Menu
Akurat dan Terpercaya

Pesan dalam Dongeng Mencari Pohon Buah

  • Share
Pesan dalam Dongeng Mencari Pohon Buah

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Pesan dalam dongeng. Pembahasan akan fokus kepada Pesan dalam Dongeng Mencari Pohon Buah. Semoga bermanfaat.

Pesan dalam Dongeng

Pesan dalam setiap cerita dongeng berisi nasihat atau amanat yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca agar dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Pesan tersurat yaitu pesan dongengnya tertulis langsung dalam cerita dongeng.

Pesan tersirat yaitu pesan yang amanatnya tidak tertulis langsung di dalam cerita dongeng.

Selanjutnya, kalian tuliskan isi pesan yang terdapat dalam dongeng berjudul “Mencari Pohon Buah”

Dongeng Mencari Pohon Buah

Pada suatu hari, Monyet yang kelaparan bertemu dengan Jerapah. Monyet tahu bahwa Jerapah sangat pandai mencari makan. Jerapah memakan daun-daun dari pohon yang tinggi. Monyet pun meminta bantuan Jerapah untuk mencarikan pohon buah untuknya.

Jerapah mengajak Monyet ke dekat sungai. Di sana ada banyak pohon. Jerapah berkata “Ini pohon jambu. Tidak banyak hewan yang tahu bahwa buahnya enak,“ Monyet yang kegirangan segera memanjat dan memakan semua buahnya. Jerapah hanya geleng-geleng kepala.

Jerapah lalu menunjukkan sebuah pohon lagi kepada Monyet.“Ini pohon mangga, tetapi buahnya agak asam karena belum matang.“

Monyet tidak memedulikan ucapan Jerapah dan memakan semua buah mangga yang ada. Jerapah berkata,“Hati-hati, Monyet. Nanti kamu bisa sakit perut.“

“Ah, tidak mungkin, Jerapah. Perutku sanggup menampung semua buah ini. Kamu makan saja daun-daun yang ada,“ Monyet tertawa. Jerapah hanya bisa menatap temannya dengan khawatir.

Tidak lama, monyet meringis kesakitan sambil memegang perutnya.“Aduh, aduh! Tolong aku, Jerapah! Ada apa dengan perutku?“ Monyet menangis.

“Itu karena kamu makan buah yang belum matang, Monyet. Kamu juga sudah terlalu banyak makan.“ Jerapah menolong Monyet turun dari pohon.

“Aku menyesal, Jerapah. Aduh, perutku sakit sekali.“ Monyet terus menangis. Jerapah lalu mengajak Monyet pulang. Monyet berjanji tidak akan serakah lagi.

Pesan dalam Dongeng Mencari Pohon Buah

Pembahasan:
Pesan dalam dongeng “Mencari Pohon Buah” yaitu kita tidak boleh serakah. Karena keserakahan akan berakibat buruk.

Demikian pembahasan mengenai Pesan dalam Dongeng Mencari Pohon Buah. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *