Perjuangan Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya

Hai adik-adik kelas 4 SD, sebelumnya kita telah belajar tentang perjuangan Raja Purnawarman dan sikap-sikap kepahlawanan yang dimilikinya. Kali ini kita akan belajar mengenai Perjuangan Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya. Selamat belajar.

Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Sriwijaya bermula dari daerah pantai timur Sumatera yang telah menjadi jalur perdagangan yang ramai dikunjungi pada pedagang dari India sekitar awal tahun masehi. Sehingga mulai bermunculan pusat-pusat perdagangan pula di sekitar sana. Lambat laun, pusat-pusat perdagangan tersebut berkembang menjadi kerajaan-kerajaan kcil di sekitar abad ke 7 masehi.

Sriwijaya berpusat di antara Sumatera Selatan, sebagian Malaysia, dan sebagian besar pulau Jawa. Ketika berjaya, daerah kekuasaan Sriwijaya sangatlah luas bahkan membentang dari Kamboja, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sri Maharaja Balaputradewa anggota Wangsa Sailendra yang menjadi raja keempat kerajaan Sriwijaya.Ayah Balaputradewa bernama Samaragrawira, sedangkan ibunya bernama Dew Tara putri Dharmasetu dari wangsa soma.

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850M. Pada saat pemerintahan Raja Balaputradewa, kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya menjadi aman. Sehingga banyak pedagang merasa ama ketika singgah. Peningaktan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak maupun dari keuntungan perdaganga. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Pada masa Kerjaan Sriwijaya banyak juga peninggalan berupaa prasasti-prasasti. Diantaranya prasasti kedukan bukit, prasasti talang tuo, prasasti telaga batu, prasasti kota kapur, dan prasasti karang berahi.

Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kedukan Bukit ditemukan di tepi sungai Tatang, dekat Palembang. Prasasti ini berangka tahun 605 Saka (683 M). Isinya antara lain menerangkan seseorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu berangkat dari Minangga Tamwan dengan membawa tentara 20.000 personil.

Prasasti Talang Tuo

Isi prasasti ini menyebutkan mengenai pembangunan sebuah taman yang disebut Sriksetra, atas perintah Dapunta Hyang Sri Jayagana untuk kemakmuran semua makhluk. Selain itu terdapat pula doa dan harapan yang menunjukkan sifat agama Buddha.

Prasasti Telaga Batu

Isi prsasasti ini mengenai kutukan kepada suapa yang melakukan kejahatan dan tidak mengikuti peraturan kerajaan atau perintah raja. Prasasti ini juga memuat data mengenai penyusuna ketatanegaraan Kerajaan Sriwijaya.

Prasasti Kota Kapur

Isis prasasti ini permintaan kepada para Dewa untuk menjaga kesatuan Sriwijaya. Prasasti ini juga berisi kutukan kepada mereka yang berbuat jahat dan tidak tunduk kepada raja atau tidak patuh terhadap kerajaan akan celaka.

Prasasti Karang Berahi.

Isi prasasti ini mirip dengan prasasti kota kapur dan prasasti telaga biru yakni kutukan bagi yang tidak tunduk kepada Sriwijaya.

Disamping prasasti tersebut, ada juga berita dari negeri Cina yang merupakan sumber sejarah Sriwijaya yang penting misalkan berita dari I Tsing yang pernah tinggal di Sriwijaya dan dibantu oleh Raja Sriwijaya.

Agar lebih jelas, silakan diamati tayangan video berikut ini ya.

Soal Perjuangan Raja Balaputradewa dari Kerajaan Sriwijaya dan Pembahasan

Jelaskan hal-hal yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!

Hal yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin kerajaan Sriwijaya:

  1. Kerajaan Sriwijaya tidak akan memiliki angkatan laut yang kuat.
  2. Kerajaan Sriwijaya tidak akan aman
  3. Kerajaan Sriwijaya tidak akan mencapai puncak kejayaan.

Perjuangan apa yang telah dilakukan Raja Balaputradewa?

Perjuangan Raja Balaputradewa:

  1. Membangun angkatan laut yang kuat
  2. Membangun taman Sriksetra
  3. Membawa Sriwijaya ke puncak kejayaan di bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
  4. Membawa Sriwijaya menjadi kerajaan yang makmur

Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!

Raja Balaputradewa bisa disebut pahlawan karena dia telah berjuang untuk menciptakan kerajaan Sriwijaya yang aman dan mencapai puncak kejayaan. Selain itu, dia juga telah berhasil membuat rakyatnya makmur.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?

Sikap kepahlawanan yang dimiliki Raja Balaputradewa antara lain: peduli dengan kesejahteraan rakyat, berani dan gigih membentuk armada angkatan laut yang kuat.

Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap kerajaan Sriwijaya?

Perjuangan Raja Balaputradewa terhadap kerajaan Sriwijaya membaca kerajaan Sriwijaya berada di puncak kejayaan dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan dengan wilayah kerajaan yang sangat luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *