Pesan Moral Cerita “Taman Bermain yang Hilang”

Hai adik-adik kelas 4 SD, masih ingat mengenai cerita “Taman Bermain yang Hilang”? Jika tidak, kalian bisa membaca di postingan berikut ya (Baca : Cerita Taman Berman yang Hilang). Kali ini kita akan belajar mengenai Pesan Moral Cerita “Taman Bermain yang Hilang”. Sebelumnya, kita simak terlebih dahulu apa itu pesan moral.

Pengertian Pesan Moral

Pesan moral dalam cerita biasa disebut sebagai amanat. Amanat merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca. Amanat disampaikan melalui tokoh cerita, baik melalui ucapan maupun kejadian yang digambarkan dalam cerita tersebut. Kita dapat mengetahui pesan moral setelah kita membaca keseluruhan isi cerita.

Berdasarkan penyampaiannya, amanat dapat disampaikan secara tersurat ataupun tersirat.

Amanat Tersurat

Amanat tersurat yaitu pesan moral yang disampaikan secara langsung dan jelas oleh pengarang di dalam karyanya sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca melalui kalimat secara tertulis.

Contoh Amanat Tersurat

Misalnya dalam sebuah cerita dijelaskan bahwa ada seorang ibu yang mengetahui anaknya mencuri buah milik Pak Danu. Kemudian ibu tersebut langsung menegur anaknya dan berkata “Kamu tidak boleh mengambil buah miliki Pak Danu tanpa ijin. Itu adalah perbuatan yang tidak baik dan merugikan orang lain, kamu harus meminta maaf kepada Pak Danu!”

Amanat yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah “Janganlah mencuri karena mencuri adalah perbuatan yang tidak baik dan dapat merugikan orang lain, serta kita juga harus meminta maaf atas kesalahan yang kita perbuat kepada orang lain.”

Amanat Tersirat

Amanat tersirat yaitu pesan moral yang disampaikan secara tersembunyi (tidak tertulis langsung) oleh pengarang dan hanya bisa dimengerti oleh pembaca bila mengikuti alur cerita. Amanat tersirat ini merupakan pesan yang bisa diambil dalam cerita, baik secara keseluruhan ataupun pada bagian tertentu.

Contoh Amanat Tersirat

Misalnya pada cerita tentang seorang anak yang ketika dewasa dan sukses menjadi sombong tidak mau mengakui orang tuanya sendiri hingga mendapatkan celaka di kemudian hari.

Dari cerita tersebut terdapat amanat tersirat yaitu jangan melupakan semua jasa-jasa orang tua yang telah membesarkan kita apalagi mendurhakai orangtua sendiri.

Soal Latihan Pesan Moral “Taman Bermain yang Hilang”

  1. Berdasarkan cerita yang berjudul ‘Taman Bermain yang Hilang’. Tuliskanlah pesan moral yang terdapat pada cerita tersebut!
  2. Apakah pada cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? Tuliskan pada kolom di bawah ini!
  3. Jenis pekerjaan apa yang disebut-sebut dalam cerita tadi?

Jawaban Soal Latihan Pesan Moral “Taman Bermain yang Hilang”

1. Berdasarkan cerita yang berjudul ‘Taman Bermain yang Hilang’. Tuliskanlah pesan moral yang terdapat pada cerita tersebut!

Pesan moral dari cerita “Taman Bermain yang Hilang” adalah kita tidak boleh merusak lingkungan karena akan merugikan kita dan makhluk-makhluk yang ada di lingkungan tersebut.

2. Apakah pada cerita ‘Taman Bermain yang Hilang’ kamu menemukan sikap-sikap yang baik dan sikap yang kurang baik? Tuliskan pada kolom di bawah ini!

Sikap baik dalam cerita “Taman Bermain yang Hilang”

  1. Kupi berdoa agar suatu saat nanti hutan bakau akan kembali.
  2. Kupi rindu dengan sahabat-sahabat kecilnya.
  3. Kupi berdoa agar suatu saat manusia bisa bertindak lebih bijak.

Sikap kurang baik dalam cerita “Taman Bermain yang Hilang”

  1. Manusia menebang hutan bakau untuk membangun gedung tinggi.

3. Jenis pekerjaan apa yang disebut-sebut dalam cerita tadi?

Jenis pekerjaan yang disebut dalam cerita “Taman Bermain yang Hilang” antara lain: nelayan, padagang, dan pemandu wisata,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *