak merusak habitat aslinya di hutan.”

Beni : “Oh, begitu. Baik Pak. Sekarang, saya sudah mengerti tentang pelestarian burung cendrawasih. Terima kasih atas informasi yang telah Bapak berikan kepada saya. Terima kasih juga atas kesediaanya untuk diwawancarai.”

Pak Yogi : “Ya, sama-sama, Nak. Semoga informasinya bermanfaat.”

Pokok-Pokok Informasi yang Terdapat dalam Teks Wawancara

Anak-anak hebat, kita dapat memperoleh informasi dari kegiatan wawancara. Untuk itu, kita perlu mencatatnya. Namun, tidak semua informasi kita catat, melainkan hanya informasi-informasi penting yang berkaitan dengan pertanyaan yang diajukan.

Nah, sekarang coba kalian catat pokok-pokok informasi yang terdapat pada teks wawancara yang telah kita baca tadi. Kemudian, susunlah informasi tersebut dan tuliskan kembali pada kolom seperti berikut ini!

Pembahasan:

Pokok-pokok informasi:

  1. Burung cendrawasih memiliki ciri warna bulu yang mencolok, biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya.
  2. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur yaitu Papua dan sekitarnya.
  3. Yang menyebabkan Burung Cendrawasih punah adalah perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi.
  4. Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa.
  5. Kita semua dapat turut serta melestarikan burung cendrawasih dengan cara tidak memperjualbelikannya, tidak memelihara burung cendrawasih perorangan, dan tidak merusak habitat aslinya di hutan.
Burung cendrawasih memiliki ciri warna bulu yang mencolok, biasanya merupakan kombinasi beberapa warna seperti hitam, cokelat, oranye, kuning, putih, biru, merah, hijau dan ungu. Burung ini semakin molek dengan keberadaan bulu memanjang dan unik yang tumbuh dari paruh, sayap, atau kepalanya. Habitat aslinya di hutan-hutan lebat, yang umumnya terletak di daerah dataran rendah dan hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian timur yaitu Papua dan sekitarnya. Burung cendrawasih merupakan hewan yang terancam keberadaannya dan hampir punah. Sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan untuk mempertahankannya. Yang menyebabkan Burung Cendrawasih punah adalah perburuan dan penangkapan liar serta kerusakan habitat menjadi beberapa penyebab utama. Bulu cenderawasih juga diperdagangkan, digunakan sebagai penghias topi wanita di Eropa. Tapi kini, burung cantik ini menjadi jenis satwa yang dilindungi. Beberapa jenis cenderawasih yang masuk dalam daftar dilindungi antara lain cenderawasih kuning kecil, cenderawasih botak, cenderawasih raja, cenderawasih merah, dan toowa. Kita semua dapat turut serta melestarikan burung cendrawasih dengan cara tidak memperjualbelikannya, tidak memelihara burung cendrawasih perorangan, dan tidak merusak habitat aslinya di hutan.

Demikian pembahasan mengenai Pokok-Pokok Informasi yang Terdapat dalam Teks Wawancara Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *