Peta Pikiran Ir. Soekarno

Hai adik-adik kelas 4 SD, Ir. Soekarno atau lebih akrab disapa Bung Karno adalah pejuang pemersatu bangsa, pejuang melawan kolonialisme dan imperealisme, proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia serta presiden pertama Republik Indonesia selalu dikenal dan dihormati bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia. Berikut kita akan membahas Peta Pikiran Ir. Soekarno yang memuat Nama Tokoh, Pendidikan, Tempat/Tanggal Lahir, Perjuangan, Sikap yang Diteladani dan Kesimpulan.

Sejarah Ir Soekarno

Ir. Soekarno adalah tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ir. Soekarno lahir di Surabaya, 6 Juni 1901. Sekolah Dasar diselesaikannya di Mojokerto dan Sekolah Menengah Pertama di Surabaya. Setelah menyelesaikan sekolahnya di Surabaya, ia melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung. Beliau merupakan anak berprestasi sejak kecil, bahkan Soekarno mampu menguasai begitu banyak bahasa sehingga dikenal dengan kecerdasannya di mata dunia.

Ir. Soekarno merupakan tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Setelah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dibubarkan oleh Jepang, kemudian dibentuklah PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 7 Agustus 1945 yang diketuai oleh Ir. Soekarno.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadilah peristiwa Rengasdengklok, dimana Soekarno dan Hatta didesak oleh pada pemuda untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

Soekarno dikenal sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945 tepatnya pukul 10.00 pagi di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang dimana pada tanggal ini juga diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia yang juga membuat Soekarno diangkat menjadi presiden pertama Indonesia.

Ir. Soekarno juga merupakan salah satu perumus pancasila dengan timnya yang dijadikan sebagai dasar negara Indonesia.

Dikenal sebagai Presiden pertama Republik Indonesia, beliau lebih akrab dipanggil Bung Karno. Beliau merupakan tokoh yang banyak dikagumi rakyat Indonesia. Selain itu, Soekarno juga sangat disegani para pemimpin negara-negara di dunia.

Banyak hal yang dapat kita teladani dari sosok Soekarno, diantaranya beliau selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat, meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi. Memiliki semangat kekeluargaan dan kebersamaan, berani dan rela berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara, serta pantang mundur dan tidak kenal menyerah.

Peta Pikiran Ir. Soekarno

Nama Tokoh: Ir. Soekarno

Pendidikan:

  1. Sekolah Dasar diselesaikannya di Mojokerto
  2. Sekolah Menengah Pertama di Surabaya.
  3. Institut Teknologi Bandung.

Tempat/Tanggal Lahir: Surabaya, 6 Juni 1901

Perjuangan yang Dilakukan:

  1. Ketua PPKI
  2. Sebagai Bapak Proklamator Kemerdekaan Indonesia.
  3. Perumus Pancasila
  4. Presiden pertama Republik Indonesia

Sikap yang Bisa Diteladani:

  1. Selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat
  2. Meletakkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi.
  3. Memiliki semangat kekeluargaan dan kebersamaan.
  4. Berani dan rela berkorban untuk tanah air, bangsa dan negara.
  5. Pantang mundur dan tidak kenal menyerah.

Kesimpulan:

Ir. Soekarno merupakan Pahlawan yang memiliki banyak jasa bagi bangsa Indonesia. Sikap yang dimiliki sangat layak diteladani oleh semua orang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *