Menu
Akurat dan Terpercaya

Peta Pikiran Ayo Hemat Energi Kelas 4 SD

  • Share
Peta Pikiran Ayo Hemat Energi Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi menggali informasi dari teks non fiksi. Pembahasan akan fokus kepada membuat peta pikiran teks Ayo Hemat Energi. Semoga bermanfaat.

Ayo, Hemat Energi!

Hari ini, Udin dan teman-teman belajar mengenai energi minyak bumi. Di awal pelajaran, Pak Burhan menyajikan sebuah gambar mengenai proses pembentukan minyak bumi. Ternyata, butuh waktu yang sangat… sangat … sangat panjang. Jutaan tahun! Wah, pantas saja Udin sering mendengar anjuran “Hemat Energi” di mana-mana. Ketika berjalan pulang dari sekolah, Udin, Lani, Edo, dan Siti berbincang-bincang mengenai menghemat energi. Mereka berpikir, seharusnya ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak warga di Kampung Babakan untuk melakukan penghematan energi. Listrik, bahan bakar kendaraan, dan air adalah sumber daya yang dikonsumsi oleh warga desa sehari-hari.

Edo ingat, hampir sepanjang hari televisi di rumahnya selalu menyala. Ada, atau tidak ada yang menonton! Seperti sudah menjadi kebiasaan saja untuk langsung menyalakan televisi di pagi hari. Bahkan, ketika Edo ke sekolah, ayah kerja, dan ibunya memasak di dapur, televisi masih menyala tanpa penonton. Nah, itu satu hal yang dapat Edo lakukan. Mengingatkan anggota rumahnya untuk menghemat penggunaan listrik. Memang, memperoleh aliran listrik adalah salah satu hak masyarakat. Tetapi perlu diingat, bahwa kewajiban pemakai listrik bukan hanya membayar tagihan, tetapi juga harus menghemat pemakaian!

Lani juga ingat. Ibunya selalu mengendarai sepeda motor untuk urusan apapun. Bahkan belanja ke warung Mpok Minah di ujung kampung pun, ibu mengendarai motor. Lani menyadari, ia harus mengingatkan ibu untuk menggunakan kendaraan seperlunya. Ibu perlu menghemat bahan bakar motor. Untuk jarak yang dekat, lebih baik berjalan kaki atau naik sepeda. Lebih hemat, lebih murah, dan lebih sehat! Hmm,.. Udin dan Siti jadi berpikir keras. Pasti ada yang dapat mereka lakukan untuk mengajak keluarga dan warga sekitar menghemat energi. Walaupun masih anak-anak, mereka pun menggunakan hak mereka sebagai pemakai energi. Jadi, mereka pun mempunyai kewajiban untuk melakukan penghematan. Akan lebih baik lagi jika mereka bisa menjadi pengingat warga.

Ayo, hemat Energi!

Peta Pikiran Ayo Hemat Energi Kelas 4 SD

Berdasarkan teks di atas analisis pertanyaan berikut!

1. Mengapa kita perlu menghemat energi?

Pembahasan:
Karena energi yang ada di alam ini jumlahnya terbatas. Jika kita tidak menghemat penggunaan energi, maka suatu saat energi tersebut bisa habis.

2. Tindakan-tindakan apa yang sudah dilakukan untuk menghemat energi?

Pembahasan:
(1) Mematikan televisi jika sudah tidak ada yang menonton.
(2) Mematikan lampu saat siang hari.
(3) Menggunakan kendaraan seperlunya untuk menghemat bahan bakar.
(4) Mematikan semua peralatan listrik saat tidak digunakan.

3. Tuliskan tindakan-tindakan yang belum menunjukkan menghemat energi!

Pembahasan:
(1) Membiarkan televisi masih menyala meskipun tidak ada yang menonton.
(2) Menggunakan sepeda motor saat Ibu berbelanja ke warung yang jaraknya dekat.

4. Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita di atas?

Pembahasan:
Hal baik yang saya pelajari dari cerita di atas adalah tumbuhnya kesadaran dalam diri untuk menghemat penggunaan energi.

5. Buatlah peta pikiran mengenai hal-hal yang sudah kamu lakukan untuk menghemat energi!

Pembahasan:

5. Buatlah peta pikiran mengenai hal-hal yang sudah kamu lakukan untuk menghemat energi!

Demikian pembahasan mengenai Peta Pikiran Ayo Hemat Energi Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *