Menu
Akurat dan Terpercaya

Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks “Tanaman Bambu”

  • Share
Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks "Tanaman Bambu"

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas membuat Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks “Tanaman Bambu”. Semoga bermanfaat.

Tanaman Bambu

Bambu tergolong keluarga Graminae (rumput-rumputan). Tanaman ini juga sering disebut sebagai rumput raksasa (Giant Grass). Bambu merupakan tanaman berumpun yang terdiri dari sejumlah batang/ buluh yang tumbuh secara bertahap dari mulai rebung (tunas bambu), batang muda, dan batang dewasa pada umur 4 – 5 tahun. Bambu memiliki tiga bagian tubuh utama yang tampak, yaitu akar, batang, dan daun.

Akar bambu merupakan akar serabut. Akar bambu terdiri atas rimpang (rhizoma) yang berbuku dan
beruas. Bagian pangkal akar rimpang bambu lebih kecil dari bagian ujungnya, dan setiap ruas mempunyai kuncup dan akar. Kuncup pada akar rimpang ini akan berkembang menjadi rebung yang akan keluar dari tanah dan menghasilkan tanaman baru. Tanaman bambu berkembangbiak menggunakan tunas yang disebut dengan rebung.

Batang bambu mempunyai bentuk silinder memanjang dan terbagi dalam ruas-ruas yang berongga. Tinggi tanaman bambu sekitar 0,3 sampai 30 meter. Diameter batang bambu sekotar 0,25 cm sampai 25 cm dengan ketebalan dinding sampai 2,5 cm. Batang bambu ketika masih muda diselimuti pelepah batang dan biasanya akan gugur ketika dewasa. Pada pelepah batang inilah terdapat bulu beracun yang disebut miang yang digunakan sebagai alat pertahanan diri.

Bambu dapat bertahan hidup walaupun kekurangan air dengan cara menggugurkan daunnya sampai
mendapai pasokan air yang cukup. Menggugurkan daun merupakan bentuk adaptasi tanaman bambu terhadap lingkungannya.

Banyak manfaat dari pohon bambu, mulai dari daun, batang dan bagian lainya. Tunas bambu atau rebung dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Bambu juga digunakan untuk membuat sumpit dan alat memasak lain seperti spatula, serta berbagai peralatan rumah tangga, seperti bakul nasi, tampah, perangkap ikan, topi bambu (caping).

Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks “Tanaman Bambu”

Pembahasan:
Ide pokok paragraf 1: Bambu dan bagian-bagiannya
Ide pokok paragraf 2: Jenis akar bambu dan cara perkembangbiakannya
Ide pokok paragraf 3: Ciri-ciri batang bambu
Ide pokok paragraf 4: Cara bambu beradaptasi
Ide pokok paragraf 5: Manfaat bambu

Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks "Tanaman Bambu"

Demikian pembahasan mengenai Peta Pikiran Berdasarkan Ide Pokok Teks “Tanaman Bambu”. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *