Menu
Akurat dan Terpercaya

Penyakit pada Sistem Pernapasan

  • Share
Penyakit pada Sistem Pernapasan

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini osnipa akan membahas materi mengenai Penyakit pada Sistem Pernapasan. pembahasan akan fokus kepada Penyakit pada Sistem Pernapasan, Virus yang menyerang sistem pernapasan menyebabkan gangguan ringan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian, Penyakit pada sistem pernapasan yang juga dapat menyerang unggas, mamalia dan manusia, Pembesaran kantung udara di paru-paru, Penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi.

Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

Banyak penyakit menyebabkan gangguan pada pernapasan. Misalnya influenza, asma, bronkitis, emfisema, dan kanker paru-paru serta penyakit TBC.

1. TBC

Tuberkulosis yang disingkat menjadi TBC merupakan penyakit menular yang umum, dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai strain mikobakteria, umumnya Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis biasanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya.

2. Influenza

Influenza yang lebih dikenal dengan sebutan flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas, mamalia dan manusia.

3. Virus Corona

Virus Corona atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. Gejala Umum: demam, batuk kering, kelelahan. Gejala lebih jarang: Sakit kepala, Hidung tersumbat, Sakit tenggorokan, Batuk berdahak, Sesak napas, Nyeri otot atau persendian, Menggigil, Mual dan/atau muntah, dan Diare. Pada kasus berat: Demam tinggi, Batuk berdarah, Penurunan sel darah putih, dan Gagal ginjal.

Maka untuk terhindar mari mencegahnya dengan langkah-langkah berikut: Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Di rumah saja.

4. Asma

Asma merupakan panyakit penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi. Pencetus alergi misalnya udara dingin, rambut, bulu, kotoran, debu, atau tekanan psikologis.

5. Bronkitis

Bronkitis adalah sebutan untuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan utama dari paru-paru atau yang disebut dengan bronkus. Akibat penyakit ini, maka akan terjadi peradangan atau inflamasi yang kemudian akan menimbulkan gejala yang mengganggu pernapasan.

6. Emfisema

Emfisema adalah penyakit paru-paru yang disebabkan pembesaran (over-inflamasi) alveolus (kantung udara di paru-paru). Emfisema menyebabkan aliran udara pada pernapasan terhambat karena alveoli yang ukurannya membesar tidak bisa menukar gas dengan baik saat seseorang bernapas.

7. Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel ganas (kanker) terbentuk di paru-paru. Kanker ini lebih banyak dialami oleh orang yang memiliki kebiasaan merokok dan merupakan satu dari tiga jenis kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia.

8. Pneumonia

Pneumonia adalah radang pada paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Umumnya, pneumonia terjadi saat kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan mengalahkan sistem kekebalan tubuh dan akhirnya menyebabkan infeksi.

Susunlah huruf-huruf di kotak yang berwarna ungu menjadi kata yang tepat sesuai dengan pernyataan disampingnya!

Susunlah huruf-huruf di kotak yang berwarna ungu menjadi kata yang tepat sesuai dengan pernyataan disampingnya!

Pembahasan:
(1) Penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis
Pembahasan: TBC
(2) Virus yang menyerang sistem pernapasan menyebabkan gangguan ringan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian
Pembahasan: Virus Corona
(3) Penyakit pada sistem pernapasan yang juga dapat menyerang unggas, mamalia dan manusia.
Pembahasan: Influenza
(4) Pembesaran kantung udara di paru-paru.
Pembahasan: Emfisema
(5) Penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi.
Pembahasan: Asma

Demikian pembahasan mengenai Penyakit pada Sistem Pernapasan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *