Peristiwa Konduksi Dalam Teks “Kegiatan Lani di Sore Hari”

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi konduksi. Pembahasan akan fokus pada menemukan peristiwa konduksi pada teks “Kegiatan Lani di Sore Hari” dan contoh peristiwa konduksi yang pernah dialami di rumah.

Teks “Kegiatan Lani di Sore Hari”

Di suatu sore, Ibu sedang menyiapkan makan malam di dapur, dan Lani baru saja menyelesaikan pekerjaan rumahnya. Lani menghampiri ibunya di dapur untuk memberikan bantuan.

Lani : “Wah… Aroma masakannya wangi sekali, Bu! Ibu sedang memasak apa?”
Ibu : “Nanti kamu juga tahu. Ini masakan baru Ibu. Kemarin Ibu menonton acara memasak di televisi. Ibu sedang mencoba salah satu resep yang diajarkan di acara tersebut. Kamu pasti suka!”
Lani : “Wah, aku jadi penasaran! Hebat juga Ibu bisa belajar memasak dari televisi! Berarti aku juga bisa, ya!”
Ibu : “Televisi itu merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak ditonton masyarakat kita, kan? Ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari televisi, termasuk informasi tentang memasak ini. Selain televisi, sekarang ada internet yang menyediakan berbagai informasi melalui situs-situsnya. Yuk, bantu Ibu memasak. Tolong ambilkan spatula kayu itu untuk mengaduk sayuran yang sudah Ibu masukkan ke dalam masakan Ibu tadi, ya Lani.”
Lani : “Baik, Bu. Ngomong-ngomong, mengapa tidak memakai sendok sayur yang biasa kita pakai untuk mengambil sayur dari panci untuk mengaduk, Bu?”
Ibu : “Tahukah kamu sendok sayur yang biasa kita pakai itu terbuat dari bahan apa? Coba bandingkan dengan spatula kayu itu. Apakah keduanya terbuat dari bahan yang sama?”
Lani : “Sendok sayur itu terbuat dari logam dan spatula itu dari kayu. Lalu?”
Ibu : “Manakah yang menurut Lani akan mudah panas bila bersentuhan dengan kuah sayur yang mendidih di dalam panci itu? Sendok sayur dari logam itu atau spatula kayu?”
Lani : “Ah, saya tahu, Bu! Tentu saja sendok sayur logam akan lebih mudah panas! Saya tahu mengapa! Saat sendok logam ini mengenai kuah panas, panas dari kuah itu akan dialirkan melalui sendok logam itu, sehingga ia ikut panas. Itu konduksi, kan!”
Ibu : “Ah, kamu mengamati dengan baik, Lani! Jadi, mana yang akan kamu pakai untuk mengaduk sayur itu? Spatula kayu atau sendok sayur logam?”
Lani : “Ah, Ibu! Tentu saja spatula kayu akan saya pakai agar tanganku tidak kepanasan! Terima kasih sudah mengingatkanku, Ibu!”
Ibu : “Sama-sama, Nak.”

1. Tuliskan peristiwa konduksi pada teks tersebut!

Pembahasan:
Peristiwa konduksi pada teks tersebut:
(1) Ibu memasak sayur dengan panci. Panas dari kompor berpindah secara konduksi pada panci sehingga memanaskan sayur.
(2) Sendok logam jika dimasukkan ke dalam sayur panas akan ikut panas karena panas berpindah secara konduksi dari kuah sayur ke sendok logam.

2. Berikan 2 contoh peristiwa konduksi yang pernah Ananda alami di rumah!

Pembahasan:
Contoh peristiwa konduksi di rumah:
(1) Ketika mengaduk kopi panas dengan sendok logam, maka sendok akan terasa panas.
(2) Mentega yang dipanaskan di dalam wajan akan meleleh
(3) Setrika yang panas
(4) Kenalpot sepeda motor terasa panas setelah digunakan
(5) Gelas yang terasa panas saat dituangkan air panas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *