Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik. Pembahasan akan fokus kepada peran Indonesia sebagai produsen, distributor, dan konsumen di ASEAN, peran Indonesia di bidang ekonomi di ASEAN dalam bentuk kerja sama, peran Indonesia dalam ASC (ASEAN Security Counsil), dan tujuan pelaksanaan Jakarta Informal Meeting.

Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi

Dalam kerja sama ASEAN di bidang ekonomi, Indonesia berperan sebagai produsen, distributor, dan juga konsumen.

Peran Indonesia sebagai produsen adalah menghasilkan barang-barang kebutuhan masyarakat Indonesia dan juga negara ASEAN lainnya.

Sebagai distributor, Indonesia berperan menyalurkan barang-barang tersebut kepada negara-negara ASEAN. Pendistribusian tersebut bertujuan untuk membantu terpenuhi kebutuhan masyarakat di ASEAN dan juga meningkatkan devisa negara.

Peran Indonesia sebagai konsumen adalah membeli berbagai hasil produksi negara lain. Peran tersebut diwujudkan dalam kegiatan impor barang.

  1. Menerapkan tarif khusus terhadap barang dan jasa sesama negara ASEAN. Kerja sama ini bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian antarnegara ASEAN.
  2. Mendorong penanaman modal di negara-negara ASEAN. Peran ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian.
  3. Mengembangkan wilayah-wilayah yang berpotensi dalam bidang perkebunan, perikanan, dan pariwisata.
  4. Mendukung kegiatan yang dilakukan oleh badan penelitian bidang pertanian yang terletak di Filipina.
  5. Mendirikan proyek industri yang dikelola bersama. Peran ini diwujudkan dengan pendirian pabrik pupuk urea di Aceh dan Malaysia.

Kerja sama ini bermanfaat untuk memperkuat ekonomi regional sesama negara ASEAN.

Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Politik

Negara-negara di ASEAN memiliki sistem politik yang berbeda. Namun, perbedaan sistem politik tersebut tidak menghalangi sesama negara ASEAN untuk bekerja sama.

Selain bekerja sama, tiap negara juga berperan dalam menjaga perdamaian dan ketenangan di ASEAN.

Peran Indonesia di ASEAN dalam bidang politik antara lain:

  1. Menggagas dibentuknya komunitas keamanan ASEAN (ASEAN Security Community (ASC)). Peran Indonesia adalah membantu menanggulangi tindak kejahatan dan kekerasan, seperti perampokan, terorisme, kejahatan lintas negara, dan peredaran obat terlarang.
  2. Membantu perdamaian negara-negara yang berkonflik, seperti Kamboja dan Vietnam. Peran Indonesia dalam peristiwa tersebut adalah sebagai penengah perundingan damai antara Kamboja dan Vietnam pada tahun 1977 hingga 1979. Indonesia juga membantu perdamaian antara pemerintah Filipina dan gerakan pembebasan Moro.
  3. Melaksanakan Jakarta Informal Meeting yang bertujuan untuk mendamaikan pihak yang berkonflik di Kamboja. Indonesia mengirimkan pasukan perdamaian dan mengusulkan diadakannya pertemuan yang disebut Jakarta Informal Meeting.
  4. Sebagai negara yang menjunjung asa demokrasi, Indonesia mendorong pemerintah negara ASEAN untuk memajukan prinsip-prinsip demokrasi.
  5. Mengusulkan pembentukan badan HAM ASEAN. Peran ini diwujudkan Indonesia dengan mengajak negara-negara ASEAN melindungi hak asasi warga negaranya.

Soal Peran Indonesia di ASEAN dalam Bidang Ekonomi dan Politik serta Pembahasan

1. Jelaskan peran Indonesia sebagai produsen, distributor, dan konsumen di ASEAN!

Pembahasan:
(1) Peran Indonesia sebagai produsen adalah menghasilkan barang-barang kebutuhan masyarakat Indonesia dan juga negara ASEAN lainnya.
(2) Sebagai distributor, Indonesia berperan menyalurkan barang-barang tersebut kepada negara-negara ASEAN. Pendistribusian tersebut bertujuan untuk membantu terpenuhi kebutuhan masyarakat di ASEAN dan juga meningkatkan devisa negara.
(3) Peran Indonesia sebagai konsumen adalah membeli berbagai hasil produksi negara lain. Peran tersebut diwujudkan dalam kegiatan impor barang.

2. Jelaskan peran Indonesia di bidang ekonomi di ASEAN dalam bentuk kerja sama!

Pembahasan:
Peran Indonesia di bidang ekonomi di ASEAN dalam bentuk kerja sama antara lain:
(1) Menerapkan tarif khusus terhadap barang dan jasa sesama negara ASEAN. Kerja sama ini bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian antarnegara ASEAN.
(2) Mendorong penanaman modal di negara-negara ASEAN. Peran ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan perekonomian.
(3) Mengembangkan wilayah-wilayah yang berpotensi dalam bidang perkebunan, perikanan, dan pariwisata.
(4) Mendukung kegiatan yang dilakukan oleh badan penelitian bidang pertanian yang terletak di Filipina.
(5) Mendirikan proyek industri yang dikelola bersama. Peran ini diwujudkan dengan pendirian pabrik pupuk urea di Aceh dan Malaysia.

3. Jelaskan peran Indonesia dalam ASC (ASEAN Security Counsil)!

Pembahasan:
Peran Indonesia dalam ASC (ASEAN Security Counsil) membantu menanggulangi tindak kejahatan dan kekerasan, seperti perampokan, terorisme, kejahatan lintas negara, dan peredaran obat terlarang.

4. Jelaskan tujuan pelaksanaan Jakarta Informal Meeting!

Pembahasan:
Tujuan pelaksanaan Jakarta Informal Meeting bertujuan untuk mendamaikan pihak yang berkonflik di Kamboja.

5. Dari berbagai peran Indonesia di ASEAN, dapatkah Indonesia dikatakan sebagai pemimpin ASEAN?Jelaskan alasannya!

Pembahasan:
Indonesia dapat dikatakan sebagai pemimpin ASEAN karena Indonesia memiliki banyak peran dalam mengatasi masalah dan krisis yang terjadi baik dalam bidang ekonomi maupun politik di antara negara ASEAN.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *