Menu
Akurat dan Terpercaya

Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas 3 SD

  • Share
Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas 3 SD

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi perkembangbiakan tumbuhan. Semoga bermanfaat.

Perkembangbiakan Tumbuhan

Tumbuhan sama halnya dengan makhluk hidup lainnya yang mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan. Ada tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan secara alami. Ada juga tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan secara buatan. Perkembangbiakan alami dapat dengan biji, tunas, umbi, dan spora. Contoh tumbuhan yang mengalami perkembangbiakan alami dengan biji adalah pohon mangga, jeruk, dan semangka. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas contohnya pohon pisang, bambu, dan cocor bebek. Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi adalah kentang, bawang merah, dan singkong. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora adalah lumut dan tumbuhan paku. Salah satu contoh perkembangbiakkan tumbuhan buatan adalah pencangkokan.

Tumbuhan dan Perkembangbiakan

Tanaman sama dengan makhluk hidup lainnya mengalami pertumbuhan. Tanaman pun memiliki daur hidup dan cara yang berbeda dalam perkembangbiakan. Ada tanaman yang mengalami perkembangbiakan secara alami dan juga buatan.

Nah, selanjutnya kalian tuliskan jenis-jenis tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiaknya pada tabel di bawah ini dengan memberinya tanda ceklis (√)!

NoNama TumbuhanAlamiBuatan
1.Pohon Mangga
2.Pohon Pisang
3.Singkong
4.Pohon Jeruk
5.Pohon Semangka
6.Kentang
7.Bawang Merah

Demikian pembahasan mengenai Perkembangbiakan Tumbuhan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *