Menu
Akurat dan Terpercaya

Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif

  • Share
Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai membuat peta pikiran. Pembahasan akan fokus kepada Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif. Semoga bermanfaat.

Mengolah Informasi dalam Bentuk Peta Pikiran

Informasi dari sebuah teks dapat diperoleh dengan cara membaca intensif atau memaca memindai. Informasi yang diperoleh dapat diolah kembali. Salah satunya dengan membuat peta pikiran. Kamu dapat memperoleh informasi dengan cara membaca artikel, majalah, ensiklopedia, atau internet.

Contoh membuat peta pikiran:

(1) Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang terkandung di perut bumi. (2) Minyak bumi diperoleh melalui proses penambangan. (3) Minyak bumi persediaanya sangat terbatas. (4) Oleh karena itu, harus digunakan secara hemat dan tepat. (5) Sebelum digunakan menjadi bahan bakar, minyak bumi diolah menjadi bensin, solar, dan minya tanah. (6) Sisa hasil pengolahan minyak bumi berupa parafin, plastik, dan aspal.

Dari teks tersebut, kita dapat membuat peta pikiran seperti di bawah ini:

Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif

Supaya lebih paham mari kita berlatih membuat peta pikiran berdasarkan teks bacaan pada link di bawah ini!

Sumber Energi Alternatif

Sumber energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional. Sumber energi tradisional adalah bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis, yaitu matahari, angin, air, dan panas bumi.

1. Matahari

Matahari merupakan sumber energi utama di bumi. Hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. Energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan ruangan, memanaskan air, dan keperluan lain.

2. Angin

Angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena tekanan udara. Angin telah dimanfaatkan sejak dulu sebagai sumber energi pada perahu layar dan kincir angin tradisional.

3. Air

Air yang deras merupakan sumber energi gerak. Energi itu biasa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Oleh karena itu, di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat bendungan air di tempat yang tinggi. Air yang dibendung
tersebut, kemudian dialirkan menurun sehingga akan mengalir, seperti air terjun yang deras.

4. Panas Bumi

Energi panas bumi (energi geotermal) merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal itu menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar.

5. Gelombang air laut

Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik.

6. Bahan Bakar Bio

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan di antaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak, seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel. Biodiesel dapat digunakan untuk menggantikan solar. Singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetanol dapat menggantikan bensin ataupun premium. Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran ternak. Bahan bakar tersebut dikenal. sebagai biogas. Kotoran ternak yang ada dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Selain itu, bahan bakar ini dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan bermotor.

Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif

Setelah membaca dengan seksama bacaan tersebut silahkan kalian buat peta pikiran sesuai kreatifitasmu!

Pembahasan:

Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif

Demikian pembahasan mengenai Peta Pikiran Sumber Energi Alternatif. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *