Menu
Akurat dan Terpercaya

Peta Konsep Manfaat Energi Matahari

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharaui, sumber energi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan sumber energi yang dapat diperbaharui. Mari kita cari tahu lebih lanjut dengan membacanya pembahasan berikut!

Sumber Energi yang Dapat Diperbaharui dan Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbaharui

Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak sumber energi. Sumber energi mulai dari minyak dan gas bumi (migas) sampai yang bukan minyak dan gas bumi (nonmigas). Sumber-sumber energi tersebut tersebar di seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Kesemuanya harus dimanfaatkan secara bijak demi kesejahteraan penduduknya.

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.

Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Kamu telah mengetahui jenis-jenis sumber energi berdasarkan kemampuannya untuk diperbaharui. Selanjutnya, tuliskanlah apa yang dimaksud dengan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui dan sumber energi yang dapat diperbaharui? Berikanlah contohnya!

Pembahasan:

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Contohnya: minyak, batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Contohnya: air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Peta Konsep Manfaat Energi Matahari

Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis
digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Tuliskanlah manfaat energi matahari yang kamu ketahui pada peta konsep berikut!

Pembahasan:

Demikian pembahasan mengenai Peta Konsep Manfaat Energi Matahari. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *