Peta Pikiran Tentang Gaya Gesek, Penerapan Gaya Gesek, dan Manfaat Gaya Gesek

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang membuat peta pikiran. Pembahasan akan fokus kepada membuat peta pikiran tentang gaya gesek, penerapan gaya gesek, dan manfaat gaya gesek. Semoga bermanfaat.

Gaya Gesek, Penerapan Gaya Gesek, dan Manfaat Gaya Gesek

Gaya Gesek

Gaya gesek adalah gaya yang muncul karena dua permukaan yang saling bersentuhan. Biasanya gaya ini berlawanan dengan arah gerak benda. Jadi, sentuhan suatu benda dengan lintasannya akan membuat gesekan yang akhirnya membuat benda bergerak.

Besar atau kecilnya gaya gesek bergantung pada permukaan bendanya. Jadi, semakin kasar permukaan benda, maka akan semakin besar gaya geseknya. Begitu juga sebaliknya, jika permukaan bendanya halus maka nilai gaya geseknya akan semakin kecil.

Penerapan Gaya Gesek

Berikut ini, penerapan gaya gesek dalam kehidupan sehari-hari.

1. Memperbesar Gaya Gesek

Gaya gesek dapat diperbesar dengan membuat permukaan bendamenjadi lebih kasar. Contoh penerapannya antara lain: ban mobil atau motor terbuat dari bahan karet dan dibuat beralur agar tidak mudah tergelincir, bagian alas sepatu juga dibuat dari karet dan memiliki alur sehingga kita tidak mudah terpeleset saat menggunakannya, dan gesekan pada rem sepeda yang membuatnya dapat berhenti.

2. Memperkecil Gaya Gesek

Selain dapat diperbesar, gaya gesek juga dapat diperkecil untuk memudahkan aktivitas kita sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat permukaan benda menjadi halus atau dengan memberikan oli/pelumas pada benda tersebut.

Contoh penerapannya antara lain: roda pada kulkas yang membuatnya mudah untuk digeser/dipindahkan, mobil balap yang bentuknya dibuat aerodinamis untuk mengurangi gesekan angin dengan mobil sehingga mobil dapat melaju lebih cepat, dan pemberian oli/pelumas untuk meredam gesekan antarlogam di dalam mesin kendaraan sehingga mesin menjadi halus.

Manfaat Gaya Gesek

Gaya gesek memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari antara lain yaitu:

  • Memungkinkan kita berjalan tanpa tergelincir,
  • Membuat suatu benda yang bergerak bisa berhenti,
  • Menahan benda supaya tidak bergeser,
  • Menghangatkan tubuh, saat kita menggosokkan telapak tangan ke permukaan kulit maka gesekan akan menimbulkan panas, dan
  • Membuat api, bisa dari gesekan dua buah batu atau gesekan dari batang korek api.

Peta Pikiran Tentang Gaya Gesek, Penerapan Gaya Gesek, dan Manfaat Gaya Gesek

Rangkailah informasi berdasarkan peta pikiran tersebut ke dalam suatu paragraf dengan bahasamu sendiri!

Pembahasan:

Gaya Gesek adalah gaya yang muncul karena dua permukaan yang saling bersentuhan. Semakin kasar permukaan benda, semakin besar gaya geseknya. Semakin halus permukaan benda maka semakin kecil gaya geseknya. Manfaat gaya gesek yaitu: memungkinkan kita berjalan tanpa tergelincir, membuat suatu benda yang bergerak bisa berhenti, menahan benda supaya tidak bergeser, menghangatkan tubuh, saat kita menggosokkan telapak tangan ke permukaan kulit maka gesekan akan menimbulkan panas, dan membuat api, bisa dari gesekan dua buah batu atau gesekan dari batang korek api. Gaya gesek sering diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penerapan gaya gesek dengan memperbesar gaya gesek yaitu: ban mobil atau motor terbuat dari bahan karet dan beralur agar tidak tergelincir, bagian alas sepatu juga dibuat dari karet dan memiliki alur sehingga kita tidak mudah terpeleset saat menggunakannya, dan gesekan pada rem sepeda yang membuatnya dapat berhenti.
Contoh penerapa gaya gesek dengan memperkecil gaya gesek: roda pada kulkas agar mudah untuk digeser/dipindahkan, mobil balap yang bentuknya dibuat aerodinamis untuk mengurangi gesekan angin dengan mobil sehingga mobil dapat melaju lebih cepat, dan pemberian oli/pelumas untuk meredam gesekan antarlogam di dalam mesin kendaraan sehingga mesin menjadi halus.

Demikian pembahasan mengenai Peta Pikiran Tentang Gaya Gesek, Penerapan Gaya Gesek, dan Manfaat Gaya Gesek. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *