Menu
Akurat dan Terpercaya

Perubahan Sosial Budaya Masyarakat dalam Rangka Modernisasi di Bidang Ekonomi

  • Share
Perubahan Sosial Budaya Masyarakat dalam Rangka Modernisasi di Bidang Ekonomi

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Perubahan Sosial Budaya Masyarakat dalam Rangka Modernisasi di Bidang Ekonomi. Pembahasan akan fokus kepada Mengapa B.J. Habibie dijuluki sebagai “Mr. Crack”? Apakah jabatan tertinggi B.J. Habibie dalam pemerintah Indonesia? Apakah penemuan dalam bidang pesawat terbang, menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di bidang ekonomi? Jelaskan alasanmu! Jelaskan dampak positif perkembangan transportasi! Apakah orang yang membuat aplikasi online untuk belajar dapat dikatakan sebagai penemu? Jelaskan alasanmu!

Perubahan Sosial Budaya Masyarakat dalam Rangka Modernisasi di Bidang Ekonomi

Adik-adik apakah kalian pernah mendengar tentang Bapak B.J. Habibie? B.J. Habibie adalah Presiden Indonesia ke-3 sekaligus Bapak Dirgantara Indonesia. Julukan tersebut diberikan berkat jasanya mengembangkan industri pesawat terbang di negara kita. Berkat beliau dan rekan-rekannya bangsa kita dapat membuat pesawat terbang sendiri. Kehebatan beliau juga diakui dunia internasional karena menemukan teori keretakan pesawat sehingga dijuluki sebagai Mr. Crack.

Saat ini, pesawat terbang sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Masyarakat dari beberapa kalangan dapat bepergian dengan pesawat terbang. Kereta api menjadi sarana transportasi yang digunakan banyak orang. Setiap harinya ada banyak orang yang naik kereta api untuk bekerja atau bepergian ke tempat lain. Bus, kapal laut, kereta api dan pesawat yang ramai dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasanya melalui poster ataupun iklan televisi. Bahkan saat ini ada angkutan online seperti motor, mobil, truk yang dipasangi iklan.

Seiring perkembangan zaman, kegiatan ekonomi masyarakat juga mengalami perubahan. Saat ini, masyarakat dapat berbelanja secara daring menggunakan jaringan internet dari mana saja, baik dari rumah, kantor, maupun saat sedang berada di jalan.

Modernisasi ekonomi dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi.

  • Transportasi Barang
    Pengiriman suatu barang (misalnya pengiriman bahan bakar minyak) dari produsen ke distributor (pom bensin) hingga sampai ke tangan konsumen.
  • Transportasi Manusia
    Lemudahan manusia untuk melakukan mobilitas dari tempat tinggal ke tenpat melakukan kegiatan (sekolah/bekerja) membuat kegiatan ekonomi suatu wilayah berjalan dengan lancar.

Dampak Positif Perkembangan Transportasi:

  1. Pekerjaan transportasi semakin nyaman
  2. Waktu tempuh perjalanan lebih cepat
  3. Meningkatkan mobilitas sehingga masyarakat lebih produktif
  4. Mempermudah distribusi barang

Dampak Negatif Perkembangan Transportasi:

  1. Menyebabkan pencemaran udara serta suara
  2. Meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas
  3. Menimbulkan kemacatan
  4. Minyak bumi menjadi langka

1. Mengapa B.J. Habibie dijuluki sebagai “Mr. Crack”

Pembahasan:
B.J. Habibie dijuluki sebagai “Mr. Crack” karena menemukan teori keretakan pesawat.

2. Apakah jabatan tertinggi B.J. Habibie dalam pemerintah Indonesia?

Pembahasan:
Jabatan tertinggi B.J. Habibie dalam pemerintah Indonesia adalah sebagai Presiden Indonesia yang ke-3.

3. Apakah penemuan dalam bidang pesawat terbang, menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di bidang ekonomi? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Penemuan dalam bidang pesawat terbang menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya di bidang ekonomi. Misalnya pesawat yang ramai dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasanya melalui poster ataupun iklan televisi.

4. Jelaskan dampak positif perkembangan transportasi!

Pembahasan:
Dampak positif perkembangan transportasi:
(1) Pekerjaan transportasi semakin nyaman
(2) Waktu tempuh perjalanan lebih cepat
(3) Meningkatkan mobilitas sehingga masyarakat lebih produktif
(4) Mempermudah distribusi barang

5. Apakah orang yang membuat aplikasi online untuk belajar dapat dikatakan sebagai penemu? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Ya, karena aplikasi online untuk belajar sebelumnya belum pernah ada. Penemu adalah orang yang menciptakan hal yang baru atau belum pernah ada sebelumnya. Sehingga orang yang membuat aplikasi online untuk belajar juga dapat dikatakan sebagai penemu.

Demikian pembahasan mengenai Perubahan Sosial Budaya Masyarakat dalam Rangka Modernisasi di Bidang Ekonomi. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *